Pengaruh Kualitas Produk dan Pengalaman Pembelian Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Produk Elektronik di Shopee Kota Makassar

Ridwan Ridwan, Oesman Lewangka, Andi Mappatompo

Sari


Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk elektronik Shopee di Kota Makassar, Pengalaman pembelian berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk elektronik Shopee di Kota Makassar, Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk elektronik Shopeedi Kota Makassar, Pengalaman pembelian tidak berpengaruh negatif non signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk elektronik Shopee di Kota Makassar, Kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk elektronik Shopee di Kota Makassar, Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada produk elektronik Shopeedi Kota Makassar, Pengalaman pembelian berpengaruh positif signifiakan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada produk elektronik Shopee di Kota Makassar
Kata Kunci: Kualitas Produk, Pengalaman Pembelian, Kepuasan dan Loyalitas

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdulah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Ed. 1). Aswaja Pressindo.

Aeni, N., & Istikhoroh, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Pengguna Shopee Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya). Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 169–173. https://doi.org/10.36456/jsbr.v1i1.2981

Agustina, S. (2020). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. Management Pemasaran, 9(2), 26.

Alma, Buchari., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung.

Arif, M., & Syahputri, A. (2021). The Influence of Brand Image and Product Quality on Customer Loyalty with Consumer Satisfaction as a Intervening Variable at Home Industry. Journal of International Conference Proceedings (JICP, 4(2), 398–412. https://doi.org/10.46930/global.v10i1.1133

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7

Berlianto, M. P. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengalaman dan Kepuasan Pelanggan Perkotaan dalam Pembelian Melalui M-commerce. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 7(2), 78. https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i2.347

Cahyadi, C. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta.

Dewi, R. K., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1), 1–6.

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. In Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (Vol. 16, Issue 2). https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392

Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis (Panduan Komprehensif Langkah Demi Langkah Peneltian Untuk Skripsi, Tesis dan Desertasi) (Ke-1). Ghalia Indonesia.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Rajawali Pers.

Haris, D. (2018). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Upajiwa Dewantara, 2(2), 125–139. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3265

Haryono, S. (2015). Structural Equation Modeling (Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan AMOS 18.00). PT. Intermedia Personalia Utama. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1909

Irdiana, S., & Khairullah, M. N. (2019). Menciptakan Kepuasan Konsumen Dengan Pengalaman Membeli Produk. 3, 86–91.

Jannah, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Konsumen Berbelanja Di Shopee (Studi Kasus Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Julian, M., & yani, ari. (2021). Pengaruh E-Commerce Development Dan Financial Technology Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Online Pada Market Place Shopee Sebagai Variabel Moderating. Media Manajemen Jasa, 9(2), 11–29.

Kelvin, K., & Adiwijaya, M. (2018). Pengaruh Kualitas, Harga, Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Leko. Jurnal Agora, 6(1), 1–10.

Kurniah, A. (2022). Pengaruh Pengalaman Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasaan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Scarlett Whitening Di Kota Makassar. 3(2), 21–31.

Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4043

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics