Pengaruh Flash Sale Dan Citra Merek Terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Lazada
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh flash sale dan citra merek terhadap pembelian impulsif pada Marketplace Lazada. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji f dengan menggunakan analisis regresi berganda. Obyek penelitian adalah mahasiswa jurusan Administrasi dan Bisnis pada Politenik Negeri Ambon sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flash sale dan citra merek berpengaruh postif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada marketplace Lazada. Jika dilihat dari uji parsial, variabel Flash Sale memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap pembelian impulsif pada Marketplace Lazada, dibandingkan variabel citra merek.
Kata Kunci : Flash Sale, Citra Merek, Pembelian Impulsif
Abstract
This study aims to analyze the effect of flash sales and brand image on impulse purchases on the Lazada Marketplace. The data analysis method used is t test and f test using multiple regression analysis. The object of research is 100 students majoring in Administration and Business at the Ambon State Polytechnic. The results showed that flash sales and brand image had a positive and significant effect on impulsive purchases on the Lazada marketplace. When viewed from the partial test, the Flash Sale variable has a greater influence on impulsive purchases on the Lazada Marketplace, compared to the brand image variable.
Keywords: Flash Sale, Brand Image, Impulsive Purchase
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Andarini, S. (2021). Pengaruh Flash Sale dan Cashback Terhadap Perilaku Pembelian impulsif Pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1).
Bandyopadhyay, N., Sivakumaran, B., Patro, S., Kumar, R. . (2021). Immediate or delayed! Whether various types of consumer sales promotions drive pembelian impulsif?: An empirical investigation. Journal of Retailing and Consumer Services. https://doi.org/doi:10.1016/j.jretconser.2021.102532
Bayley, G. and Nancarrow, C. (1998). Impulse purchasing: a qualitative exploration of the phenomenon. Qualitative Market Research: An International Journal, 1(2), 99–114.
Beatty, S. E., and Ferrell, M. E. (1998). Pembelian impulsif: modeling its precusors. Journal of Retailing, 74(2).
Crafts, C. E. (2012). Pembelian impulsif on the Internet.
Emor, R. Y., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh potongan harga, citra merek, dan servicescape terhadap keputusan pembelian konsumen Indomaret Tanjung Batu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).
Fernanda, M. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7–12.
Hotimah, S. H. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek dan Pembelian impulsif pada Konsumen Oriflame Di Jember.
Husnain, M., dan M. W. A. (2016). Impact of Branding on mpulse Buying Behavior: Evidence from FMCG’s Sector Pakistan. International Journal of Business Administration, 7(1).
Husnul, H. S., Bambang, I., & Andi, S. R. (2017). The Impact of Product Quality, Promotion and Citra merek on Brand Loyalty and Pembelian impulsif Consumer Oriflame in Jember. International Journal of Business and Management Invention, 1(5).
Kannan, N., Babu, K., Hu, Y. J., & Narasimhan, S. (2016). Social Media, Flash Sales, and the Maker Movement: An Empirical Analysis.
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Management (15 th Edit). Pearson Education, Inc.
Kruszka, A. (2012). Why did I just buy that? A Look at Impulse Buying in the Atmosphere of Daily Deals.
Luthfi, M. M. (2018). Mengenal Apa itu Perbedaan Marketplace dan E-commerce. Idcloudhost.Com. www.idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-perbedaan-marketplace-dan-e-commerce/
Ningsih, D. (2018). Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Pembelian impulsif Secara Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Tulungagung. IAIN Tulung Agung.
Parmar, V., & Ahmed, R. R. (2017). Factors Influencing Pembelian impulsif Behavior. European Journal of Scientific Research, 67–79.
Persson, N. (2010). An exploratory investigation of the elements of B2B Citra merek and its relationship to price premium. Industrial Marketing Management, 1269–1277.
Piccoli, G., & Dev, C. S. (2012). ). Emerging Marketing Channels in Hospitality: A Global Study of Internet-Enabled Flash Sales and Private Sales.
Putri, V. M. (2019). Begini Kebiasaan Belanja Orang Indonesia Saat Harbolnas. Www.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4434876/begini-kebiasaan-belanja-orang-indonesia-saat-harbolnas
Safa’atillah, N. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Price Discount ,Bonus Pack Dan Citra merek Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Pembelian impulsif Pada Produk Oriflame Di Kota Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen.
Savannah, W. S., & Ming, C. (2015). Would you snap up the deal? A study of consumer behavior under flash sales. International Journal of Market Research, 6.
Syaiful, S. (2012). Supervisi Pembelajaran. Alfabeta.
Syastra, M. T., & Wangdra, Y. (2018). Analisis Online Pembelian impulsif dengan menggunakan Framework SOR. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 133–140.
Verhagen, T., & Dolen, V. W. (2011). The influence of online store beliefs on consumer online pembelian impulsif:A model and empirical application. Information and Management, 320–327.
Zakiyyah, A. M. (2018). ). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online pada Toko Online “Pulchragallery.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1).
Zhang, M., Cheng, T. C., & Du, J. (2018). Advance selling of new products to strategic consumers on flash sale platforms. International Journal of Logistics Research and Applications, 21(3), 318–331.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2742
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.