Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kamar pada Hotel Maxone Makassar

Abdul Haris

Sari


Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk terhadap peningkatan volume penjualan kamar pada Hotel MaxOne Makassar. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap peningkatan volume penjualan kamar pada Hotel MaxOne Makassar. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tempat terhadap peningkatan volume penjualan kamar pada hotel MaxOne Makassar 4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi terhadap peningkatan volume penjualan kamar pada hotel MaxOne Makassar. Penelitian di lakukan di Hotel MaxOne Makassar. Penentuan besarnya jumlah sampel dari populasi yang telah diketahui dapat ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Jenis dan sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Untuk menghasilkan data yang akurat, maka penulis melaksanakan penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variabel produk, harga, lokasi dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan kamar pada hotel MaxOne makassar. 2) Produk, harga, lokasi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan kamar hotel MaxOne Makassar.

Keywords:
Bauran Pemasaran, Harga, Produk, Promosi, Tempat, Volume Penjualan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ali, M. T. R., & Khuzaini, K. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1114/1132

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213

Asral, A., & Djumarno, D. (n.d.). Pengaruh Produk, harga, lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Greenhill Residences Jati Asih Bekasi. Swot, 7(1), 279563. https://caritulisan.com/media/279563-pengaruh-produkhargalokasi-dan-promosi-t-ea6e942f.pdf

Daironi, I. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Perumahaman Di Wilayah Gentan Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/49486/

Haryanto, R. A. (2013). Strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran McDonald’s manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2923

Išoraitė, M. (2016). Marketing mix theoretical aspects. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(6), 25–37. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.2016.2633

Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3). https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5802

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2010–2014. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 41–59. http://dx.doi.org/10.36080/jak.v5i2.405

Memah, D., Tumbel, A., & Van Rate, P. (2015). Analisis strategi promosi, harga, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah di citraland manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.8285

Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90–108. dx.doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006

Satria, A. A. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45–53. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436

Supriyono, K., & Leonardo Budi Hasiolan, M. (2015). Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah pada perumahan bukit semarang baru (bsb) city di semarang. Journal Of Management, 1(1). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/263

Tresnanda, D. A., & Arifin, Z. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Survei pada Konsumen Perumahan BluKid Residence Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1). https://caritulisan.com/media/79221-ID-pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-keput.pdf

Zainudin, R., Mahdzan, N. S., & Yet, C. H. (2018). Dividend policy and stock price volatility of industrial products firms in Malaysia. International Journal of Emerging Markets. https://doi.org/10.1108/IJoEM-09-2016-0250




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i2.2605

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics