Diklat, Kepemimpinan, dan Kompensasi terhadap Motivasi Kerja pada Kantor Otoritas

Ruslan Ruslan, Gunawan Bata Ilyas, Hasmin Tamsah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju. Yang menjadi objek penelitian ini adalah pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju. Untuk memperoleh data yang mendukung penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuesioner dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 75 orang pegawai. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan Model regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju. 2) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju. 3) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju. 4) Gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju.

Kata Kunci : Gaya kepemimpinan, budaya organisasi, lingkungan kerja, kinerja pegawai

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


REFERENSI

Chatab, Nevizond. 2007. Diagnostic Management. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Djuremi., Leonardo Budi H., dan Maria Magdalena M. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pasar Kota Semarang. Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.

Hersey, Paul. 2004. Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Penerjemah Agus Dharma Erlangga, Jakarta

Triseptya, G. N., Pagalung, G., & Indrijawati, A. (2017). PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KOMITMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI MODERASI. SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 36-46.

John, Ivanceivich M, 2006, Perilaku Dan Manajemen Organisasi, Erlangga, Jakarta

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraini. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekanbaru: Yayasan Aini Syam.

Roscahyo, A., Prijati. (2013) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada Rumah Sakit Siti Khodijah Sidoarjo. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No. 12.

Siagian, P. Sondang. 2006. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Simamora, Henry. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 2. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sofyang., A. R. Panangrangi., dan Gunawan. 2017. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Keterampilan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, Volume 2 Nomor 1, Oktober 2017.

Suminar, A. Cahyo., M. Djudi M., dan Ika R. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Kasus pada Karyawan Bagian Produksi PT Essentra Indonesia, Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 26 No. 2 September 2015.

Susetyo, Widyanto E., A. Kusmaningtyas., dan Hendro T. 2014. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Divisi Konsumer Area Cabang Surabaya. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen April 2014, Vol. 1 No.1. hal. 83 – 93.

Syah, Awaluddin., Mattalatta., dan Gunawan B.I. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Mutasi, Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Distrik Navigasi Kelas I Makassar. Jurnal Mirai Management, Volume 2 Nomor 2.

Tahir,Arifin. 2014. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Alfabeta. Bandung

Wahab., Hasmin T., dan Abdul R. Munir. 2017. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, Volume 2 Nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v3i2.268

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics