Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy

Arga Naafi Pratama, Kristina Anindita Hayuningtias

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (studi pada pengguna sepeda motor Honda Scoopy di Semarang). Populasi pada penelitian ini yaitu pengguna sepeda motor Honda Scoopy di Semarang. Sampel yang diambil oleh peneliti pada penelitian ini berjumlah 100 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel menggunakan kriteria tertentu. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dengan loading factor, uji reliabilitas dengan alpha cronbach, uji F, koefisien determinasi (R2). Regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji T). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : Iklan, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


A. Shimp, Terence. 2000. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Ke-5. Jakarta : Erlangga

Amstrong Gary & Philip Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1. Alih Bahasa. Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta : Prenhalindo

Arnanto, Handy. 2017. Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 6 No.9

Bisri Mustofa. 2009. Pedoman Menulis Proposal Skripsi dan Tesis. Yogyakarta

Fajriyan, Rdidwan Hadi. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jakarta : Universitas Trilogi

Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Badan Penerbit IPWI

Hendrayani, Lin & Rahmat Catur Satrio. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha. JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Auditing, Bisnis, dan Akutansi) Vol 6 No. 2

Indah Sari, Puspa. 2021. Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Yakult . NEGOTIUM : Jurnal Ilmu Administrasu Bisnis. Vol 4 No. 1 80-97

Jananuraga, Putu Galih & Ni Putu Nina Eka Lestari. 2020. Iklan, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 17 No. 1

Komang Agus Ardi Ary Wibawa. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. E-Journal Bisa Universitas Ganesha Jurusan Manajemen. Vol. 4

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Marketihandong Management. Edisi 14. New Jersey : Prentice-Hall Published

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan A,sKotler, Philip dan Amstrong Gary. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

P.E.Rumondor, A.L.Tumbel, F. Roring. 2019. Analisis Pengaruh WORD OF MOUTH, Iklan dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Yamaha Mio Pada Kalangan Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA Vol.7 No. 2 Hal. 2571-2580

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Rizky Desty & Donant Alananto Iskandar. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB). Vol. 3 No. 1 11-18




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.2182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics