Pengembangan Program Knowledge Sharing Bisnis Untuk Meningkatkan Technopreneur Intention Mahasiswa Dalam Mewujudkan Entrepreneurial University

Stanny Sicilia Rawung, Sahat Renol HS, Dominikus Rojoki Manullang, Lydia Nova Tengker

Sari


Program entrepreneurial university merujuk pada perguruan tinggi yang tidak hanya berfokus pada pendidikan akademik tradisional, tetapi juga mendorong dan memfasilitasi kewirausahaan, baik di kalangan mahasiswa, staf, maupun akademisi. Sebagai program universitas yang dapat mengurangi tingkat pengangguran dari kalangan terdidik, maka program ini memerlukan pengembangan model dan tindakan akselarasi serta pengelolaan sumber daya di setiap fakultas yang dapat mewujudkan program entrepreneurial university. Penelitian ini bertujuan merancang pengembangan program knowledge sharing bisnis untuk meningkatkan technopreneur intention mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data melalui data perimer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan para atasan (pengambil kebijakan kerjasama terhadap pihak luar kampus) dan data sekunder berasal dari wawancara, observasi, diskusi kelompok terarah (FGD) dan dokumentasi. Alat analisa menggunakan analisis SWOT. Penelitian dilakukan pada tiga unsur knowledge sharing bisnis yaitu socialization (sosialisasi), externalization (eksternalisasi), dan unsur internalization (internalisasi). Hasil penelitian menunjukkan pada unsur socialization mengalami pembaharuan dengan program komunitas technopreneur dan membentuk jejaring kolaborasi lintas angkatan maupun program studi. Pada externalization mengalami perluasan dengan menambah program platform digital dan kegiatan lomba jurnal technopreneur. Pada internalization mengalami pembaharuan dengan konsep technopreneur talk & action series. Dapat disimpulkan program knowledge sharing bisnis pada fakultas ekonomi dan bisnis perlu melakukan perbaikan terhadap 3 unsur program dari pengembangan knowledge sharing bisnis yang diperoleh dari analisis SWOT.

 

Kata Kunci: Entrepreneurial university, technopreneur intention, knowledge sharing bisnis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amila, K., & Suryadi, K. (2014). Keefektifan online knowledge sharing behavior (studi kasus: blended learning ITB). JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri), 1(01), 129–136.

Anggoro, R., Cahyono, B., Kumara, R. B., & Hendartono, A. (2023). Konsep Maslahah Knowledge Dengan Pendekatan Teori Resource Based View Terhadap Kinerja SDM Pada Kegiatan Halal Logistik di Indonesia. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 7(1), 234.

Audretsch, D. B. (2014). From the entrepreneurial university to the university for the entrepreneurial society. The Journal of Technology Transfer, 39, 313–321.

Costa, R. O. (2024). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Technopreneurship Bagi Peserta Didik Sma 7 Bekasi. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(3), 992–1002.

Dasuki, R. E. (2021). Manajemen strategi: kajian teori resource based view.

Etzkowitz, H. (2004). The evolution of the entrepreneurial university. International Journal of Technology and Globalisation, 1(1), 64–77.

Fadhillah, N., Nasution, M. I. P., & Syahbudi, M. (2023). Peranan Penting Internet Terhadap Peningkatan Pendapatan Gen-Z Pada Usaha Technopreneurship. Student Research Journal, 1(5), 57–73.

Guerrero, M., & Urbano, D. (2012). The development of an entrepreneurial university. The Journal of Technology Transfer, 37(1), 43–74.

Heryani, R. D., Sulistyaniningsih, E., Susilawati, S., & Tukiran, M. (2023). Pengaruh self efficacy dan literasi technopreneurship terhadap minat wirausaha mahasiswa prodi pendidikan ekonomi unindra. Research and Development Journal of Education, 9(1), 188–197.

Hidajat, K., Tambun, S., Prasetyo, S., & Firmansyah, F. (2024). Pengaruh Entrepreneurial Self Efficacy dan Personal Networks Terhadap Technopreneurship Intention dengan Literasi Digital Sebagai Pemoderasi. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 10(2), 170–191.

Hidayat, L., & Yandri, P. (2023). Formulasi dan Validasi Indikator Technopreneur. Digital Business Journal, 1(2), 89–97.

Ikhtiagung, G. N., & Soedihono, S. (2018). Pengaruh dukungan akademik dan faktor sikap terhadap keinginan berwirausaha bidang teknologi (technopreneur) pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 1–20.

Islamy, F. J., Andriani, R., & Nurjaman, R. (2021). Knowledge Based View: Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi COVID-19. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 188–203.

Jufri, A., Kurniawan, P., Djadjuli, M., & Hadiwibowo, I. (2021). RBV Teori: Kinerja Religius Berbasis Kepribadian Islam dan Perilaku Inovatif Dalam Konseptual. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 375–388.

Kaparang, S. X., Nugroho, A. K., & Jayati, A. E. (2024). Peran Technopreneur dalam Pengembangan Usaha Digital di Indonesia. Jurnal Sosial Teknologi, 4(8), 526–536.

Khairil Umuri, S. H. I. (n.d.). SOCIO-TECHNOPRENEURSHIP. SOCIO-TECHNOPRENEURSHIP, 45.

Lin, W.-B. (2008). The effect of knowledge sharing model. Expert Systems with Applications, 34(2), 1508–1521.

Listyorini, H. (2012). Komponen dan Dampak Social Entrepreneurship Upaya Revitalisasi Budaya dan Industri Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2).

Mahdiana, D., & Setiono, D. (2019). Penerapan Model Socialization, Externalization, Combination and Internalization untuk Pengembangan Knowledge Management System. Prosiding SISFOTEK, 3(1), 102–107.

Prasetya, A., & Taroreh, K. (2018). The Implementation of Socialization, Externalization, Combination, and Internalization (SECI) Through EDMODO Application to Improve Student Group’s Learning Outcomes. 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 5–8.

Pratama, A., & Trisetiyanto, A. N. (2024). Perencanaan Strategis Universitas dan Penerapan Keterampilan Technopreneurship kepada Mahasiswa. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 6(2), 245–257.

Rachman, D. F., Amri, S., & Innuddin, M. (2024). Pelatihan Technopreneurship di Era Digital: Strategi Pemberdayaan Wirausaha Lokal Menuju Transformasi Digital Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 3(2), 199–210.

Rukmana, A. Y., Harto, B., & Gunawan, H. (2021). Analisis analisis urgensi kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) dan peranan society 5.0 dalam perspektif ilmu pendidikan kewirausahaan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 13(1), 8–23.

Rustianah, R., Hariroh, F. M. R., Soleha, E., & Hidayah, Z. Z. (2024). Pengembangan strategi bisnis UMKM berbasis digital untuk membangun mental technopreneur. Lentera Pengabdian, 2(01), 24–28.

Saputra, A. F. (2022). Iklim organisasi dan urgensinya terhadap knowledge sharing. Jurnal Family Education, 2(4), 312–318.

Sukma, A. (2017). Perspektif the resource based view (RBV) dalam membangun competitive advantage. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(01), 75–89.

Trihudiyatmanto, M. (2017). Pengaruh efikasi diri (self efficacy) dan intensi berwirausaha terhadap spirit technopreneurship (studi kasus di sentra pengrajin teralis di desa Jlamprang kecamatan Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(2), 154–166.

Wardani, I. A., & Machmud, A. (2020). STUDI TENTANG PENGARUH TECHOPRENEURIAL LEARNING TERHADAP TECHNOPRENEURSHIP INTENTION SISWA SMKN SE-KOTA PALEMBANG. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 96–106.

Yanto Rukmana, A., Harto, B., & Gunawan, H. (2021). Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dan Peranan Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 13(1), 11.

Zamir, Z. B. (2017). An Exploratory Analysis of the Impact of Internalization, Externalization, Socialization, and Exchange on Employee Learning, Adaptability, Job Satisfaction, and Intention to Stay.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9668

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter