Penilaian Kinerja Dosen oleh Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Daring Terkait Sistem Penjaminan Mutu di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar

Muhammad Ihsan HM Baso, Helmy Syamsuri

Sari


Dalam meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar diantaranya dilakukan penilaian mahasiswa terhadap dosen dalam proses pembelajaran daring sehingga sistem manajemen mutu dapat berjalan secara efektif dan berkelanjutan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja dosen khususnya dosen tetap Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar T.A.2020/2021 dalam proses pembelajaran daring, dengan metode survey menggunakan skala likert yaitu berupa indeks kepuasan mahasiswa diukur dengan rentang (skala 1-4) yang selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik deskriptif sederhana. Secara keseluruhan, menunjukkan bahwa kinerja dosen 60% baik, dan baik sekali 40%. Jadi secara umum mahasiswa sudah merasa puas dengan kinerja dosen Program Studi Akuntansi.

Kata Kunci : Kinerja Dosen, Proses Pembelajaran Daring, Sistem Penjaminan Mutu.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep Dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Mangkunegara,P.A.A.A. (2016). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.

Mubarok, E. (2017). Manajemen sumber Daya Manusia (Pengantar Keunggulan Bersaing). Bogor: In Media.

Sulastri, T. (2016). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 10(2):167-184. Retrieved from http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/optimal/article/view/73/43 .

Uluputty, N. F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Budaya Akademik dan Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Point: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 1(2), 22-30. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/point/article/view/387 .

Kevin M. Elliott & Margaret A. Healy. (2001). Key Factors Influencing Student Satisfaction Related to Recruitment and Retention, Journal of Marketing for Higher Education, 10(4), 1-11, DOI: https://doi.org/10.1300/J050v10n04_01 .

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v6i2.1343

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics