Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Dengan Lifestyle Sebagai Variabel Moderating Pada Open Booking Produk Pakaian Bangkok Di Media Sosial

Diana Diana, Feriani Astuti Tarigan, Agusman Agusman

Sari


Perkembangan fashion di Indonesia mencerminkan perpaduan antara nilai tradisional dan sentuhan modern yang semakin diperkuat oleh pengaruh global serta kemajuan teknologi seperti e-commerce dan media sosial. Salah satu tren yang sedang diminati adalah produk fashion dari Bangkok, yang dikenal dengan desain yang unik, harga bersaing, dan kualitas produk yang baik, sehingga menjadi favorit terutama di kalangan remaja. Minat beli terhadap produk ini didorong oleh gaya hidup modern yang dinamis dan aspiratif, serta pengaruh promosi dari para influencer. Faktor harga dan kualitas produk menjadi pertimbangan utama dalam membentuk preferensi konsumen muda yang melihat fashion sebagai bagian dari identitas dan ekspresi diri. Penelitian ini melibatkan 96 responden konsumen open booking di media sosial, dengan jumlah sampel ditentukan melalui rumus Lemeshow karena populasi tidak diketahui secara pasti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk pakaian Bangkok di Medan, namun variabel lifestyle tidak mampu memoderasi pengaruh harga maupun kualitas produk terhadap minat beli.

 

Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Lifestyle, Minat Beli


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiany, F. D., & Fajari, I. A. (2022). Pengaruh gaya hidup dan harga terhadap minat beli pakaian second di Sa Thrift Shop.

Andriani, D. P., Setyanto, N. W., & Kusuma, L. T. W. N. (2019). Desain dan analisis eksperimen untuk rekayasa kualitas. Jakarta: UB Press.

Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E., & Judijanto, L. (2023). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif: Pendekatan metode kualitatif dan kuantitatif di berbagai bidang. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen pemasaran: UMKM dan digital sosial media. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Bancin, J. B. (2021). Citra merek dan word of mouth (perannya dalam keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina). Surabaya: Jakad Media Publishing.

Batubara, A., Suryanto, B., & Wijaya, D. (2024). Strategi pemasaran digital di era media sosial. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Damiati, L. M., Suriani, M., & Adnyawati, N. D. M. S. (2019). Perilaku konsumen. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Djunaidi, F. G. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan minyak kayu putih pada Ketel Walbarua di Desa Ubung. Pasuruan: Qiara Media.

Duli, N. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Fathoroni, A., Fatonah, N. S., Andarsyah, R., & Riza, N. (2020). Buku tutorial sistem pendukung keputusan penilaian kinerja dosen menggunakan metode 360-degree feedback. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Firmansyah, A. (2019). Perilaku konsumen (sikap dan pemasaran).

Firmansyah, A. (2023). Pemasaran produk dan merek (planning & strategy). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Ghodang, H. (2020). Metode penelitian kuantitatif: Konsep dasar & aplikasi analisis regresi dan jalur dengan SPSS. Medan: Penerbit Mitra Grup.

Ghozali, I. (2020). Aplikasi analisis multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan, D. (2022). Keputusan pembelian konsumen marketplace Shopee berbasis social media marketing. Jakarta: Inovasi Pratama Internasional.

Hartanto, S. (2023). Lean manufacturing goes to school: Menajamkan work skills siswa SMK. Jawa Tengah: Sarnu Untung.

Hery. (2022). Manajemen pemasaran. Jakarta: Grasindo.

Ismawati, R., & Hartati, S. (2020). Fundamental pemasaran: Teori dan praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamaluddin, M., Rahman, F., & Santoso, J. (2020). Analisis perilaku konsumen dalam pemasaran modern. Surabaya: Penerbit Erlangga.

Jusnidar, J., Asfar, I. T., Asfar, I. A., & Avrida, A. V. (2020). Cangkang kerang sebagai koagulan alami penjernih air. Bandung: Media Sains Indonesia.

Kusumaputri, L., Widodo, A., & Pratama, R. (2023). Pemasaran ritel dan e-commerce. Bandung: Alfabeta.

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2020). Manajemen pemasaran: Teori dan aplikasi dalam bisnis di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Lotte, L. N. A., Irawan, P., Setiawan, Z., Wulandari, D. S., Daga, R., Elida, S. S., Pandowo, A., Sudirjo, F., Herdiansyah, D., Muliyati, & Santosa, A. D. (2023). Prinsip dasar manajemen pemasaran. Jakarta: Global Eksekutif Teknologi.

Maskur, T. (2024). Manajemen pemasaran: Konsep dan aplikasi. Malang: UMM Press.

Margareta, A. H., & Prasojo, E. (2024). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap minat beli pakaian bekas impor thrift di Yogyakarta.

Mursidi, A., Zulfahita, R., Setyowati, F., Wulandari, F., & Mertika. (2020). Pengantar kewirausahaan. Klaten: Lakeisha.

Musfar, T. F. (2020). Manajemen pemasaran bauran pemasaran sebagai materi pokok dalam manajemen pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Nurul, H., & Armel, Y. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk, dan brand equity terhadap minat beli konsumen pakaian di Kios Jelita Desa Pambang Baru ditinjau dari perspektif ekonomi Islam.

Priyatno, D. (2020). SPSS: Panduan mudah olah data bagi mahasiswa & umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Puput, S. S., & Salmah, N. N. A. (2020). Citra merek, kualitas produk, harga dan pengaruhnya terhadap minat beli baju karate merek Arawaza di Kota Palembang.

Qomusuddin, I. F. (2019). Statistik pendidikan (Lengkap dengan aplikasi IBM SPSS Statistic 20.0). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Rachmad, P., Nugroho, S., & Lestari, D. (2024). Inovasi dalam strategi pemasaran berbasis teknologi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Roesminingsih, H., Wahyuni, M., & Putra, Y. (2024). Pemasaran strategis dalam bisnis global. Yogyakarta: Deepublish.

Riyanto, S., & Aglis, A. H. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif di bidang manajemen, teknik, pendidikan, dan eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Saragih, M. G., Manulang, S. O., & Hutahaean, J. (2024). Marketing era digital. Medan: Andalan.

Setyawan. (2021). Kepercayaan pelanggan di antara hubungan citra perusahaan dan kewajaran harga dengan loyalitas pelanggan Mapemall.com. Jakarta: Klaten.

Siregar. (2024). Kumpulan jurnal akreditasi Sinta (Akuntansi Keuangan). Riau.

Sugiyono. (2020). Metode riset akuntansi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Sutandi, B., Firdaus, E., & Wijayanti, N. (2024). Consumer behavior and marketing trends. Jakarta: Rajawali Press.

Syawaludin, M. (2020). Sosiologi perlawanan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Tirtayasa, S., Khair, H., & Satria, U. (2024). Manajemen pemasaran dalam memoderasi minat beli mobil listrik. Medan: UMSU Press.

Untari, D. T. (2019). Manajemen pemasaran: Kasus dalam pengembangan pasar wisata kuliner tradisional Betawi. Purwokerto: Pena Persada.

Yusuf, M., & Lukman, D. (2019). Analisis data penelitian teori & aplikasi dalam bidang perikanan. Bogor: IPB Press.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9755

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter