Pengaruh Iklan, Distribusi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Promina
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan, distribusi, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Promina. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, melibatkan 100 responden yang pernah membeli produk Promina. Instrumen penelitian berupa kuesioner telah melalui uji validitas dan reliabilitas, serta data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel independen iklan, distribusi, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Nilai koefisien determinasi sebesar 63,2% mengindikasikan bahwa keputusan pembelian produk Promina dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Temuan ini menunjukkan pentingnya optimalisasi strategi iklan, perluasan jaringan distribusi, dan penetapan harga yang kompetitif untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk makanan bayi Promina.
Kata Kunci: Iklan, Distribusi, Harga, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9867
Armstrong, G., & Kotler, P. (2003). Dasar-dasar Pemasaran (Edisi Kese). PT. Indeks Gramedia.
Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17
G. Kotler, P., & Armstrong, &. (2012). Prinsip - prinsip pemasaran. Prinsip Prinsip Pemasaran.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Halim, S. F., Doloksaribu, W. S. A., Lienedy, C., & Sudirman, A. (2024). PENGARUH IKLAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOKOPEDIA. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 4536–4542. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.7721
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip – prinsip Pemasaran (Global Edi). Pearson Prentice HallIac.
Kotler, P., Gary, A., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing (Eight Euro). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13 (ed.)). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (New Jersep). Pearson Prentice HallIac.
Prasetya, I. S. (2016). Pengaruh Produk, Harga, Saluran Distribusi, dan Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Kukubima Ener-G. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/843
Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473
Samosir, B. A., & Wartini, S. (2017). Pengaruh iklan pada keputusan pembelian melalui sikap konsumen. Management Analysis Journal, 6(3), 255–261.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Costumer Behavior (Internasio). Prentice Hall.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen. PT.Indeks.
Suhandang, K. (2016). Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Nuansa Cendekia.
Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Andi.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi Keti). Andi.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi.
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, Dan kano. Indeks.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9574
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional