Pengaruh Brand Love, Experiential Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pecel Lele Mama Suka Medan

Joanna Variani, Ferry Hidayat, Robin Robin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Love, Experiential Marketing, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Pecel Lele Mama Suka Medan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan data primer dari penyebaran kuesioner dan data sekunder dari literatur yang relevan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Pecel Lele Mama Suka Medan dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Oleh karena itu, jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling sebanyak 96 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Brand Love, Experiential Marketing, dan Word of Mouth berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, baik secara parsial maupun simultan.

 

Kata Kunci: Brand Love, Experiential Marketing, Word of Mouth, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad Imam Tantowi dan Anton Widio Pratomo (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Daong Pancawati.

Anita, Siska Yuli, Risa Wahyuni, Eka Putri. (2023). Manajemen Keuangan. Bali: Intelektual Manifes Media.

Darmis. (2021). Hal-Hal Yang Mempengaruhi Harga Kamar. Solo: Yayasan Lembaga Gumun.

Dhea Nofa Lestiyani dan Sugeng Purwanto (2023). Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Love terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific.

Fatma, Andi Irmayana, Dila Dwiyanti, Angela Ghiriani Patricia (2023). Pengaruh Kreativitas, Inovasi Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada UMKM.

Fawzi, Marissa Grace Haque, Ahmad Syarief Iskandar, Heri Erlangga, Nurjaya dan Denok Sunarsi. (2021). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang: Pascal Books.

Febriani, N. S., dan Dewi, Wayan W. A. (2018). Teori Dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: UB Press.

Firmansyah, Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Firmansyah, Anang. (2023). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy). Pasuruan: Qiara Media.

Gunawan, Ce. (2020). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengolah Data Dengan IBM SPSS Statistic 25). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Harjadi, Dikdik dan Arraniri, Iqbal (2021). Experiential Marketing & Kualitas Produk Dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.

Hartini. (2021). Perilaku Konsumen. Penerbit Deepublish Publisher Yogyakarta.

Indira Tri Winalda dan Tri Sudarwanto (2022). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan.

Jatmiko, Udik. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal Melalui Alokasi Dana Desa. Penerbit: NEM.

Latief, Rusman. (2018). Word Of Mouth Communication: Penjualan Produk. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Morissan. (2020). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Penerbit Prenada Media Group, Jakarta.

Musi, S., dkk. (2020). Krisis Public Relation. Pasuruan: Qiara Media.

Priyatno, Dwi. (2021). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Purboyo, Sri Hastutik, Gusti Putu Eka Kusuma, Acai Sudirman, Suwandi Sangadji, Aditya Wardhana, Riana Dewi Kartika, Erwin dan Novi Marlena. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis). Bandung: Media Sains Indonesia.

Purnomo, Rochmat Aldy. (2022). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.

Putri, Eka, Acai Sudirman, Asep Dadan Suganda, Riana Dewi Kartika, Erni Martini, Heni Susilowati, Bambang, Arlin Ferlina Mochamad Trenggana, Rizka Zulfikar, Tati Handayani, Gusti Putu Eka Kusuma, Diana Triwardhani, Neneng Kartika Rini, Widya Nur Bhakti Pertiwi, dan Astil Harli Rosla. (2021). Brand Marketing. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Qamar, N., & Farah, S. R. (2020). Metode Penelitian Hukum Doktrinal dan Non Doktrinal. Makassar: Social Politic Genius.

Reken, Feky, Mawarni, Indah. Ferry Wantouw, Raymond, Erlinda Ningsih, Raymond David Pandey, Surya Eka Priana, Ferdinandus Sampe, Chintya Ones Charli, Loureine Patricia Sumual, Pristiyanto, Mister Candera. (2024). Manajemen Risiko. Sumatera Barat: Gita Lentera.

Rico F. Kasakeyan, Hendra N. Tawas, Jane G. Poluan (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado.

Riyanto, S., & Aglis, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Rojabi, et al. (2024). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Malang: UB Press.

Sahir, Syafrida Hafni, Abdurrozzaq Hasibuan, Siti Aisyah, Acai Sudirman, Aditya Halim Perdana Kusuma, Salmiah, Joli Afriany, dan Janner Simarmata. (2020). Gagasan Manajemen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Santi, Indyah Hartami dan Fandi Sudiasmo. (2019). Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Behavioral Intention To Use dan Actual Usage Pada Aplikasi Identifikasi Jenis Kulit Wajah. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Saodin, Nyoman Nerson, Ayu Balqis, Adistira dan Ardinal Dwianto (2022). Pengaruh Experiential Marketing, Perceived Quality dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie.

Sariwulan dan Ghofar (2024). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Grasindo.

Sarjana, Sukaatmadja, Ni Nyoman Kerti Yasa, Putu Laksmita Dewi Rahmayanti, dan Emilia Septiani. (2022). Brand Love: Persepsi Konsumen dan Keterikatan Merek. Bali: Media Pustaka Indo.

Sawlani, Dhiraj Kelly. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Siswanto (2024). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Kencana.

Sudarsono, Heri. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Media.

Suryani, Ni Kadek, Ida Ayu Putu Widani Sugianingrat & Kadek Dewi Indah Sri Laksemini. (2022). Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Penelitian. Bali: Nilacakra.

Teja, Gusti Ngurah Agung Gede Eka Kusuma. (2023). Konstruksi Kepuasan Untuk Loyalitas Pelanggan: Konsep, Skala, dan Aplikasi. Bali: Intelektual Manifes Media.

Wahyudi, S. T. (2020). Statistika Ekonomi: Konsep, Teori dan Penerapan. Malang: UB Press.

Yuliawati, Livia, Lovelia Monica Christy, Nurul Layliya, Jessie Janny Thenarianto dan Ika Raharja Salim. (2022). Pertolongan Pertama Pada Waktu Kuantitatif: Panduan Praktis Menggunakan Software JASP. Surabaya: Universitas Ciputra.

Yusup, Dede. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Agrowisata Kampoeng Jamboe Terhadap Word of Mouth Pengunjung. Skripsi. Pandeglang: STIA Banten.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9260

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter