Pengaruh Display Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Al Madinah Bakery And Cake Shop Pancing Medan
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Display Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian roti secara parsial dan simultan di Al Madinah Bakery and Cake Shop Pancing Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Al Madinah Bakery and Cake Shop Pancing Medan pada tahun 2025 dengan populasi sebanyak 4.988 orang dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Strafied Random Sampling yaitu sebanyak 257 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Display Produk (X1) dan Inovasi Produk (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini terlihat dari nilai Fhitung 351,688 > Ftabel3,03. Uji parsial menunjukkan bahwa Display Produk dan Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dimana besar pengaruh antara variabel Display Produk dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian yang ditunjukkan dengan nilai R Square73,5%. Sedangkan sisanya 26,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci : Display Produk, Inovasi Produk, dan Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afrianti, & Nurul. (2020). Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Tevina Mart UKUI 1 Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah.
Arif, A. S., Sutono, S., & Faidah, F. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Live Music, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Kedai Kopi di Jepara). Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 4(2), 1-16.
Arif, Muhammad Hamdan & Dharmawan Sriyanto. (2023). Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Aroma Bakery and Cake Shop Karya Jaya). Jurnal Ekonomi Kreatif dan Manajemen Bisnis Digital, 1(4), 580-589.
Duha, Ronaldo & Mauli Siagian. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Fitur Produk, dan Desain produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Luar Garis Coffee. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(1), 166-178.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen(edisi ke- 8). Dryden Press.
______ (2011). Perilaku Konsumen (edisi ke-10).Dryden Press.
Ernawati, Diah. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17-32.
Faroji, Ridwan, and Burhan Rifuddin. 2021. “Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bina Agramulya Di Cimone.” Jurnal Tadbir Peradaban 1(1):42–47.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, S. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Hassa, Restu Shofina. (2023). Analysis of the Effect of Product Display on Purchase Decisions in Micro, Small and Medium Enterprises Donat Madu in Bandung, Indonesia. International Journal Administration, Business and Organization, 4(1), 1-11.
Hidayah, S. (2022). Inovasi Produk dan Minat Beli Konsumen: Studi Kasus di Sektor Makanan dan Minuman.Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 23-40.
______ (2022). Inovasi Produk Pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus: UMKM Tas Brand X). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 45-60.
Kawulusan, Valentia Tesalonika & Imelda Wellin Juliana Ogi, dkk. (2023). Pengaruh Display Produk, Tagline dan Perilaku Hedonic Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di MR. D.I.Y Manado Town Square. Jurnal EMBA, 11(4), 161-172.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-14). Erlangga.
______ (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-15). Erlangga.
Muis, Nasrah. 2018. “Pengaruh Display Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Malaysia (Studi Kasus Seluruh Konsumen Yang Melakukan Transaksi di Pasar Batu Tarakan.”
Ningsih, Luh Kartika &Gusti Kadek Ayu Anggun Krisna Damayanti, dkk. (2024). The Effect of Product Innovation, Service Quality, and Store Atmosphere on Consumer Loyalty at Puri Kawan Lodtundu Gianyar Regency. Management Journal (Electoral Edition), 15(2), 231-243.
Punu, Clara Caroline&Hari Purwanto. (2023). Pengaruh Display Produk, Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Samudra Supermarket & Department Store Madiun. Jurnal Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5, 2(1), 1-12.
Ramadhani, F. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Kue.Jurnal Sains dan Teknologi, 7(4), 99-115.
Ramadhan, F., & Fajrianti, D. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 14(2), 167-182.
Santoso, S. B. & Supranto, S. (2019). Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 16(1), 1-12.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharno. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inovasi Produk pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 20(1), 1-12.
Utama. (2020). Peran Kultur Organisasi dalam Meningkatkan Inovasi Produk. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 12(1), 1-10.
Widyaastuti, W. & Supranto, S. (2020). Pengaruh Display Produk Terhadap Persepsi Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1), 1-15.
Zahri, Cut &Umar Hamdan Nasution, dkk. (2023). Pengaruh Tampilan Produk Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pemakai Produk Pada Ud. Az-Zahra Bakery and Cake Shop Medan. Jurnal EkonomiUniversitas Dharmawangsa, 17(3), 1429-1444.
Zhang, Jonathan Ardian&Prof. Dr. Ch. Whidya Utami, M.M., CLC., CPM.(A). (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Elly Bakery. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 8(5), 559-570.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9543
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional