Kepuasan Pelanggan: Peran Nilai Pelanggan, Citra Merek dan Kualitas Produk.
Sari
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan, citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan HP Samsung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik Non probability Sampling dan menggunakan google form sebagai media dengan metode kuesioner. Analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji instrumen penelitian menunjukkan semua indikator valid dan semua variabel reliabel. Berdasarkan analisis regresi berganda diperoleh hasil: (1) nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Nilai Pelanggan, Citra Merek, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan.
Abstract
This study was conducted to analyze the effect of customer value, brand image and product quality on customer satisfaction of HP Samsung. The sample in this study amounted to 100 respondents with the sampling method using the non-probability sampling technique and using google form as a medium with the questionnaire method. The analysis of this research uses multiple linear regression analysis. The results of the research instrument test show that all indicators are valid and all variables are reliable. Based on multiple regression analysis, the results obtained are: (1) customer value has a positive and significant effect on customer satisfaction (2) brand image has a positive and significant effect on customer satisfaction (3) product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction.
Keywords: Customer Value, Brand Image, Product Quality and Customer Satisfaction
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Afidatur Ro’azah. (2021). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Apriyani, D., & Sunarti. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 51(2), 1–7.
Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.
Firmansyah. (2016). Faktor Kepuasan Pelanggan. Faktor Kepuasan Pelanggan, 18–38.
Fitriani, A., Lukiana, N., & Kasmin, K. (2018). E-ISSN :2622-304X , P-ISSN : 2622-3031 Available online at: http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress. Proceedings, 1(1), 360–371.
Hildayanti, S. K., Marnisah, L., & ... (2018). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Asuransi Kresna Mitra Tbk Cabang Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi …, 9(1), 61–70.
Ii, B. A. B. (2021). Bab ii tinjauan pustaka 2.1. 11–22.
Iskandar, V., & Dendy, A. K. (2013). Analisa Pengaruh Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alex ’ s Salon Darmo Park. Manajemen Perhotelan, 2010, 204–214.
Jannah, M., Syarief, M., & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Customer Value Terhadap Kepuasan Pengguna Smartphone Blackberry Gemini Curve 8520 (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 20–31.
Nurhalimah, N., & Nurhayati, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SAUNG MANGLID. P - ISSN : 2503-4413 E - ISSN : 2654-5837, Hal 1 - 5. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 6, No. 2 September 2019, 6(2), 1–5.
Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p19
Sianipar, G. J. . (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi Pada Pelanggan GrabBike Di Kota Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19, 183–196. https://doi.org/10.54367/jmb.v19i2.576
Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 157–168. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1236
Suhartono, S., Nur Azizah, E. P., Hakim, L., & Hartanti, H. (2019). Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pelanggan Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Pada Stasiun Pasar Senen (Studi Kasus: Ka Progo Pasar Senen-Lempuyangan Kelas Ekonomi). Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 5(3), 262–273. https://doi.org/10.26618/kjap.v5i3.2574
Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169
Alma, &. T. (2010). Pengertian harga. Jakarta: Erlangga.
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah. Jakarta: PT Elex.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jonathan, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Keller, K. d. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. d. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2108
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.