Pengaruh Promosi, Kualitas, Dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Fino Pada Dealer Resmi Yamaha Matramas Motor Dikota Makassar

Samrika Samrika, Asdi Asdi, Syarthini Indrayani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kualitas dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Yamaha Fino serta menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Yamaha Fino pada masyarakat di wilayah Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sepeda motor Yamaha Fino. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden dengan teknik Accidental Quota Sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas), uji statistik (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Dari hasil analisis asumsi klasik, uji normalitas dengan kolmogorov- smirnov diperoleh signifikan lebih besar dari 0,05 yang artinya data distribusinya normal. Uji multikolinieritas diperoleh nilai VIF dan Tolerance yang mendekati satu sehingga dapat disimpulkan model regresi tidak ada masalah multikolinieritas, sedangkan uji heteroskedastisitas dengan metode Glejser menyatakan tidak ada masalah. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dari uji t diperoleh temuan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Yamaha Fino, sedangkan promosi dan desain berpengaruh signifikan pada tarap 5%. Dari hasil uji F bahwa secara simultan kualitas produk, promosi dan desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Yamaha Fino dimana nilai F hitung > F tabel. Kualitas produk mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Yamaha Fino Diperoleh nilai R square sebesar 0,255, yang artinya variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 25,5% sedangkan sisanya sebesar 74,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Kata Kunci: keputusan pembelian, kualitas produk, promosi dan inovasi.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Albari, (2002), “Mengenal Perilaku Konsumen Mengenai Penelitian Motivasi”, Jurnal Siasat Bisnis, UII, No. 7 Vol 1. Yogyakarta. Assael H. (2002), Consumers Behavior and Marketing Action, Edisi 3, Kent Publishing Company, Boston Massachusset, AS.

Aliya AulijaaFR, E. M. S. B. S. (2020). Pengaruh Bauiran Promosi, Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome PT. Telkom Indonesia, Jakarta Timur. https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=xbvESr4AAAAJ

Dhela Aulia Aldi. (2022). Pengaruh Pendapatan dan Biaya Operasional terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). -, 1–28.

Hadita. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 25–38. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1431

Haryati, (2003), “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen Produk Avon Surakarta”, Skripsi FE Universitas Islam Batik Surakarta.

Kotler, Philip. (1997), Manajemen Pemasaran Analisis PerencanaanImplementasi Dan Kontrol, Jilid 1, Jakarta, PT. Prehalindo.

Muhammad Bangkit Zulkarnain. (2021). Pengaruh Bauran Promosi dan Harga terhadap Volume Penjualan Produk Indihome PT Telkom Witel Makassar

Prasetyo, Badhik, (2004), “Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Video CD Player dari Cina (Survey Pada Masyarakat Kadipiro Banjarsari)”, Skripsi FE Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Rahmawati, I., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan The Koffe Jak arta (Vol. 25, Issue 1).

Setiawan, Ahmad Ikhwan, (2002), “Analisis Perilaku Konsumen dan Lingkungan Bisnis Sebagai Masukan Strategi Pemasaran Jasa : Studi Kasus Pada Warnet Pointer”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 2, No. 1, Mei 2002 Surakarta.

Setyawati, M. R., Rohaeni, N. W., & Woelandari, H. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2159–2166. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5863

Sodik, Nur, (2004), “Analisis Keberhasilan Persepsi Konsumen Pada Negara Asal (Country of Origin) Terhadap Kualitas dan Harga Produk Otomotif (Survey Terhadap Konsumen di Kota Surakarta Tahun 2003)”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 4, No. 1, Mei 2004




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3950

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics