Pengaruh Konten Marketing Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Masker Camille Beauty (Studi Kasus Pada Konsumen Camille Beauty di Kota Bandung)

Gita Cahyani, Pramitha Aulia

Sari


Saat ini strategi marketing berkembang dengan sangat pesat. salah satunya dengan konten marketing medi a sosial. Media sosial sebagai salah satu wadah bagi para pelaku bisnis untuk mengenalkan merek mereka melalui konten digital secara kreatif dan interaktif dengan tujuan untuk meningkatkan minat masyarakat sehingga penjualan akan naik. Salah satu perusahaan yang memasarkan produknya melalui media sosial Tiktok adalah Camille Beauty. Pada tahun 2021 Camille Beauty menjadi masker organik terbaik di Indonesia. Namun, pada tahun 2022, penjualan masker organik Camille Beauty tergeser oleh produk masker_dari_merek lain. Tujuan dari penelitiannininadalah untuk mengetahui pengaruh Konten Marketing terhadap keputusan pembelian pada produk masker Camille Beauty di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandung yang menggunakan media sosial Tiktok dan yang pernah membeli atau menggunakan produk masker Camille Beauty. Jumlah responden adalah 100 orang dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data dengan regresi linier sederhana menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada penelitian ini, seluruh variabel Konten Marketing dan Keputusan Pembelian mendapatkan kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial, penelitian ini mendapatkan nilai t hitung (8.375) > t tabel (1.664) dengan tingkat signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Artinya, Konten Marketing (Y) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Kata Kunci: Konten Pemasaran, Media Sosial, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Andhita, R. S. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Bougie, S. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis:Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua . Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Camille Beauty. (n.d.). From Camille Beauty: https://camillebeauty.id/

Dr. Elvera, &. A. (2021). Metodologi Penelitian. DI Yogyakarta: Andi Publisher.

Fajariana, D. U. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun @Subur_Batik. Sekretari dan Manajemen, Vol. 2 No. 2.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: Aditama.

Kotler & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Kristiawan, T. A. (2020). Pengaruh Packaging, Social Media Marketing. Manajemen, Vol 15.

MediaIndonesia. (2022). Indonesia, Pasar Potensial untuk Produk Perawatan Kulit. Jakarta. From MediaIndonesia.com

Milhinhos, P. R. (2015). he Impact of Content Marketing On Attitudes and Purchase Intentions of Online Shoppers: The Case of Videos & Tutorials and User-Generated Content. Rio De Janeiro.

Onny Fitriana Sitorus, Novelia Utami. (2017). STRATEGI PROMOSI PEMASARAN. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Prastowo. (2016). Memahami Metod-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Ramadhani, F. (2021). 10 Masker Wajah Terlaris Shopee dan Tokopedia: Brand Lokal Memimpin! From compass: https://compas.co.id/article/masker-wajah-terlaris/

Rizaty, M. A. (2022). ikTok, Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh pada 2021. From databooks katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/04/tiktok - aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-pada-2021

Setyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018 ). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Wiwaha, R. P. (2022). encerahkan Kulit Wajah, Ini 10 Top Brand Masker Wajah Terlaris di E-Commerce : Brand Lokal Menghiasi Top 3! . From kompas.com: https://compas.co.id/article/masker-wajah-terlaris-2/

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Yusuf, R. H. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol 1(2).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3871

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics