Pengaruh Kemudahan Transaksi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee Terhadap Mahasiswa FEB

Nurma Agustina, Muhammad Ridwan Pradana, Raihan Fauzian Satura, Siti Kartini, Andini Anastasia, Siti Maulidia Apriliani,, Malya Savana

Sari


D|al|am er|a digit|al y|ang sem|akin berkemb|ang, e-commerce seperti Shopee menj|adi pilih|an ut|am|a m|ah|asisw|a d|al|am berbel|anj|a, sehingg|a penting untuk mem|ah|ami f|aktor-f|aktor y|ang memeng|aruhi keputus|an pembeli|an merek|a. Peneliti|an ini bertuju|an untuk meng|an|alisis peng|aruh Kemud|ah|an Tr|ans|aksi d|an Ku|alit|as Produk terh|ad|ap Keputus|an Pembeli|an m|ah|asisw|a F|akult|as Ekonomi d|an Bisnis (FEB) penggun|a Shopee, deng|an pert|any|a|an ut|am|a: sej|auh m|an|a kedu|a v|ar|i|abel tersebut memeng|aruh|i keputus|an pembel|i|an. Penel|it|i|an |in|i menggun|ak|an pendek|at|an ku|ant|it|at|if deng|an metode regres|i l|ine|ar berg|and|a. D|at|a d|ikumpulk|an mel|alu|i kues|ioner y|ang d|iseb|ark|an kep|ad|a 52 m|ah|as|isw|a FEB. H|as|il |an|al|is|is menunjukk|an b|ahw|a Kemud|ah|an Tr|ans|aks|i (X1) d|an Ku|al|it|as Produk (X2) berpeng|aruh pos|it|if d|an s|ign|if|ik|an terh|ad|ap Keputus|an Pembel|i|an (Y), deng|an model regres|i Y = -17,395 + 0,392X1 + 0,395X2 dan n|ila|i koef|is|ien determ|inas|i (R²) sebesar 0,483. Temuan |in|i menunjukkan bahwa kedua var|iabel tersebut menjelaskan hamp|ir separuh var|ias|i dalam keputusan pembel|ian mahas|iswa. Kes|impulannya, pen|ingkatan kemudahan transaks|i dan kual|itas produk secara nyata mampu mendorong keputusan pembel|ian, seh|ingga platform e-commerce d|isarankan untuk terus men|ingkatkan kedua aspek |in|i. Penel|it|ian selanjutnya d|iharapkan dapat menelusur|i faktor eksternal la|innya yang juga berpengaruh terhadap per|ilaku konsumen d|ig|ital.

Kata kunc|i: Kemudahan Transaks|i, Kual|itas Produk, Keputusan Pembel|ian, Shopee, Mahas|iswa FEB.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhitya, W. R., & Fauziah, A. (2022). Pengaruh kemudahan transaksi, keamanan transaksi, dan kualitas pelayanan pelanggan terhadap keputusan pembelian online di shopee (studi kasus pada mahasiswa manajemen universitas potensi utama). Manajemen Kreatif Jurnal, 1(1), 178–189.

Anam, A., & Hadi, M. (2024). The influence of consumer attitudes and consumer motivation on purchasing decisions through Shopee. Journal of Management, Accounting, and Economics.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, T. (2024). Hubungan antara online customer review dengan intensi pembelian di platform e-commerce Shopee. Mercubuana Repository.

Budiarto, S. (2021). Analisis pengaruh nilai produk terhadap keputusan pembelian di e-commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 12-25.

Chaudhry, R. S., & Chandhok, A. (2024). Online reviews—An effective way to reduce perceived consumer risks of online shopping. In Proceedings of the 2024 IEEE International Students’ Conference.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business research methods (12th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. Mis quarterly, 13(3), 319-340.

Erlangga, H., Putra, I. A., & Dewi, S. K. (2024). Consumer behavior in the digital age: A qualitative analysis of online shopping patterns in Indonesia. Majalah Ilmiah..

Garvin, D. A. (1987). Competing on the eight dimensions of quality. Harvard Business Review, 65(6), 101–109.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi ke-9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). Hampshire: Cengage Learning EMEA.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Kurnia, L. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 35-46.

Lestari, L. D., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh fenomena harbolnas (hari belanja online nasional) pada e-commerce shopee melalui diskon dan kemudahan bertransaksi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1482–1491.

Loo, P., Purba, B., Tulim, A., Tarigan, P. S., & Pratiwi, E. A. (2023). Pengaruh kemudahan penggunaan e-commerce, harga, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 9(3), 749-755.

Malhotra, N. K. (2015). Essentials of marketing research: A hands-on orientation (1st ed.). Essex: Pearson Education Limited.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Nurdiyanto, A. D., & Kurniawan, D. D. (2020). Pengaruh kepercayaan, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara online berbasis e-commerce. Jurnal STEI, 1(1), 1–15.

Putri, B. R. T., & Dewi, N. (2024). Factors influencing consumer decision to online repurchase fresh meat. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.

Ramadhani, D. A. S. (2021). Pengaruh nilai harga, ulasan, kemudahan, keamanan, dan rating terhadap keputusan pembelian secara online di shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1).

Ridwan, M., & Sutopo, S. (2024). The effect of ease of accessibility, transaction security, and product quality on purchasing decisions for electronic devices online. Jurnal Ekonomi, 12(3), 45–60.

Ridwan, M., & Sutopo, S. (2024). The effect of ease of accessibility, transaction security, and product quality on purchasing decisions for electronic devices online in jabodetabek. Jurnal Ekonomi.

Roscoe, J. T. (1975). Fundamental research statistics for the behavioral sciences (2nd ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Sari, R. R., & Yuliana, E. (2020). Pengaruh kemudahan transaksi dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce di indonesia. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 45-59.

Sari, U. P. (2023). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas terhadap keputusan pembelian di e-commerce Shopee. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 5(2), 22–30.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Chichester: John Wiley & Sons.

Subhan, S., Muvida, M., & Hidayanti, I. E. (2022). Pengaruh kemudahan transaksi, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus pada konsumen marketplace Shopee Ternate). Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, 10(4), 45-55.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yotan, Y., Tampi, J. R. E., & Walangitan, O. F. C. (2022). Pengaruh kemudahan transaksi dan nilai produk terhadap keputusan pembelian melalui Shopee pada mahasiswa FISIP Unsrat. Productivity, 3(6), 547–553.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9417

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter