Proses Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam Siklus Pendapatan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo

Eko Pujiatmoko, Suci Jayanta, Aulia Nirmala Akil, Terrensia Sekar Pamastutiningtyas

Sari


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui proses klaim BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo, khususnya pada pendapatan yang bersumber dari jasa layanan, yaitu pendapatan rawat jalan dan pendapatan rawat inap. Penelitian ini juga mengkaji kendala-kendala dalam proses klaim BPJS yang ada di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses klaim BPJS kesehatan ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu dari pengajuan berkas oleh rumah sakit kepada pihak BPJS, dilanjutkan dengan verifikasi dokumen dan pelayanan, hingga akhirnya pencairan dana dilakukan setelah dinyatakan sesuai ketentuan. Pencairan dana hanya dapat dilakukan jika dokumen telah dinyatakan sesuai dengan ketentuan atau layak dalam Berita Acara Hasil Verifikasi (BAHV). berkas yang dinyatakan lengkap dan valid selanjutnya dicatat sebagai pendapatan rumah sakit. Penelitian ini memberikan gambaran yang jelas mengenai alur klaim BPJS kesehatan di rumah sakit serta pentingnya ketelitian dan ketepatan dokumen dalam proses klaim tersebut agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran.

 

Kata Kunci: Klaim BPJS; Rumah Sakit; BPJS Kesehatan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, I., Fannya, P., Viatiningsih, W., & Aula Rumana, N. (2023). Gambaran Prosedur Klaim Peserta Rawat Inap Bpjs Kesehatan Di Rspad Gatot Subroto Tahun 2022. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(4), 359–376. https://doi.org/10.59141/cerdika.v3i4.578

Amran, R. (2023). Prosedur BPJS dan Klaim BPJS oleh Rumah Sakit. Health and Medical Journal, 5(2), 147–154. https://doi.org/10.33854/heme.v5i2.1338

Maulida, E. S., & Djunawan, A. (2022). Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 21(6), 374–379. https://doi.org/10.14710/mkmi.21.6.374-379

Pujihastuti, A. (2021). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Pengambilan Keputusan Manajemen Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 200. https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i2.377




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9794

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter