Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Minat Beli Di Al Madinah Bakery

Hotma Liana Siagian, Ali Fikri Hasibuan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi digital marketing dalam meningkatkan minat beli di Al Madinah Bakery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan Al Madinah Bakery dengan jumlah sampel sebanyak 97 sampel. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel digital marketing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan brand awareness dan minat beli di Al Madinah Bakery. Analisis jalur(path analysis) mengonfirmasi peran brand awareness sebagai variabel intervening yang memperkuat hubungan antara strategi digital marketing dan minat beli. Strategi digital marketing yang difokuskan pada Instagram terbukti efektif.

 

Kata Kunci : Digital Marketing, Brand Awareness, dan Minat Beli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, U. (2006). Kinerja Sistem Lumpur Aktif pada Pengolahan Limbah Cair. Surabaya Frick, Heinz, dkk. 2008. Ilmu Fisika Bangunan: Seri Konstruksi Arsitektur 8. Yogyakarta: Kanisius. Hlm: 17.

Adithia, S. & Jaya, P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Jurnal od Research on Business and Tourism, 1, 37-46

Aditya, S., & Rahmi, E. D. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1 - 17.

Aditya, R. & Rusdianto, Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2, 96-102

Adisaputro, G. (2018). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Agus, Santoso. Wijaya. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang Di Kawasan Pantai Klayar Kecamatan DonorojoKabupaten Pacitan Tahun 2020. Skripsi. Fakultas Geografi UniversitasMuhammadiyah Surakarta. Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70–90.

Amstrong, Kottler., (1997), “Prinsip-Prinsip Pemasaran”, Erlangga, Jakarta.

Anas Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta 108

Aryani, M, (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary (VIS). 6(1)

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali

Abbas, Ahmad, et al. (2022). “Earnings growth, marketability and the role of Islamic financial literacy and inclusion in Indonesia.” Journal of Islamic Accounting and Business Research,https://www.emerald.com/insight/1759-0817.htm. https://doi.org/10.1108/JIABR-12-2021-0322

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian . Yogyakarta : Pustaka Belajar .

Batlajery, et al. (2021). Koesioner Pra-Skrining Perkembangan (KPSP) Pengetahuan dan Dukungan Orang Tua. Yayasan Bercode.

http://repository.stikesrspadgs.ac.id/494/1/kuesioner_isi.pdf

Çizmeci, F., & Ercan, T. (2015). The Effect of Digital Marketing Communication Tools in the Creation Brand Awareness By Housing Companies. Megaron Journal, 149-161.

Chaffey, Dave. (2015). Digital Business and E Commerce Management, 6th Edition. UK: Pearson Education.

Dani Anggoro, et al (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid 19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 1(3). 384-391

https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345

Effing, R., & Spil, T. (2016). The Social Strategy Cone: Towards a Framework for Evaluating Social Media Strategies. International Journal of Information Management, https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2015.07.009 36(1), 53–58. 109.

Evangelia, T. (2017). Application of Ansoff's Matrix-Methodology: Marketing Growth Strategies For Prodaucts. School of Economics, Business Administration, & Legal Studies.

Fawaid, A. (2017). Pengaruh digital marketing system, terhadap daya saing penjualan susu kambing etawa. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 4(1), 104–119.

Fadhli, K, & Pratiwi, D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. 2, 603

Fraenkel, Jack R. And Norman E. Wallen. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. New York. McGraw-Hill Companies

Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen. 10(1)

Gulo, W. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo

Hair et al. 2010. Multivariate data analysis. 7th edition. New Jersey : Pearson Education Inc.

Hadi, F. & Zakiah, K. (2015). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi.

Hurmaini. 2008. Metodologi Penelitian untuk Bimbingan Skripsi. Pekabaru: Suska Press.

Jasri, et al. (2022) . Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Iltizwm Jurnal of Hariah Economic Research. 6, 212-224

Kotler, Philip dan Kevin Line Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2019). Marketing Management. 4th Edition

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Keller. (2011). Marketing Management edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2021. Principles of Marketing. 18e. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K.L. ( 2016). A Framework for Marketing Management Sixth Edition Global Edition. Pearson Educatin Limited

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller. 2016. Marketing management 15e. Boston: Pearson Education.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2019). Marketing Management. 4th Edition. Kuncoro, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitattif Dan R&D. Penerbit : Erlangga, Jakarta

Lestari et al., 2017] Lestari, U., Triyono, J., and Ardianto, J. (2017). Sistem pemetaan area persawahan desa gantung kabuat en belitung timur berbasis georaphical information system. PROSIDING SENSEI 2017, 1(1)

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian melalui Digital Marketing saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 90–98. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Limakrisna, N. dan Purba, T.P, (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia, jilid 2, Mitra Wacana Media. Bogor

Lucyantoro, B., & Rachmansyah, M. (2018). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Ekonomika ’45, 5, (1). 38-54.

Masrianto, A., Hartoyo, H., Hubeis, A. V. S., & Hasanah, N. (2022). Digital Marketing Utilization Index for Evaluating and Improving Company Digital Marketing Capability. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3).

Mangold, W.G. and Faulds, D.J. (2009) Social Media: The New Hybrid Element of the Promotion Mix. Journal of Business Horizons, 52, 357-365.

Nadya, (2016). Peran Digital Marketing Dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1, 133-144

Oktaviani, F. dan Rustandi, D. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awarness. Profesi Humas, 1, 1-20

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya,S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Paramita, R.W.D., Rizal, N. dan Sulistya, R.B. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansin & Manajemen. Widya Gama Press, Lumajang

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45 Asia, 11(2), 46–53.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45 Asia, 11(2), 46–53.

Prasetyo, B. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo

Persada. Pradiani, T. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal JIBEKA, 2, 46-53

Purwana, D., Rahmi., Shandy, A. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol. 1(1). Pp.1-17

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan

Dian Comp Riyanto & Hatmawan. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Sleman : Deepublish

Rozinag, S. & Meiriki, A. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan. Jurnal JDM, 2, 134-152

Saifuddin, M. (2020). Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya).

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex. Media Komputindo

Sari, I. P. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Tani Subur Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. 1(1): 1-15.

Septiningrum,dkk. (2020). Pengenalan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga (Irt) Majlis Taklim Al Auladiyah. Dedikasi Pkm Unpam, 1, 1 8

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori motivasi/

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Ibid. Hlm: 92-94.

Stanton, William J., (1991), Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumatini, C, & Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-BIS, 3(2)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter