Pengaruh Influencer Marketing Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Hanasui Pada Generasi Z Di Kota Kalianda Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi
Sari
Di era digital saat ini, pemasaran melalui online telah menjadi strategi utama dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Hanasui memanfaatkan platform ini untuk membangun influencer marketing yang kuat dengan dukungan dari content marketing dengan brand awareness sebagai variabel mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari variabel influencer marketing dan content marketing terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness pada generasi Z di Kota Kalianda. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang berupa data dari kuisoner dan data sekunder berupa gambaran umum hanasui dan data lainnya yang didapat langsung dari kosmetik Hanasui di Kota Kalianda. Sampel yang diambil dalam penelitan ini menggunakan rumus Hair et al. (2005), Sampel = Jumlah indikator x 7 = 16 x 7 = 112 responden. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode analisis, uji indikator penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas, path analisis dan uji sobel, dengan bantuan alat analisis SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel influencer marketing dan content marketing secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian, variabel influencer marketing berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, variabel content marketing berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, variabel brand awareness berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, variabel influencer marketing dan content marketing berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness.
Kata Kunci :
Influencer marketing, content marketing, brand awareness, keputusan pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arianto, Arianto. (2021). Komunikasi Pemasaran : Konsep dan Aplikasi di Era Digial.
Cahya, Nur., & Shihab, Muchsin. Saggaff. (2018). Pengaruh Persepi Harga, Kualitas Produk Citra Merek dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Asus Studi Kasus di PT. Data Scrip. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Vol. 1, 01 Maret 2018, pp. 34-46.
Falih, M. S. H., Rizqi, R. M., & Ananda, N. A. (2022). Pengelolaan Keuangan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Umkm Madu Hutan Lestari Sumbawa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 02(01), 1-8.
Gunawan, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Konsumen UMKM Ikan Lele di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbabu. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Heru Noor Rokhmawati, H. K. (2022). Pengaruh Harga, Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, Vol.11, No 1.
Khasanah, Imroatul. (2083), Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap Di Semarang., Jurnal Dinamika Manajemen., Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 4, No. 1, pp: 93-102.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Limandono, J. A., & Dharmayanti, D. (2017). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 11.
Nugroho, H. (2021). Image Enhancement Pada Screen Capture CCTV Dengan Menggunakan Metode Histogram Ekualisasi. KINETIK, 2(2), 99.https://doi.org/10.22219/kinetik.v2i2.155
Nurmin Arianto, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 3, No.2.
Scozzese, G. G. (2019). The Actions of e-Branding and Content Marketing to Improve Consumer Relationships. Journal European Scientific, 1-15.
Suciningtyas, W. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. 1(1).
Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. (2018). Pengaruh Antara Kredibiltas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, Volume VIII No. 2.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Pratiwi, N. M., & Yasa, N. K. (2019). The Effect Of Store Atmosphere, Social Media, Marketing, and Lifestyle on Purchase Desicion on Consumers of The Alleyway Cafe.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9377
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional