Keputusan Pembelian : Peran Kualitas,Produk,Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Sepatu Vans (Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang)

Erlanda Vauzand, Euis Soliha

Sari


Abstrak
Penggunaan sepatu vans sebagai kebutuhan penting bagi masyarakat salah satunya mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa terkait dengan pengaruh kualitas produk, citra merek dan persepsi harga sepatu vans terhadap keputusan pembelian. Melihat larisnya pasar yang diciptakan oleh sepatu vans membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Objek penelitian sebanyak 165 orang pengguna produk vans yang berada di Universitas Stikubank Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan dalam proses analisisnya menggunakan metode analisis regresif dan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dalm penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga
Abstract
The use of vans shoes is an important need for the community, one of which is students. The purpose of this study was to analyze the influence of product quality, brand image and perception of the price of vans on purchasing decisions. Seeing the best-selling market created by vans shoes made researchers interested in conducting this research. The research object is 165 vans product users who are at the University of Stikubank Semarang. This study uses quantitative research and in the process of analysis using regressive analysis methods and descriptive analysis. The data collection method in this study used a questionnaire distributed online. The results showed that product quality had no effect on purchasing decisions, while brand image and price perceptions had a positive and significant effect on purchasing decisions.

Keywords: Product quality, brand image, perception of the price

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andi Nanna Binti Andi Amir,Muhammad Yusuf Saleh ,Syamsuddin Jafar (2019). Pengaruh

citra merek, harga, kualitas produk Terhadap keputusan pembelian smartphone samsung di kota makassar. Economics Bosowa Journal. Vol. 5. Juni (2019). Universitas Bosowa.

Ananta, r. D. (2018). Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan

pembelian yang dimediasi oleh citra merek(studi pada pengguna motor yamaha r15 di yogyakarta).

Dedy Prasetiyo & Widiartanto (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap

keputusan pembelian mobil merek toyota avanza pt.nasmoco gombel semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 9. 30 November 2020. Universitas Diponegoro.

Dewi Rosa Inda , Iza Afalia , Zenitha Maulida (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas

Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis.(2019). Universitas Samudra.

Diana sarah ahsan (2020). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap

keputusan pembelian produk yakult. Jurnal Academia. DOI:10.30595/jssh.v1i1.1336. 28 September (2020).Universitas Trilogi.

Kotler, Kotler, Philip. (2000). Marketing Management, The Millennium Edition, Prentice

Hall International, Inc., New Jersey.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan

Pengendalian, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Krisnawati, Novik Dan Dr Mahmud,Mm (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan

Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen,Jurnal Eprints Dinus. 13 Dec (2017).

Universitas Dian Nuswantoro.

Kurniawan, Rizky. 2020. “Pembelian Smartphone Xiaomi ( Studi Kasus Pada Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Surakarta ).”

Nia Rahma Astuti, Andri Nurtantiono (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan merek

terhadap keputusan pembelian hand sanitizer nature leaf pada remaja di Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 4 No. 1 Januari 2021. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta.

Nurul fatmawati. Euis soliha (2017). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga

terhadap proses Keputusan pembelian konsumen sepeda motor matic “honda” . Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan Vol. 10. 21 July 2017. Univesitas Stikubank.

Ratnasari, Maria Dewi. (2014). “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap

Keputusan Pembelian Blackberry (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 FISIP Universitas Diponegoro Semarang)”. Jurnal Sosial dan Politik. Hal 1-6. FISIP Universitas Diponegoro

Sakti Riana Fatmaningrum, Susanto, & Muinah Fadhilah (2020). Pengaruh Kualitas Produk

Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea .Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 04. 13 Januari 2020. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi,Kualitas Layanan, Dan Kemudahan

Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen.Vol.5. 2 Oktober 2016. Universitas Budi Luhur.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.2223

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics