Pengaruh Brand Awareness, Keunggulan Produk Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bank Nagari Cabang Lubuk Buaya Padang

Elsa Yuli Ratna Sari, Lidya Martha

Sari


The purpose of this study was to test brand awareness, product superiority and trust in customers' interest in saving at Bank Nagari Branch Lubuk Buaya, Padang. This type of research is quantitative research. This research was conducted at Bank Nagari Branch Lubuk Buaya, Padang. The sampling method used the accidental sampling method with the slovin formula of 98 respondents. Data analysis techniques used were validity, reliability, descriptive analysis, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple regression analysis, and t test. The results showed that brand awareness, product superiority and trust had a positive and significant effect on the customer's saving intention at Bank Nagari Branch Lubuk Buaya,Padang.

Keywords: brand awareness, product excellence, trust and customer interest in saving.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


A.Rusdiana. 2014. Kewirausahaan Teori Dan Praktek. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Aaker. 2016. Manajemen Pemasaran Strategi. Jakarta: Salemba.

Adji, Jennifer, and Hatane Semuel. 2014. “Pengaruh Satisfication Dan Trust Terhadap Minat Beli Konsumen (Purchase Intention) Di Starbucks The Square Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2(1):1–10.

Agusli, D., and S. Kunto. 2013. “Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2(1):1–8.

Akbar, Mohammad Muzahid, and Noorjahan Parvez. 2009. “Impact of Service Quality , Trust , and Customer Can Service Quality , Trust , and Customer Satisfaction on Customers Loyalty Satisfaction Engender Customers Loyalty ?” ABAC Journal 29(1):24–38.

Anwar, Syeq tariq. 2013. “Company Slogans, Morphologicalissues, and Corporate Communications.” International Journal 3:360–74.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aziz, Nazzarudin, and Vito Shiga Hendrastyo. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Cabang Ulak Karang Kota Padang.” Jurnal Pundi 3(3):227. doi: 10.31575/jp.v3i3.183.

Damayanti, Riska. 2017. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Mitra 1qra’ Plus Pada Ajb Bumiputera 1912 Syariah Cabang Lemabang Palembang.” Uin 210093.

Delgado, Muneura, and Yague. 2003. “Development Anda Validation Brand Trust Scale.” International Journal Of Market Research 45(1):35–54.

Dewi, Dewa Ayu Diah Paramita, and I. Made Jatra. 2018. “Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7(8):4599–4627. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p17.

Diponugroho, Andrawan, and Suryono Budi Santoso. 2015. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kemampuan Inovasi Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Daya Tarik Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Parlour Café Semarang).” Diponegoro Journal of Management 4(3):1–9.

Drajat, and Santosa. 2001. “Analisis Pengaruh Atribut Produk Dan Promosi Terhadap Persepsi Kualitas Motor Merek Millenium (Produk Motor Cina).” Jurnal Bisnis Strategi 6(4):47–57. doi: 10.14710/jbs.6.4.47-57.

Fajariah dan Nuraidya. 2015. “Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pengguna Seluler Indosat Generasi Y Di Kota Malang).” Tesis. Malang.

Farida Jasfar. 2009. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Febriani, Nufian S., and Wayan Weda Asmara Dew. 2018. Teori Dan Ptaktis : Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Ferdinand, Agusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Haidari, M. Balya, and Kartika Gianina Tileng. 2018. “Analisa Faktor-Faktor Berpengaruh Pada Penggunaan Go-Pay.” Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JUISI) Universitas Ciputra 04(01):10–15.

Herdana, Auditya. 2015. “Analisis Pengaruh Kesadaran Merek( Herdana) 1.” Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen 3(1):1–18.

Isnadi, Didik. 2005. “Analisis Pengaruh Costumer Relationship Marketing Terhadap Nilai Nasabah Dan Keunggulan Produk Dalam Meningkatkan Keputusan Dan Loyalitas.” Tesis Pemasaran.

Iwan, Suryono, and Dwiyanto. 2007. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 4(2):27–42.

Japarianto, Edwin, and Stephanie Adelia. 2020. “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee.” Jurnal Manajemen Pemasaran 14(1):35–43. doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35.

Malik, Ranbir Singh. 2013. “Qualitative Research Methodology In Education.” Edubio Tropika 1(1):61–120.

Mardalena, Novi Tria, A. Rahman Lubis, and Sorayanti Utami. 2018. “Luxuri Fashion Brand Dengan Gender Sebagai Moderating Pada Pemasaran Media Sosial Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Magister Manajemen 2(1):99–114.

Maskuri, Muh. Ali, Ergo Nurpatria Kurniawan, Mursida Kusuma Wardani, and Meli Andriyani. 2019. “Kepercayaan , Kemudahan Penggunaan Dan Electronic.” 16(02):139–50.

Maulidi, Refi Agus, And Ai Lili Yuliati. 2017. Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Minat Beli Apple Iphone Di Kota Bandung. Bandung: Universitas Telkom, S1 Ilmu Administrasi Bisnis.

McKnighta, D. Harriso., Vivek Choudhury, and Charles Kacmar. 2002. “The Impact of Initial Consumer Trust on Intentions to Transact with a Web Site: A Trust Building Model.” 11(3–4):297–323.

Nasrin Danesh, Seiedeh, Saeid Ahmadi Nasab, and Kwek Choon Ling. 2012. “The Study of Customer Satisfaction, Customer Trust and Switching Barriers on Customer Retention in Malaysia Hypermarkets.” International Journal of Business and Management 7(7):141–50. doi: 10.5539/ijbm.v7n7p141.

Navarone, Okki. 2003. “Analisis Pengaruh Tingkat Kesuksesan Produk Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran.” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia 2:111–22.

Nurika, Yeni, Adi Rahmannur Ibnu, and Imam Abdul Aziz. 2021. “Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, Dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat (Studi Pada Pt. Bsi Kuala Tungkal, Jambi).” Jurnal Nisbah 98–105.

Nurul, Khotimah. 2018. “Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik).”

Prasetya, Adhitya Yoga. 2012. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Produk Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT) 3(2):1.

Purba, rosintasn sabrina, and Syaifullah. 2020. “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Carvil Di Kota Batam.” Jurnal Akrab Juara 5:228–39.

Rahmadhani, R. P., Martha, L., & Nagara, P. (2019). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Bebek Sawah Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 05(02), 289–300. https://doi.org/10.31575/jp.v5i2.369

Riaz, Hafiza Ayesha. 2015. “Impact Of Brand Image On Consumer Buying Behavior In Clothing Sector : A Comparative Study Between Males And Females Of Central Punjab ( Lahore ) And Southern Punjab ( Multan ).” 4(9):24–35.

Rizkalla, Nosica, and Leis Suzanawaty. 2012. “The Effect of Store Image And Service Quality on Private Label Brand Image and Purchase.”ASEAN Marketing Journal 4(2):90–99.

Roisah, Riris, and Dwizna Riana. 2016. “”Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen”.” Ecodemica IV(1).

Soehadi, Agus W. 2005. “Effective Branding: Konsep Dan Aplikasi Pengembangan Merek Yang Sehat Dan Kuat.” Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Saidani, Basrah, and Samsul Arifin. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 3(1):1–22.

Shojaee, Somayeh, and Azreen bin Azman. 2013. “An Evaluation of Factors Affecting Brand Awareness in the Context of Social Media in Malaysia.” Asian Social Science 9(17):72–78. doi: 10.5539/ass.v9n17p72.

Sugiyono. 2017a. Metode Penelitian Bisnis. 3rd ed. edited by Suryandari. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017b. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung.

Sugiyono, Profesor. Doktor. 2017. Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan. 2014. Definisi Perilaku Konsumen. Jakarta: GI, Ghaila Indonesia.

Sundjoto, Sundjoto, And Agus Sofan Hadi. 2012. “Pengaruh Citra Merek Dan Kesadaran Merek Terhadap Ekuitas Merek Susu Cair Dalam Kemasan ‘Frisian Flag.’”

Suryani, and Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif : Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Pertama. edited by Suwito. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwarman, Ujang. 2013. Pemasaran Strategik. BOGOR: IPB PRESS.

Sumarwan, Ujang 2017. Perilaku Konsumen : Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Terence A. Shimp. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Tripratiwi, Diar, M. Minarsih Minarsih, and Leonardo Budi Hasiolan. 2016. “Analisis Pengaruh Harga, Keunggulan Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian Mobil Mitsubishi Sport Pada PT Bumen Redja Abadi Semarang.” Journal Of Management 2(2).

Wicaksono, Hendra. 2018. “Pemanfaatan E-Journal Oleh Mahasiswa Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Jakarta.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 4(2):67–78. doi: 10.14710/lenpust.v4i2.19676.

Woran Nita, Tumbel Altje, Rate Paulina Van. 2016. “Pengaruh Customer Relationship Marketing, Nilai, Keunggulan Produk Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Mega Jl. Piere Tendean Mega Mall Manado).” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No(01):771–82.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3704

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics