Pengaruh Kemudahan, Keamanan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Shopee Pay (Studi Pada Pengguna E-Wallet Shopepay Di Kota Kalianda)

Ajeng Rahayu, Khil Wailmi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh kemudahan, keamanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan penggunaan e-wallet ShopePay di kota Kalianda. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan e-wallet di kalangan masyarakat. Data dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, korelasi product momen berganda, koefisien determinasi adjusted R2 dan uji hipotesis meliputi uji t dan uji f yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan. Keamanan berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan. Daya tarik promosi berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan .Secara simultan kemudahan, keamanan dan daya tarik promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet shopepay di kota kalianda.

 

Kata Kunci : Kemudahan, Keamanan, Daya tarik promosi dan Keputusan penggunaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu.

Akbar, R., Studi, P., Bisnis, M., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2023). Pengaruh Kemudahan , Keamanan , Resiko Dan Promosi , terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Di Solo Raya. 1(3).

Alifia, F. D., Kusuma, S. Y., & Prihatiningsih, P. (2024). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, HARGA, DAN DAYA TARIK PROMOSI, TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY SEBAGAI SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA GENERASI Z DI KOTA SEMARANG. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 499-523.

Angelina, C., & Aswin Rahadi, R. (2020). A conceptual study on the factors influencing usage Intention of E-wallets in Java. International Journal of Accounting, Finance and Business (IJAFB), 5(27), 19-29.

Azkiya, S. R. (2023). Analisis Penerimaan Aplikasi Ikalsel Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). UNILIB: Jurnal Perpustakaan.

Bank Indonesia. (2016). Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Ciswati, S., & Septayuda, I. (2023). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Laptop. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 9(2), 61–71. https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4215

Faizani, SN, & Indriyanti, AD (2021). Analisis Pengaruh Kesiapan Teknologi terhadap Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Behavioral Intention dari Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk Pembayaran Digital (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi e-Wallet Go-Pay, DANA, OV. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence , 2 (2), 85–93. https://doi.org/10.26740/jeisbi.v2i2.39738

Fariska Desma Alifia1,Septian Yudha Kusuma2, P. (2024). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, harga, dan daya tarik promosi, terhadap intensi penggunaan e-wallet shopeepay sebagai sistem pembayaran digital pada generasi z di kota semarang. 4, 499–523.

Fauzi, F., & Muzayanah, F. N. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Shopeepay di Karawang. Communnity Development Journal, 5(3), 4893–4900. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/27618

Gouwtama, T., & Tambunan, D. B. (2021). Factors That Influence Reseller Purchasing Decisions. KnE Social Sciences, 2021, 239–245. https://doi.org/10.18502/kss.v5i5.8812

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang : UNDIP.

GoodStats, 20 April 2023, E-wallet Jadi Metode Pembayaran Terpopuler Di Indonesia,https://goodstats.id/article/e-wallet-jadi-metode-pembayaran-terpopuler-di-indonesia-2022-ini-potensinya-pada-2025-mendatang-Fonnm. 11 Desember 2024 Pukul 08.00

Hafifuddin, H., & Wahyudi, R. (2022). Analisis Persepsi Jamaah Masjid di Kecamatan Gondokusuman Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 5(2), 114-127.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2020). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.

https://www.shopeepay.co.id/

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). PENGARUH ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MOJOKERTO. Pembuat: Jurnal Manajemen , 6 (1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Irawanti, G. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND EXPERIENCE DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KECANTIKAN. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen d, 9(2), 182-192.an Kewirausahaan

Irwansyah, et al. (2021). Perilaku Konsumen. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN PEMBAYARAN DIGITAL GO-PAY. 8(021), 27–39.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2006. Prinsip- Prinsip PemasaranEdisis keduabelas Jilid 1. (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani, Eds.) (2006th ed.). ERLANGGA

Marsela, A. D., Nathanael, J., & Marchelyta, N. (2022). Penggunaan e-wallet sebagai kemajuan teknologi digital dalam menentukan preferensi masyarakat di Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 784-790).

Ma’ruf, A. (2016). Minat Penggunaan Produk E-Money di Kalangan Mahasiswa Yogyakarta (Analisis Faktor Pengaruh Berdasarkan Perspektif TAM dan TPB) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).

Nur Amanda Putri, A., & Bernarto, I. (2023). The Influence of Price Fairness, Promotion, and Perceived Ease of Use on the Repurchase Intention. MEC-J (Management and Economics Journal), 7(1), 77–90. https://doi.org/10.18860/mec-j.v7i1.19585

Pebrianti, P., & Novita, U. (2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Aplikasi Shopee di Kota Pekanbaru. Al-Manar Journal of Accountancy and Business Studies, 1(1), 32-45.

Pratiwi, M. T., Indriani, F., & Sugiarto, J. (2017), Analisis Pengaruh Technology Readiness terhadap Minat Menggunakan T-Cash di Kota Semarang, Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 26, No. 1, hlm. 76-88.

Prena, G. Das, Nasional, U. P., Hidup, G., & Dan, P. K. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan , Gaya Hidup , Persepsi Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Shopeepay. 22(2018), 142–155.

Putri, C. S. P., Handayani, J., & Agustinus, T. M. (2021). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Keunis, 9(2), 173-183.

Rahmawati & Yuliana. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet pada mahasiswa stie bank BPD Jateng. 2(2), 157–168.

Riduwan, E. A. K., & Kuncoro, A. (2012). Cara menggunakan dan memaknai path analysis (analisis jalur). Alfabeta

Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan dan keamanan terhadap minat menggunakan aplikasi ovo. IMAGE: Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53-62.

Sahat, D., Manalu, T., Pertanian Bogor, I., Nabila, A., Institut, A., Bogor, P., Nurul, A., Pertanian, I., Fitriyani, B., Khairunnisa, B., Institut, S., & Shafwa, M. (2024). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI di KOPI VOKASI. Jurnal Sains Student Research, 2(3), 248–257. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1344

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan menggunakan e-wallet dan persepsi manfaat serta promosi terhadap minat beli ulang saldo e-wallet Ovo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155-163.

Sholihah, R., & Dwi, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS).

Sivakumar, S. (2021). Application of Howard Sheth Model of Consumer Decision Making for the Purchase of a Television. SSRN Electronic Journal, 1–19. https://doi.org/10.2139/ssrn.3899873

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2019), Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, V. R., & Febriyantoro, M. T. (2021). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi keamanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan penggunaan e-money pada era cashless society. Fortunate Business Review, 1(2), 1-8.

Tanjaya, S. C., Mananeke, L. L., & Tawas, H. N. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan Dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape Di Instagram. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4)

U Usmadi. (2020). PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas. 7(1), 50–62.

Wicaksana, I., Febrinata, A., Trihasta, D., & Fajaryanti, J. (2008). VoIP and Conventional PABX together based on Open Source Asterisk. WOSOC 2008-Workshop on Open Source and Open Content, December, 1–3.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter