Pengaruh E-Marketing dan Periklanan Terhadap Keputusan Konsumen Menginap Pada Hotel Santika
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-marketing dan periklanan terhadap keputusan konsumen menginap pada Hotel Santika Makassar. Penelitian ini mengambil data pada Hotel Santika Makassar dengan populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang pernah menginap di Hotel Santika Makassar. Data penelitian akan diukur dengan beberapa tahapan analisis seperti uji validitas, uji reliabilitas, ujui liniearitas, uji normalitas. Hipotesis yang diajukan dalam studi ini diuji menggunakan metode regrsi berganda. Selanjutnya dilkukan uji koefisien determinasi, uji simultan (uji-f), dan uji parsial (uji-t). bahwa e-marketing dan periklanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen menginap pada Hotel Santika Makassar. Dari hasil pengujian koefisien regresi maka diperoleh hasil bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen menginap pada Hotel Santika Makassar adalah periklanan, alasannya karena memiliki nilai koefisien regresi dan nilai thitung yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel e-marketing
Kata Kunci: E-marketing, Periklanan, Keputusan.
Abstract
This study examines the effect of e-marketing and advertising on consumer decisions to stay at Hotel Santika Makassar. This study takes data at the Hotel Santika Makassar, with the research population being all consumers who have stayed at the Hotel Santika Makassar. Research data will be measured by several stages of analysis such as validity test, reliability test, linearity test, normality test. The hypotheses proposed in this study were tested using the multiple regression method. Furthermore, the coefficient of determination test, simultaneous test (f-test), and partial test (t-test) were carried out. That e-marketing and advertising have a significant influence on consumer decisions to stay at Hotel Santika Makassar. From the regression coefficient test results, it is obtained that the most dominant variable influencing consumer decisions to stay at the Hotel Santika Makassar is advertising; the reason is that it has the most significant regression coefficient and count value compared to the e-marketing variable..
Keywords: E-marketing, Advertising, Decision.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Bursan, Rinaldi. (2009). Tanggapan Konsumen Atas Bauran Pemasaran Rokok Sampoerna A Mild. Jurnal Bisnis dan Manajemen. (6)1. 84-99
Kertajaya, Hermawan, 2000. Marketing Plus 2000, Siasat Memenangkan Persaingan global. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 1. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran 2. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1. Alih Bahasa Benyamin Molan. Penerbit PT Indeks: Jakarta.
Kotler, P. & Keller, K.L (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jilid 2. Alih Bahasa Benyamin Molan. Penerbit PT Indeks: Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Saladin, Djaslim. (2007). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung : CV Linda Karya
Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor. Ghalia Indonesia.
Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset
Umar, Husein. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Umar, Husein. (2002). (2005). Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.986
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional