Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Glad2glow Di Kota Kalianda
Sari
Globalisasi membawa persaingan yang ketat, perkembangan teknologi digital mendorong perubahan signifikan dalam system bisnis. Perkembangan smartphone memang telah mempengaruhi berbagai lini kehidupan, terutama yang menonjol mempengaruhi gaya hidup dan perilaku laku masyarakat yang kian konsumtif dan isntant. Salah satunya adalah kebutuhan akan kosmetik sebagai bagian dari gaya hidup dan perubahan gaya hidup masyarakat tersebut menjadi target strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Brand Ambassador, dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare Glad2glow Di Kota Kalianda. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dan jenis teknik pengambilan data yang digunakan yaitu berupa kuesioner (angket). Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Skincare Glad2glow dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi dengan aplikasi SPSS 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image, Brand Ambassador dan Brand Awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Glad2glow Di Kota Kalianda. Konsumen. Penelitian ini dapat membantu perusahaan skincare glad2glow dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan meningkatkan strategi pemasaran yang efektif.
Kata kunci: Brand image, Brand Ambassador, Brand Awareness
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Impact of Brand Awareness and Social Media Content Marketing on Consumer Purchase Decision. Journal of Public Value and Administrative Insight, 2(2), 5–10.
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu. Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness
Terhadap Keputusan Pembelian. 4, 39–50.
Armstrong, G. (n.d.). Prinsip-Prinsip PEMASARAN. 1–63.
Awareness, P. B., Image, B., Kualitas, D. A. N., Bisnis, F. M., & Ciputra, U. (2021). Pengaruh brand awareness, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. 5.
Aliffia, S., & Purnama, H. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Song Joong-Ki terhadap Brand Image Scarlett Whitening. eProceedings of Management, 9(2).
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Brand Ambassador Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Oleh Brand Image Abd Rohim, P., & Asnawi, N. (2023). The Influence Of Brand Ambassador And Brand Awareness On Purchase Decisions Moderated By Brand Image (Case Study On Shopee Users In Lowokwaru District, Malang City)id 2 *Corresponding Author. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 867–878. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Bs, S., Arizal N, & Ririn Handayani. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(2), 78–83.https://doi.org/10.31849/jmbt.v5i2.14231
Cahyani, K. I., Manajemen, J., Ekonomi, F., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2016). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP. 5(4), 281–288.
Cece, I. S. (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth di Sogo Galaxy Mall Surabaya. Manajemen Kinerja, 1(2), 101-110.
Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi keputusan pembelian melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(1), 30-42.
Firmansyah, D. W. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial melalui Brand Ambassador pada Cakekinian (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. 2(3), 110–118.
Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.
Semarang : UNDIP.
Herawati, H., & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education, 5(2), 4170–4178.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2020). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.
https://www.sociolla.com/15684_glad2glow
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 14(1),25–34.
Tjiptono, Fandy, 2014, PemasaranJasa–Prinsip, Penerapandan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta
Kolinug, M. S., Mananeke, L., Tampenawas, J. L. A., Brand, P., Dan, A., Image, B., & Keputusan, T. (n.d.). PEMBELIAN KOSMETIK REVLON ( STUDI
KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI ) THE EFFECT OF AMBASSADOR BRAND AND BRAND IMAGE ON REVLON COSMETIC PURCHASE DECISION ( CASE STUDY ON SAM RATULANGI UNIVERSITY STUDENTS ) Jurnal EMBA Vol . 10 No . 3 Hal . 101 - 111. 10(3), 101–111.
Kuswardani, C. A. (2020). Pengaruh Brand Ambassador “Bts”, Brand Image Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, No. 2). Jilid. Luthfiah, N., Rahma, Y., & Sudarwanto, T. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik
Glad2Glow. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JTPN), 12(2), 2723–3901.
Prena, G. Das, Nasional, U. P., Hidup, G., & Dan, P. K. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan , Gaya Hidup , Persepsi Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Shopeepay. 22(2018), 142– 155.
Rumaidlany, D., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada MC DONALD’ S.11.
Riduwan, E. A. K., & Kuncoro, A. (2012). Cara menggunakan dan memaknai path analysis (analisis jalur). Alfabeta
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia. Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT . Telesendo Shop Sebagai Distributor
Utama Telkomshel Di Manado Effect Of Ambassador Brand An Image On Product Purchase Decisions PT . Telesindo Shop As Telk Main Distributor In Manado. 7(4).
Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal bisnis dan manajemen, 4(1).
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Suparwi, S., & Fitriyani, S. (2020). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8(2), 253-272.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabet, 2016),
Sivakumar, S. (2021). Application of Howard Sheth Model of Consumer Decision Making for the Purchase of a Television. SSRN Electronic Journal, 1–19. https://doi.org/10.2139/ssrn.3899873
Tranggono, R. I. (2007). BP: Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Gramedia Pustaka Utama.
U Usmadi. (2020). PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS. 7(1), 50–62.
Utami, H. N. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pemasaran Agribisnis. July.
Utomo, G. W., & Prabawani, B. (2017). Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Type Nex. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(4), 287-297.
Yanti, M. O. Z., & Sukotjo, H. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek. Asosiasi Merek dan Brand. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.3
Zaki, M. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemas Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen Dan Inovasi
Internet Link :
https://doi.org/10.31580/jpvai.v2i2.896, https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25 https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1115
https://compas.co.id/, https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.567 https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9424
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional