Pengaruh Norma Sosial dan Gaya Hidup terhadap Impulse Buying yang Dimediasi oleh Citra Merek
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh norma sosial terhadap Impulsive Buying Belanja Online (2) pengaruh gaya hidup terhadap Impulsive Buying Belanja Online (3) norma sosial dan gaya hidup yang dipengaruhi citra merek berdampak pada impulsive buying. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel merupakan generasi Z di Soloraya sebanyak 100 responden. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi: 1) impulsive buying sebagai variabel terikat (Y); 2) norma sosial (X1); 3) gaya hidup (X2) dan citra merek sebagai variabel intervening (Z). Data penelitian diperoleh menggunakan angket dengan skala likert yang diisi oleh responden. Data dianalisis menggunakan Penelitian ini menggunakan metode analisis dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan Software Smartpls. Model pengukuran PLS terdiri dari tiga elemen pokok yaitu model luar (outer model) dan model dalam (iner model). Hasil penelitian menunjukkan (1) norma sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying dengan hasil uji t sebesar 2,027 dengan signifikansi 0,043, (2) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan suatu usaha dengan hasil uji t sebesar 3,114 dengan signifikansi 0.002, dan (3) norma sosial dan gaya hidup yang dipengaruhi citra merek tidak berdampak signiffikan pada impulsive buying.
Kata kunci: Norma Sosial, Gaya Hidup, Impulsive Buying, Citra Merek
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andriyanto, D. S., Suyadi, I., & Fanani, D. (2016). Pengaruh Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying (Survey Pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 31(1), 42–49.
Arohman, & Nurani, A. (2018). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Lady Fame Shop (Studi Pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu) Tahun 2018. Jurnal Ekonomi Manajemen, 9(2), 24–34.
Bora, S. T., & Rahmawan, G. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Sosial, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tas Branded KW. Jurnal Ilmu Sosial, 5(2), 163.
Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. 1–153.
Damayanti, R. S., Sovitriana, R., Nilawati, E., & Widyayani, F. A. (2018). Konformitas Dan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresi Siswa SMK Di Jakarta Timur.
Damayanti, S., Poerana, A. F., & Lubis, F. M. (2022). Fenomena Belanja Online Di Kalangan Mahasiswa Para Pengikut Akun @Berburusale_. Media Bina Ilmiah, 16(10), 1–4.
Fasyni, A., Budiarti, A. P., & Lasmini, R. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Online Impuls Buying. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(2), 175. https://doi.org/10.26418/jebik.v10i2.47796
Faulina, A., Surya Dewi, R., & Arif, E. (2021). Fenomena Online Shopping sebagai Gaya Hidup dan Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(1), 46–59.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Fitri, W., Putri, J. S., & Elvina, S. N. (2022). Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Pengguna Shopee di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Al-Qalb, 13(2), 86–95.
Hafiza, N., Nur Arifia Shoffah, S., & Mataram, U. (2024). E-Commerce Memicu Maraknya Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa Universitas Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 26(1), 24–35. https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb■page24
Hasibuan, A. N., & Rambe, D. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender. Mediastima, 26(1), 84–116. https://doi.org/10.55122/mediastima.v26i1.15
Herlyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. ThaqÃfiyyÃT, 13(1), 188–204.
Imbayani, I. G. A., & Novarini, N. N. A. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. 3(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen
Itaqullah, N., Qalbi, L. S., & Isalman. (2023). Gaya Hidup terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Konsumen Marketplace.
Ittaqullah, N., Qalbi, L. S., & Isalman, I. (2023). Gaya Hidup terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Konsumen Marketplace. Jurnal Sublimapsi, 4(2), 349. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v4i2.39127
Jabat, D. E. B., Tarigan, L. L., Purba, M., & Purba, M. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 2(2), 16–21.
Jayanegara, B. P. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Belanja Online Di Blibli.com.
Kalonta, S., Pioh, R. J., Program, D. M., Ilmu, S., & Bisnis, A. (2023). Pengaruh Promosi Terhadap Impulse Buying Kolektor Merchandise KPop di Kota Jakarta. Productivity, 4(3).
Khasanah, S. H., Ariani, N., & Argo, J. G. (2021). Analisis Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Korelasi: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 394–411.
Kurnia, A., Rahmani, S., & Muharman, N. (2023). Pengaruh Diskon Dan Fitur Layanan Aplikasi E-Wallet Dana Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pada Generasi Z (Gen Z) Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK, 8(4). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP
Margie, M. W., Sari, D. K., & Indayani, L. (2024). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Suka Salad Sidoarjo. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SME’s), 3, 991–1008.
Noneng, Supatminingsih, T., Inanna, Hasan, M., & Dinar, M. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Melalui Online Shop pada Peserta Didik Kelas X Jurusan IPS di SMA Negeri 8 Makassar. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial, & Humaniora, 2(2), 94–104.
Novita Anggraini, L., & Kustiyah, E. (2019). PENGARUH KUALITAS, HARGA DAN CITRA PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Batik Surakarta). 7(1).
Nurtanio, I. N., Bursan, R., Wiryawan, D., & Listiana, D. I. (2022). The Influence of Shopping Lifestyle and Hedonic Shopping Motivation on Impulse Buying in Bukalapak E-Commerce (Study on Bukalapak Consumers in Bandar Lampung). Takfirul Iqtishodiyyah: Jurnal Pemikirann Ekonomi Syariah, 2(2), 1–28. http://ejournal.stisdulamtim.ac.id/index.php/JTI
Nuryani, S., Pattiwael, W. P., & Iqbal, M. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif pada Pengguna Aplikasi Tiktokshop. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 444. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.567
Pamekas, G., Rimadias, S., & Saad, B. (2019). Determinan Faktor Impulse Buying Platform E-Commerce. Jurnal Manajemen Dan Perbankan, 6(1).
Pertiwi, R. A., & Prasetya, B. P. (2024). Pengaruh Lifestyle, Diskon, dan Iklan Produk Fashion terhadap Impulse Buying pada Generasi Z di Yogyakarta melalui Media Tiktok Shop. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2752
Prastiyo, E. B. (2018). Pergeseran Norma Sosial Pada Remaja: Studi Pada Remaja di Kota Tanjungpinang. Urnal Sosiologi Reflektif, 12, 381–394.
Purnasari, A. C., & Rastini, N. M. (2018). Peran Kenikmatan Berbelanja Dalam Memediasi Kepribadian Terhadap Impulsive Buying. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 329–342. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i3.40
Putri, S. L. M., & Komalasari, S. (2023). Dibalik Klik: Memahami Motif Konsumtif Generasi Zdi Era Belanja Onlinedan Kebutuhan Psikologis Yang Tidak Terpenuhi. Jurnal Psikologi Jambi, 2, 1–0. https://orcid.org/0000-0001-8740-1664
Religia, Y. (2023). Sikap Konsumen Adalah Kunci: Bagaimana Niat Pembelian Online Di E-Commerce Terbentuk? Jurnal Soshum Insentif, 6(1). https://doi.org/10.36787/jsi.v6i1.947
Rohmah, R. S., & Martini, E. (2021). Analisis Niat Konsumen Dalam Menggunakan Qris Di Surakarta Berdasarkan Model Decompossed Theory Of Planned Behavior. E-Proceeding of Management, 8(3), 1.
Kuswati, Rini; SALEHA, Amalia. Antecedents of online purchasing behavior Antesenden perilaku pembelian secara daring. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, [S.l.], p. 39-48, dec. 2018. ISSN 2541-2604. Available at: . Date accessed: 26 july 2025. doi:https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.6655.
Safa, A. S., & Firmansyah, A. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN DISKON HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC DI TIKTOK SHOP (Studi Kasus pada Pelanggan Somethinc di Tiktok Shop).
Sari, M. M., Nengsih, T. A., & Syahrizal, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018-2019. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 137–151.
Sari, N. K. A., & Prianthara, I. B. E. (2024). Pengaruh Sosial, Materialisme, dan Impulse Buying terhadap Niat Membeli. Journal of Economics and Business, 8(2).
Sari, & Prianthara, I. B. T. (2024). Pengaruh Sosial, Materialisme, dan Impulse Buying terhadap Niat Membeli. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1727. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1628
Styadi, R. D., & Soekotjo, H. (2018). Pengaruh Citra Merek, Hedonic Shopping Motivation, Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(9).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed., Vol. 3). CV. Alfabeta.
Sukma, D., Suyadi, A. I., & Fanani, D. (2016). PENGARUH FASHION INVOLVEMENT DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING (Survey pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 31, Issue 1).
Sukmaningrum, S., & Rahardjo, M. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa Menggunakan Theory of Planned Behavior. Diponegoro Journal of Management, 6(3), 2337–3792.
Sumerta, I. K., Luh, N., & Indiani, P. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa Di Kota Denpasar. JAMBURA, 7(2), 815–821. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Sutedjo, A. S. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Serta Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Konsumen Belanja Online Shopee. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi Dan Manajemen Tri Bisnis, 3(2), 165–178. https://doi.org/10.59806/tribisnis.v3i2.40
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9, 113–123.
Utama, N. F., Santosa, N. S., Honesta, J., Sonbai, J. S. Y., Koesnadi, V. L., Jonathan, E., Marcia, F. A., & Ningsih, R. Y. (2024). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Generazi Z. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital (JMPD), 2(3), 218–226. https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3
Wijaya, T. A., Yaslim, N. P., Permatasari, A. M. P., Yosevina, G. R., & Mamahit, H. C. (2023). Penerimaan Diri Generasi Z Di Era Perkembangan Media Sosial. Psiko Edukasi, 21(1), 41–49. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4575
Wulandari, D. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif belanja online pada generasi Z di Kota Padang Prima Aulia. Jurnal Riset Psikologi, 5(4), 178–186.
Wulandari, N. (2024). Pengaruh Tingkat Literasi Ekonomi Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Melalui Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Uns. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2728–2734.
Yahmini, E. (2019). Kecenderungan Impulse Buying Padamahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga (Studi Kasus Mahasiswa di Lima Universitas Di Yogyakarta). EXERO Journal of Research in Business and Economics, 2(01), 2655–1527. https://doi.org/10.24071/exero.2019.02.01.03
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9827
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional