Dampak Kualitas Layanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di RSUD Otanaha Kota Gorontalo

Sheishe Oktaviani Basiru, Heldy Vanni Alam, Irwan Yantu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Dampak Kualitas layanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha Kota Gorontalo. Penelitian ini melibatkan 94 responden pasien yang ditentukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner (Angket). Teknik Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana dengan alat ukur bantu menggunakan Statistical Program For Social Science (SPSS).Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kualitas layanan memiliki dampak terhadap tingkat kepuasan pasien dengan nilai persamaan regresi  Ŷ = 6,309 + 0,578X. Hasil analisis koefisien determinasi R-square sebesar 0,850 atau 85% artinya dapat disimpulkan bahwa variabel tingkat kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh dampak kualitas layanan, sedangkan 15% lainnya dipengaruhi dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan pada hasil uji t-hitung untuk variabel Kualitas layanan sebesar 22,802 > t-tabel 1,661, dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien.

 

Kata Kunci: Kualitas layanan; Tingkat Kepuasan Pasien

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andayani, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lahat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 15.

Dewi, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 535–536.

Djaali, P. D. H. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pt. Bumi Aksara.

Engkus. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Tata Kelola, 5(2), 100.

Hj. Wan Suryani. (2015). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Pirngadi Medan. Jurnal Implementasi Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 828.

Machmud, A. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Voice Of Midwifery, 10, 944.

Millah, H., & Suryana, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6, 136.

Nuzleha, R. R. S. B., & Ayu, M. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rs. Bahagia Makassar. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 5(1), 47–48.

Solichah Supartiningsih. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6, 11.

Th. A. Radito. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 15.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9822

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter