Pengaruh Manajemen Operasional Di Era Digital Dan Perkembangan E – Commerce

Andi Wajhul Musfirah, Muhammad Akhsan Tenrisau, Ramlawati

Sari


Di era globalisasi saat ini, manajemen operasional tetap menjadi area yang sangat diminati oleh akademisi dan profesional di sektor manufaktur maupun industri. Hal ini krusial karena manajemen operasional adalah penggerak utama bisnis. Oleh karena itu, tanpa sistem manajemen operasional yang baik dan terkelola, suatu perusahaan berisiko gagal atau berhenti beroperasi. Transisi bisnis dari model tradisional ke digital mengharuskan perusahaan untuk merumuskan strategi berkelanjutan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi pemasaran digital seperti e-commerce. Namun, untuk tetap kompetitif di pasar yang semakin dinamis, perusahaan e-commerce harus mengoptimalkan operasi mereka, terutama dalam manajemen logistik, inventaris, dan layanan pelanggan. Selain itu, manajemen inventaris juga menjadi tantangan yang signifikan. Manajemen operasional terhadap penjualan E-Commerce memiliki beberapa Aspek structural atau Aspek Regulasi, Aspek Operasional, Sistem Manajemen Operasi.

Kata kunci : Managemen, digital, e-commers.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alifiatun Asyifah et al., “Pengembangan Aplikasi E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Online,” Action Research Literate 7, no. 1 (2023): 70–75.

Bagas Pragat Pamungkas et al., “Analisis Dari Dampak Yang Terlihat Pada Perkembangan E-Commerce Di Era Digitalisasi Dan Rantai Pasok Logistik,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 15 (2023): 616–21

Budi Harto, P. P. (2023). Strategi Bisnis Berkelanjutan melalui Inovasi Model Operasional Di Era Digitalisasi Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 243-249.

Harris Kristanto, T. T. (2022). Penerapan Manajemen Operasional dalam Meningkatkan Kinerja di Apple Inc. Journal of Management, 84-94.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2020). Operations Management (13th Edition). Pearson.

Krajewski, L. J., Malhotra, M. K., & Ritzman, L. P. (2020). Operations Management: Processes and Supply Chains (12th Edition). Pearson.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-Commerce: Business, Technology, Society. Pearson.

Novitasari Eviyanti, H. N. (2022). Dasar Manajemen Operasional. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Rais Agil Bahtiar, “Potensi, Peran Pemerintah, Dan Tantangan Dalam Pengembangan e-Commerce Di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of e-Commerce Development in Indonesia],” Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik 11, no. 1 (2020): 13–25

Stevenson, W. J. (2020). Operations Management (13th Edition). McGraw-Hill Education.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.9726

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter