Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Auditing
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris Metode Pembelajaran Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Auditing Mahasiswa Akuntansi Konsentrasi Audit FEB UMI. Data penelitian ini diperoleh dari mahasiswa yang terdaftar di UMI dan mengambil konsentrasi Audit. Penelitian ini menggunakan data primer. Penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan metode slovin sebagai alat ukur untuk menghitung ukuran sampel karena jumlah populasi yang diketahui lebih dari 100 responden. Metode uji yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable metode pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman auditing mahasiswa. Kemudian variabel perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman auditing.
Kata Kunci: Metode pembelajaran; perilaku belajar; tingkat pemahaman mata kuliah auditing.
Abstract
This study aims to obtain empirical evidence of Learning Methods and Learning Behavior on Auditing Understanding of Accounting Students with Audit Concentration FEB UMI. The data of this study were obtained from students who were registered at UMI and took the concentration of Auditing. This study uses primary data. Determination of the number of samples used in this study is based on the slovin method as a measuring tool to calculate sample size because the general population is more than 100 respondents. The test method used is multiple linear regression. The results showed that the learning method variable had a positive and significant effect on students' understanding of auditing. Then the learning behavior variable has a positive and significant effect on auditing understanding.
Keywords: Learning methods; learning behavior; level of understanding of auditing courses.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: UNISSULA.
Agustina, A. (2015).p Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa jurusan akuntansi STIE mikroskil medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 5(1), 11-20
Asih, S. P. T. Pengaruh Perilaku Belajar, Metode Pembelajaran, Kecerdasan Intelektual, Fasilitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UPS Tegal). https://core.ac.uk/download/pdf/335075134.pdf.
Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52.
Ghozali, I. (2016a). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi Delapan. Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.
Ghozali, I. (2016b). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Delapan). Penerbit Universitas Diponogoro.
Hanum, S., 2011, Pengaruh Atribut Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya.
Hamzah B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm. 23.
Hamzah B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya, hlm. 27-29.
Hasibuan, M. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. PT Bumi Aksara.
Hendrayana, A. S., Erisyani, E., & Setiana, N. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 Pgsd Masukan Sarjana di Upbjj Ut Bandung. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 163-177.
Jeanne Ellis Ormrod, Psikologi Pendidikan Membentu Siswa Tumbuh Dan Berkembang Jilid 2, (Jakarta: Erlangga, 2009), hlm. 58-59.
Karlina, F., Degeng, N. S., & Amirudin, A. (2017, June). Group Investigation Berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sd Dalam Kegiatan Pengelolaan Sampah. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Laksmi, A. C., & Febrian, R. S. (2018). Faktor-faktor penentu tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 22(1), 25-35.
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Maryam, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Stie Sutaatmadja Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 143-151.
Maryati, S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi IBI Darmajaya Lampung). GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 9(1), 45- 51.
Maryati, S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi IBI Darmajaya Lampung). GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 9(1), 45- 51.
Mawardi, M. C. (2012). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang. IQTISHODUNA.
Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, hlm.140.
Mulyadi. (2014). Auditing (Keenam). Salemba Empat.
Mulyasari, W. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Asesmen If-At (Immediate Feedback Assessment Technique) Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Head Together) Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu .Kelas Viii Smp Negeri 1 Kelumbayan Barat Tahun Ajaran 2017/2018.
Mutia, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan PerilakuBelajar Terhadap Tingkat Pemahaman AkuntansiMahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di KotaPadang). Wahana Riset Akuntansi, 3(2).
Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian:Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nugraha, A. P. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi Universitas Jember.
Nurasmawi, N., & Ristiliana, R. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Pemahaman Siswa Ekonomi. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(2), 85-93.
Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), hlm.157.
Permatasari, P. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Umur Perusahaan Terhadap Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013-2015) (Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama).
Purwanto,N.(2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rachmi, F., & ZULAIKHA, Z. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Rosnita, R., & Kaswari, K. Peningkatan Aktivitas Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Samiudin, H. S. H. (2016). Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. AL MURABBI, 2(1), 41-58.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran Teori Dan Praktek Pengembangan KTSP. Kencana Prenada Media Group.
Sanusi, A. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Ketiga. Salemba Empat, Jakarta.
Sari, Y. K. (2013). Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 1(1)
Satria, M. R. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 66-80.
Sinaga, M., & Hidayat, O. K. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Audit Laporan Keuangan, Dan Penerapan Good Governance Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Mediasi, 6(01), 89-100.
Sinarti, S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Auditing di Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Accounting and Taxation, 4(1), 100-106.
Sriwardany, 2011, Pengaruh Perilaku Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, UMN Al Washliyah, Medan.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja
Sudrajat, A. (2008). Teori-teori Motivasi. Tersedia juga dalam http://akhmadsudrajat. wordpress. com/2008/02/06/teori-teori-motivasi/[diakses di Bandung: 9 Oktober 2012].
Sugiyono, Prof D. (2018). Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, Dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV. Alfabeta.
Sukma, A., & Adam, H. (2012). Studi Empiris Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Stres Kuliah terhadap Keterlambatan Penyelesaian Studi (Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).
Suryanti, S., & Arfah, E. A. (2019). Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik, Kecerdasan Emosional dan Metode Pembelajaran Terhadap Pemahaman Akuntansi. ATESTASI: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 1-10.
Suwardjono. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. (Online). Tersedia:suwardjono.com/upload.perilaku-belajar-di-perguruan-tinggi.
Thabroni, G. (2020, September 2). Metode Pembelajaran: Pengertian, Jenis & Macam (Menurut Para Ahli) . Serupa.id
Tohiriah, P. A., Hartiyah, S., & Putranto, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Ifrs. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 14-23.
Yudha, T. R. K., Justinia Castellani, S. E., MSi, A. K., & CA, P. I. (2019). Pengaruh Integritas, Objektifitas, Kerahasiaan, Dan Kompetensi Auditor Terhadap Kinerja Auditor Internal (Studi Empiris Pada Inspektorat Kabupaten Bandung). (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.947
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional