Pengaruh Guerrilla Marketing Dan Cross Selling Terhadap Keputusan Pembelian Burger King (Survei Pada Pelanggan Burger King Galuh Mas Karawang)

Dimas Wahyu Djatmiko, Ajat Sudrajat

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis serta menjelaskan tentang pengaruh Guerrilla Marketing dan Cross Selling terhadap Keputusan Pembelian di Burger King Galuh Mas Karawang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi penduduk dikabupaten Karawang 2022 dengan menggunakan rumus Metode Least Square, Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 400 responden yang merupakan penduduk karawang menggunakan teknik ditentukan dengan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis rentang skala dan analisis jalur dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI), Microsoft Excel 2010 dan software SPSS versi 22.Hasil penelitian ini menunjukan secara deskriptif bahwa variabel Guerrilla Marketing, Cross Selling dan Keputusuan Pembelian berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis verifikatif, koefisien korelasi antara Guerrilla Marketing dan Cross Selling memperoleh nilai sebesar 0,642 yang berarti keduanya memiliki tingkat korelasi yang sangat kuat. Pengaruh parsial Cross Selling terhadap Keputusan Pembelian memiliki nilai lebih besar yaitu sebesar 25,9% sedangkan pengaruh parsial Guerrilla Marketing terhadap Keputusan Pembelian senilai 17%. Pengaruh simultan Guerrilla Marketing dan Cross Selling terhadap Keputusan Pembelian memperoleh nilai sebesar 42,8% dan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Guerrilla Marketing, Cross Selling, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alfiansyah, L. (2015). PENGARUH NET INVESTMENT TERHADAP PROFITABILITAS Universitas Pendidikan Indonesia.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Apris. (2021). RELATIONSHIP MARKETING DAN CROSS SELLING TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PT. ASURANSI UMUM VIDEI KANTOR PEMASARAN. Jurnal Manajemen.

Ardyatama, N. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK GUERRILLA MARKETING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Administrasi Bisnis, 50(5), 162–170.

Bening, B. (2019). Pengaruh Content Marketing pada Viral Marketing dan Customer Engagement Pengguna Tokopedia di Yogyakarta. Skripsi Respositari, I, 1–177.

Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. Retrieved from http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.

Ida, F., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA GOJEK ONLINE. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Juni 2016 : 31-40, Vol.1, No.

Imbar, R. V., & Gunawan, D. (2013). Aplikasi Penjualan Komputer dengan Metode Crossselling dan Upselling Dilengkapi Algoritma Greedy Dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal Sistem Informasi, 8, 95–111.

Karim, R. (2021). Definisi Operasional : Tujuan, Manfaat dan Cara Membuat.

Kesuma, R. H. (2019). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI CROSS-SELLING FRONTLINER TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Principles of Marketing. In Pearson. https://doi.org/10.1007/978-1-84628-377-2_3

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016b). Marketing Management (fifteenth; S. Wall, Ed.). London: Pearson.

Maitzen, P. (2016). Attractiveness of cross-selling offers from the customer perspective. https://doi.org/10.1007/978-3-658-11647-7

Milak, A., & Dobrinic, D. (2017). CUSTOMER PERCEPTION OF GUERILLA MARKETING. INTERNATIONAL JOURNAL OF MULTIDISCIPLINARITY IN BUSINESS AND SCIENCE, 3(4), 18–24.

Nashar. (2013). Dasar-dasar Manajemen. In Pena Salsabila (Vol. 53).

Pragita, A. D. (2019). Pengaruh Pemasaran Gerilya Terhadap Keputusan Pembelian. Malang.

Rachmawati, E., & Andjarwati, A. L. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen (JEAM), Vol. 18 No.

Rihad, E. H. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Transaksi Cross Selling.

Rohman, A. (2017). DASAR-DASAR MANAJEMEN.

Rundengan, M. G. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Sales Cycle, Keunggulan Bersaing, Relationship Merketing, Cross Selling, Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada PT.Asuransi Jiwa Brilife Kantor Wilayah Manado. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7, 15–30.

Safitri, D. (2020). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BURGER KING.

Santoso, S. (2012). Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Method for Business. In Peshkova (Ed.), Library of Congress Cataloging‐in‐Publication Data (seventh). West Sussex: Wiley.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian (6th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, J. N. (2013). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Prenada Media Group.

Singhal, S., & Tiwari, A. (2013). Guerilla marketing in commercial transportation. InternationalJournalofMarketingandTechnology, Vol.3(Issue 6), 16–31.

Situmorang, J. R. (2016). Pemasaran Gerilya (Guerilla Marketing) Sebagai Alternatif Pemasaran Konvensional. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(2), 176–186. https://doi.org/10.26593/jab.v12i2.2369.

Šontaitė, M., & Petkevičienė. (2021). GUERRILLA MARKETING: A CREATIVE AND SMALL BUDGET APPROACH TO ENTREPRENEURIAL MARKETING. Economics, 36, 218–225. https://doi.org/10.22616/rrd.27.2021.031

Sudarsono, H. (2020). Manajeman Pemasaran. CV. PUSTAKA ABADI.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. ALFABETA.

Sukatmadiredja, N. R. (2016). ANALISA PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERTUMBUHAN WARUNG KOPI DI KECAMATAN RUNGKUT SURABAYA. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Volume II.

Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suryani, T. (2013a). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryani, T. (2013b). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tam, D. D., & Khuong, M. N. (2015). The Effects of Guerilla Marketing on Gen Y’s Purchase Intention. International Journal of Trade, Economics and Finance, 6. https://doi.org/10.7763/IJTEF.2015.V6.468

Utami, I. W. (2017). Perilaku Konsumen (Tim, Ed.). CV PUSTAKA BENGAWAN.

Zhang, R.-Q., Zhang, L.-K., Zhou, W.-H., Saigal, R., & Wang, H.-W. (2014). The Multi item newsvendor model with cross-selling and the solution when demand is jointly normally distributed. European Journal of Operational Research, 147–159.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3719

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics