Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Deskripsi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Jiniso Pada Marketplace Shopee Di Kota Kalianda

Siti Aisah, Lukman Nuzul Hakim, Susilawati Susilawati, Titiek Sutriningsih

Sari


Perkembangan internet telah mengubah secara signifikan hampir seluruh aspek kehidupan manusia, terutama dalam hal kebiasaan berbelanja. fenomena ini tercermin dalam peralihan dari belanja secara konvensional atau offline menuju belanja secara daring atau online, yang dipicu oleh kemajuan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan deskripsi produk terhadap keputusan pembelian konsumen produk jiniso pada marketplace shopee di Kota Kalianda. Jiniso sebagai merek pakaian yang populer di kalangan anak muda, perlu memahami faktor-faktor tersebut untuk mempertahankan posisinya di pasar dan menarik konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 105 responden di Kota Kalianda yang pernah membeli produk atau menggunakan produk Jiniso. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS versi 25.0. Variabel yang diteliti meliputi kualitas produk, harga, dan deskripsi  produk, serta bagaimana ketiga variabel ini mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk, harga dan deskripsi secara parsial maupun secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Jiniso pada konsumen di Kota Kalianda. Kualitas produk memiliki pengaruh dominan, diikuti oleh deskripsi produk dan harga. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian di kalangan konsumen di Kota Kalianda, Jiniso perlu fokus pada peningkatan kualitas produk dan deskripsi produk, sambil menawarkan harga yang sesuai dengan daya beli konsumen di Kota Kalianda. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan di pasar dan meningkatan kepuasan konsumen di kalangan konsumen di Kota Kalianda.

 

Kata Kunci :   Kualitas  Produk,  Harga,  Deskripsi   Produk,  Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abderahman, K. F. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Grab-Food Indonesia (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Kota Malang yang Menggunakan Aplikasi Grab-Food). (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Abdul Gofur., (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen Stiami, Jakarta.

Aditya, H. F., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kemudahan Penggunaan dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Global Leadership Organizational Research in Management, 2(1), 189-200.

Adyanto, B. C., & Santosa, S. B. (2018). Pengaruh kualitas layanan, brand image, harga dan kepercayaan produk terhadap keputusan pembelian (studi layanan e-commerce Berrybenka. com). Diponegoro Journal of Management, 7(1) 10-29.

Ai, Lili, Yuliati, (2016). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung”.Jurnal Manajemen Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, Volume 11, No. 2.

Anggraini, Windi, Berlintina Permatasari, Dan Almira Devita Putri. (2022). "Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Di Shopee". Manajemen 11(02): 86–96.

Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022*) & text=Pada Januari 2021%2C jumlah pengguna,meningkat dalam lima tahun terakhir.

Apriani, S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kain Songket Palembang Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Kain Songket Pipit Songket Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Ariani, (2003).“ Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif”, Penerbit Ghalia Indonesia : Pejaten Barat Jakarta.

Arianty, N., & Masyhura, M. (2019). Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga. In Prosiding Seminar.

Arikunto, S., (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayatusifa, S. S., Orinaldi, M., & Agusriandi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee: Studi Pada Masyarakat Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(3), 138- 155.

Basrowi. (2015). “Pengantar Sosiologi”, Bogor: Ghalia Indonesia.

Cut Nirwana Puteh, (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di CV. Faradella Padangsidimpuan. Skripsi IAIN Padangsidimpuan, tahun 2017.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Perindo persada

Danang Sunyoto, (2019). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Jurnal S1 Manajemen, 114.

Dinata, M. S., & Khasanah, I. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Eden International Daily Food, Semarang. 11, 1–9.

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian marketplace shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63-76.

Dzulkharnain, (2019). “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merk Dan Kalitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian “. jurnal ekonomi dan bisnis vol 1 no 2 hal 80.

E., Mendrofa, Y., & Kakisina, S. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk.

Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. (2020). Strategi Pemasaran, Edisi Ke-4. CV. Andi, Yogyakarta.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desrtasi ilmu manajemen.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, Didik. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional.

Hair, J.F. et al. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLSSEM) Using R, Practical Assessment, Research and Evaluation.

Halim, Fitria. et. al. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group.

Harsiati, Titik dkk. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasan, Iqbal, (2001). Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferentif). Edisi kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hulu, E., Mendrofa, Y., & Kakisina, S. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Indomarco Adi Prima Cabang Medan Stok Point Nias Kota Gunungsitoli. Jurnal Ilmiah Simantek, 6(4), 106-115.

Husein, Umar. (2010). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi 11.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Janna, NM, & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS.

Kalih Purwasih. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ECommerce Shopee. Skripsi IAIN Puwekerto.

KBBI. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, Diakses Tanggal 15 April 2024, Dari https://www.kbbi.web.id/prosedur.

Khafidatul Ilmiyah, Indra Krishernawan. (2020). Pengaruh ulasan produk, kemudahan, kepercayaan dan harga terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Jurnal Manajemen Program Studi Manajemen STIE SULTAN AGUNG, tahun 2020).

Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2020). Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=lzw WEAAAQBAJ&dq=keputusan+pembelian&source=gbs_navlinks_s.

Kosasih, E. dan Kurniawan, Endang. (2019). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kotler and Keller. (2019). Marketing Management, 17e Global Edition, Pearson Education Limited. England.

Kotler Phillp. (2021). Manajemen Pemasaran. CV Budi Utama, Jakarta.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Pearson (15e Ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing Eight European Edition. UK : Pearson.

Kotler, P., Keller, K. L., Koshy, A., & Jha, M. (2013). Marketing management: a South Asian perspectives. Pearson.

Kotler, Philip & Gary, A. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition,

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2019). Marketing Management. 4th Edition.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kuat Ismanto, (2015). Manajemen Bisnis Syariah Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syariah. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Kuncoro, Mudrajad. (2001). Metode Kuantitatif. Yogyakarta: AMP YKPN.

L. Y. Siregar and M. I. P. Nasution, (2020). “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” HIRARKI J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 02, no. 01, pp. 71–75, [Online]. Available: http://journal.upp.ac.id/ index.php/Hirarki% 0APERKEMBANGAN.

Mardia. et al. (2021). Strategi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis, Medan.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. 4 (3):333-342.

Mustikarani, T. D., & Irwansyah. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Fashion Indonesia. Warta ISKI Vol. 02, No. 01.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Noor, Juliansyah. (2017). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. (Jakarta: KENCANA).

Octhaviani, S., & Sibarani, H. J. (2021). Analisis pengaruh citra merek produk, kualitas produk, dan harga diskon terhadap keputusan pembelian produk minuman kopi pada pengguna aplikasi grab food di Kota Medan. Scientific Journal of ReflectioN: Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 521-528. Akuntansi dan Keuangan, 5(6), 2723-2730. Multidisiplin, 1(01), 01-11.

Pearso. Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso. Id Di Marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753-765. Universitas Nusantara PGRI Kediri). 2510. Universitas Darma Agung Medan. Jurnal Global Manajemen, 11(1), 40-51.

Randi Eka. (2018). Tren Perkembangan Media Sosial untuk Pemasaran Digital diakses https://dailysosial.id (diakses pada 6 maret 2019).

Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482-491.

Sanjaya, Wina. (2015). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sanjaya. (2015). Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: salemba empat, 5(2), 23-34.

Schiffman dan Kanuk. (2014). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Sharen G. Tulanggow, Tinekke M. Tumbel, Olivia Walangitan. (2019). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pada pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis JAB.

Siahaan, S. D. N., & Putriku, A. E. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 31-35.

Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009, Cet. Ke 8.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, P. N., Sari, P. R., & Cahyani, R. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Kualitas Produk Dan Harga (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 302-315.

Swastha, B. (2000). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Dan Ekonomi, 26(2).

Tamrin Abdullah dan Francis Tantri, (2012). Manajemen Pemasaran (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Tjiptono dan Chandra, (2005). Service Management Mewujudkan Layanan Prima : Yogyakarta : Penerbit C. V. Andi Offset edisi II

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang. Jakarta.

Tjiptono,Fandy, (2010). Manajemen Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Tonce, Y., dan Yoseph, D. (2022). Minat dan Keputusan Pembelian. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=96NxEAAAQBAJ.

Ujang Sumarwan, (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan Dalam Pemasaran. (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011), hlm. 357.

Widyana, S. F., & Naufal, A. D. (2018). Analisis Kualitas Operasional Produksi (Survei Terhadap PT Aerofood Indonesia). Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 53-61.

William J Stanton. (2019). Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa: Yohanes Lamato. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wirapraja, A. et al. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Yuliana, Y., Lisa, L., Nancy, N., Chandra, W., & Aigan, W. (2019). Analisis Penerapan Promosi Pada PT. Adam Dani Lestari Medan. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1).

Yulianto, A. Y., & Prabowo, R. E. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop (Studi Pada Pelanggan TikTok Shop di Kota Semarang). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 7(1), 972-982




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9385

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter