Analisis Strategi Industri Pertahanan dalam Mendukung Pertahanan Negara

Moh. Fakhruddin Farhan, Fiorentina Nulhakim, Hadi Sulistiyo, Hazen Alrasyid, Nadia Aurora Soraya, Virgin Kristina Ayu

Sari


Pertahanan negara atau pertahanan nasional merupakan suatu rangkaian upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, serta menjamin keamanan seluruh warga negara dari segala ancaman terhadap bangsa dan negara baik yang datang dari internal maupun eksternal. Pada era industri 4.0, ancaman pertahanan negara semakin beragam dan mengganggu stabilitas pertahanan negara termasuk pada sektor industri pertahanan. Sehingga diperlukan strategi pertahanan negara yang baik dan mampu menghadapi ancaman pertahanan negara yang semakin maju. Pemberdayaan industri pertahanan yang mandiri merupakan strategi yang bisa diterapkan untuk mendukung pertahanan negara sekaligus pertumbuhan industri dalam negeri. Menggunakan analisis SWOT, didapatkan hasil analisis berada pada kuadran I progresif dengan nilai 0.775 dan 0.115. Adapun strategi yang dihasilkan ialah S-O yakni membuat kebijakan terkait dukungan pemerintah kepada BUMS untuk berperan menjadi bagian dari rantai pasok industri pertahanan, membuat kebijakan dan aturan tentang investasi asing dan kerjasamanya terhadap industri pertahanan dalam negeri, membuat kawasan industri pertahanan untuk mendukung kegiatan produksi dan pengembangan, serta menyerap tenaga kerja dalam negeri dan asing yang sesuai dalam rangka pengembangan sumber daya manusia untuk kemajuan industri pertahanan.
Kata Kunci: Pertahanan Negara, Industri Pertahanan, Analisis SWOT

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alkrimi, Y., & Khemalkem, R. 2012. Whalt Drive Customers to Spreald The Word in Sociall Medial. Journall of Malrketing Resealrch alnd Calse Studies.

Als'ald, H. Albu-Rummaln. 2014. The Impalct of Sociall Medial malrketing on Bralnd Equity: Aln Empiricall Stuqy on Mobile Service Providers in Jordaln. Journall Society of Interdiciplinalry BusinessResealrch

Altmoko, Balmbalng Dwi. 2012 Instalgralm Halndbook. Jalkalrtal: Medial Kital

Chreswell, John W. 2013. “Resealrch Design Pendekaltaln Kuallitaltif, Kualntitaltif, daln Mixed”. Pustalkal Pelaljalr. Edisi ketigal. Yogyalkalrtal.

Dwijalyalnti, Al., & Pralmesti, P. (2021). Pemalnfalaltaln Straltegi Pemalsalraln Digitall menggunalkaln E-Commerce dallalm mempertalhalnkaln Bisnis UMKM. IKRAlITH-AlBDIMAlS, 4(2), 68-73.

Evalns, Dalve daln Jalke Mckee.2013. Sociall Medial Malrketing: The Next Generaltion Of Business Engalgement. Calnaldal: John Wiley & Sons, Inc.

Firmalnsyalh Kurnialdi. 2010. Pengalruh Bialyal Promosi daln Distribusi terhaldalp Peningkaltaln Volume Penjuallaln paldal CV. Sejalti Sralgen.

Ghozalli, Imalm. (2013). Alplikalsi Alnallisis Multivalrialt dengaln Progralm IBM SPSS 21 Edisi 7. Semalralng: Universitals Diponogoro

Haldi, Al. S., & Khaliri, Al. (2020). Pemilihaln Straltegi Pemalsalraln di Eral Digitall paldal Kelompok Ibu PKK Desal Galdinghalrjo. DINAlMISIAl: Jurnall Pengalbdialn Kepaldal Malsyalralkalt, 4(1), 127-132.

Halriyalnti, N. T., & Wiralpraljal, Al. (2018). PENGAlRUH INFLUENCER MAlRKETING SEBAlGAlI STRAlTEGI PEMAlSAlRAlN DIGITAlL ERAl MODEREN (SEBUAlH STUDI LITERAlTUR). Jurnall EKSEKUTIF, 15(1), 133-146.

Kotler, Philip, Kevin Lalne Keller. 2012. Malrketing Malnalgement,14th Edition. United Staltes of Almerical : Pealrson.

Kotler, Philip, daln Galrry Almstrong, 2014, Principles Of Malrketing, New Jersey : Pealrson Prentice Halll, USAl




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3733

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics