PENGARUH PROFESIONALISME, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI DI KECAMATAN BACUKIKI KOTA PAREPARE
Sari
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survei. Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh profesionalisme, kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SD negeri di Kecamatan Bacukiki. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Bacukiki. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive yang dimana peneliti mengambil sampel sesuai kebutuhan. Analisa data menggunakan uji regresi berganda. Hasil Uji T menunjukkan bahwa Profesionalisme dan Motivasi Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Selain itu, Uji F menunjukkan bahwa profesionalisme, kecerdasan emosional dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru.
Kata kunci : Profesionalisme, Kecerdasan Emosional, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Abstract
This research is a quantitative study using a survey research design. The research objective was to examine and analyze the effect of professionalism, emotional intelligence and work motivation on teacher performance in public elementary schools in Bacukiki sub-district. The population used in this study were all public elementary school teachers in Bacukik sub-district. The sample was determined by using a purposive technique in which the researcher took the sample as needed. Data analysis using multiple regression test. The results of the T test show that professionalism and work motivation have a significant effect on teacher performance, while Emotional Intelligence does not have a significant effect on teacher performance. In addition, the F test shows that professionalism, emotional intelligence and work motivation simultaneously influence teacher performance.
Keywords : Professionalism, Emotional Intelligence, Work Motivation, Performance Teacher
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bnadung: Alfabeta Bandung
Syahrum, Syahruddin Usman, Nur Yamin (2019) Pengaruh profesionalisme guru dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Manajemen Pendidikan - Vol. 14, No. 1, Juli 2019: 38-44
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Uno, B. Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Usman, Nasir. 2008. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung: Mutiara Ilmu
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.991
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional