Pengaruh Promosi Melalui Instagram dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas di Toko Faiswi Kabupaten Wajo
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi melalui instagram dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan di Toko Faiswi Sengkang Kabupaten Wajo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi adalah konsumen Toko Faiswi Sengkang sebanyak 840 orang dalam satu bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling dengan jumlah sampel 89 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengaruh promosi melalui instagram terhadap loyalitas pelanggan di toko Faiswi Sengkang Kabupaten Wajoadalah berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikan 0,033 < 0,05 (2) Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan adalah berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 (3) Secara simultan variabel promosi dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Keywords: Promosi melalui instagram, kepuasan konsumen, Loyalitas
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Anggraeni. 2019. Pengaruh Pelayanan dan Promosi terhadap Minat KunjungKembali Wisatawan dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening pada Wisata Pemancingan Dewandaru Kecamatan Gunung pati Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Walisongo. Semarang
Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balakrishnan, Bamini KPD., Dahnil, Mohd Irwan., Yi, Wong Jiunn. 2014. The Impact of Social Media Marketing Medium Toward Purchase Intention and Brand Loyalty Among Generation Y. Procedia - Social and Behavioral Sciences 148 ( 2014 ) 177 – 185.
Barati, M., Jafari, D., Moghaddam, S.S., 2016. Investigating the Effect of Types of Relationship Marketing in Customer Loyalty by using Structural. Equation Modeling (SEM) (Case Study Mellat Bank Branches of Tehran. International Journalof Humanities and Cultural Studies (IJHCS). Vol. 2.
Bilika, F., Safari, M., Mansori, S., 2016. Service Quality and Customer Satisfactionin Mozambique Banking System. Journal of Marketing Management and Consumer Behavior. Vol. 1.
Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi 7.Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles Of Marketing .12th Edition. Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta :Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2011. Marketing Management.14th Edition. Pearson Education Limited.
Nurdiansyah, N. . A. J. R. ., Azis, A. ., & Rauf, R. (2022). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi. SEIKO : Journal of Management & Business 5(1), 442–449.
Ramadhani, W.S., 2020. Pengaruh Social Media, Servicescape Dan Customer Experience Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Rumah Pohon Habitat Pamah Semelir Kabupaten Langkat. Tesis: Universitas Sumatera Utara. Medan
Saradisa, Catrina Nora. 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 4, No. 11, 1-17
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suwono, L.V., Sihombing, S.O., 2016. Factors Affecting Customer Loyalty of Fitness Centers: An Empirical Study. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 7, 45–55
Tjiptono, Fandi. 2010. Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2191
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.