Pengaruh Kepribadian Dan Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa
Sari
Kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan perusahaan dengan memberikan pelayanan yang baik, sehingga barang dan jasa yang dihasilkan dapat memberikan manfaat dan kepuasan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pegawai sebagai sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi yang memiliki kepribadian baik yang dapat memberikan pelayanan. Penelitian ini dilakukan di Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Islam Kalimantaan Muhammad Arsyad AL Banjari Banjarmasin. Populasi diambil dari mahasiswa semester akhir fakultas ekonomi dengan jumlah sampel sebanyak 109 orang. Penelitian ini menggunakan skala pengukuran Liket 1-5 Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner langsung berupa kuesioner yang diolah dengan bantuan SPSS Versi 25. Data yang diolah menghasilkan bahwa kepribadian mempunyai pengaruh yang positif dan juga signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.Dan begitu juga dengan varibel X2 (Kualitas pelayanan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Secara simultan baik variabel X1 (kepribadian) maupun X2 (kualitas pelayanan) berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Kepribadian, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
A Buchari ·2018. (2018). Birokrasi (Kajian Konsep,Teori Menuju Good Governance) (B. Rahman, R. Kurniawan, & H. Iskandar (eds.); Cetakan Pe). UNIMAL PRESS. https://stianasional.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/Birokrasi.pdf
Agung, D., Arianto, N., & Choliq, A. (2019). Pengaruh Kepribadian Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Starwood Furniture Indonesia. Bisnis & Entrepreneurship, 13(1), 25–34.
Alfajar, F., Mustainah, Tawil Muzakir, & Polii, J. je. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makassar Jeans House Kota Palu. e-journal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/157
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Cet.VIII). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayDate.aspx?pld=218217&RegionCode=UN11MAR&PClientid=112
Griffin, R. W., & Moorhead Gregory. (2014). Organizational Behavior:Managing People and Organizations (11th ed.). South-Western/Cengage Learning.
Indrastuti, S. (2021). Pengaruh Kepribadian terhadap Kinerja Karyawan dengan Variabel Intervening Kompetensi Karyawan Pada Mutiara Merdeka Hotel Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2), 98–107. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat
Lubis, A. S., Andayani, R., Bisnis, P. A., Politeknik, T., & Batam, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo BataM. Journal of Business Administration, 1(2), 232–243.
Mahardika, R. (2017). Pengaruh Gaya Hidup,Kepribadian,Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian (Studi Konsumen Sepeda Motor Kawasaki di Kabupaten Kudus) [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/30683/1/7311413135.pdf
Mardah, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN (Studi Kasus pada Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru). Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 78. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i2.5299
McCrae.Robert R, & John.Oliver P. (1992). An Introduction to the Five-Factor Model and Its Applications. Journal of Personality.
Ningsih, S., & Rijanti, T. (2021). Pengaruh kepribadian,work-life balance,dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja. Jurnal Manajemen, 13(2), 315–323. journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/9684/1334
Ricardianto.Prasadja. (2018). Human Capital Management. CV In media.
Robbins, S. P., Iskandarsyah, T., & Pujaatmaka, H. (1996). Perilaku Organisasi:konsep,kontroversi,aplikasi. Prenhallindo.
Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307
Sediawan, R. (2015). Analisis Dalam Menciptakan Kualitas Pelayanan Untuk Mengarah Pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 1–9. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/197/165
Setiyati, R. (2013). Analisis Persepsi dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik di Universitas Indonusa esa unggul,Jakarta. Forum Ilmiah, 10(1), 48–63. digilib.esaunggul.ac.id/persepsi-dan-kepuasan-mahasiswaterhadappelayanan-administrasi-akademik-di-universitas-Indonesia-esa-unggul-jakarta-4516.html
Sulistyawati Ni Made A., & Seminari.Ni K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Junal Manajemen Ubud, 4(8), 2318–2332. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/12882
Sya’baniah, S. I., Saryono, O., & Herlina, E. (2019). Pengaruh Sikap Dan Kepribadian Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Dinas Sosial Kabupaten Ciamis). BUSINESS MANAGEMENT AND ENTREPRENEURSHIP JOURNAL, 1(4), 162–177. jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2358
Tasunar, N. (2006). Kualitas Pelayanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan Pada Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Moro Demak. In Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Vol. 5, Issue 1, pp. 41–62). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/14007/10601
Tirtawati, A. A. R. (2014). Teori Kepribadian Manusia (Study tentang Kepustakaan). In WIDYASRAMA, Majalah Ilmiah Universitas Dwijendra (pp. 58–73). UNIMAL PRESS. 361-Article Text-672-1-10-20170614.
Weningtiyas, E., & Ni’mah, M. (2012). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Psikologika, 17(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/psikologika
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja (Ketiga). Rajawali Press.
Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja (keempat). Rajawali Press.
Widi, R. (2011). Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic (J.K.G. Unej), 8(1), 27–34.
Widyahastuti, R., & Anwar, Z. (2018). Effect Of Personality (Big Five Personality) To Multitasking. 133, 230–236. https://doi.org/10.2991/acpch-17.2018.48
Yolanda, E. S., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Komunikasi Dan Kepribadian Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Desa Driyorejo. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia,Administrasi Dan Pelayanan Publik, IX(3), 518–535. https://doi.org/https://doi.org/1037606/publik.v913.359
Yusuf Hamali, A. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia:Strategi Mengelola Karyawan (B. Seda (ed.); cetakan ketiga). CAPS (Center For Academic Publishing Server.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.2790
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.