Pengaruh E-Security dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada (Studi pada Pengikut Akun Instagram Lazada)

Apipah Danu Rizky, Fajar Ramadhan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang Pengaruh E-Security dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini adalah pengikut akun Instagram Lazada dengan sampel sebanyak 165 responden yang dihitung menggunakan rumus Hair et al. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda dengan bantuan Method Seccesive Internal (MSI), Microsoft Excel 2021 dan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara E-Security terhadap Keputusan Pembelian, terdapat pengaruh signifikan antara E-Trust terhadap Keputusan Pembelian, dan terdapat pengaruh signifikan  E-Security dan E-Trust terhadap Keputusan Pembelian secara simultan. Keamanan dan kepercayaan yang dirasakan dan dimiliki sebagian pengguna meningkat maka secara langsung keputusan untuk melakukan pembelian sebagian pengguna juga akan meningkat.

Kata Kunci: E-Security; E-Trust; Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang Pengaruh E-Security dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini adalah pengikut akun Instagram Lazada dengan sampel sebanyak 165 responden yang dihitung menggunakan rumus Hair et al. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda dengan bantuan Method Seccesive Internal (MSI), Microsoft Excel 2021 dan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara E-Security terhadap Keputusan Pembelian, terdapat pengaruh signifikan antara E-Trust terhadap Keputusan Pembelian, dan terdapat pengaruh signifikan E-Security dan E-Trust terhadap Keputusan Pembelian secara simultan. Keamanan dan kepercayaan yang dirasakan dan dimiliki sebagian pengguna meningkat maka secara langsung keputusan untuk melakukan pembelian sebagian pengguna juga akan meningkat.

Kata Kunci: E-Security; E-Trust; Keputusan Pembelian




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9817

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter