Pengaruh Kecerdasan Adversity dan Kecerdasan Sosial Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik Universitas Muhammadiyah Gresik

Nofita Arianis Susanti, Nyimas Wardatul Afiqoh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kecerdasan Adversity dan Kecerdasan Sosial Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik Universitas Muhammadiyah Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuisioner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori harapan, teori motivasi dan teori kecerdasan sosial. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan berdasarkan kriteria – kriteria yang telah ditentukan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 101 responden mahasiswa – mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gresik Program Studi akuntansi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan adversity tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi akuntan publik Universitas Muhammadiyah Gresik sedangkan kecerdasan sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menjadi akuntan publik Universitas Muhammadiyah Gresik.

Kata Kunci : Kecerdasan Adversity, Kecerdasan Sosial, Minat, Akuntan Publik.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Basuki, A. T. R. I., & Prawoto. N. (2015). Analisis Regresi. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Capuras, S., Engada, M., Inoferio, H., & Querubin, I. (2016). Adversity Quotient ® And Perceived Academic Stress As Predictors Of The Academic Performance Of Cdu-Crs Internship Candidates.

Denziana, A. 2017. “Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)”. Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vol. 8(2), 55-66.

Fess, Warren Reeve. (2006). Acoounting. Buku satu edisi 21. Salemba empat: Thomson.

Ghozali, Imam. (2018:137). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Goleman. D. (2007). Social Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Herli. F, Kamaliah & Silvi. A. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau Vol.1 No. 2, Oktober 2014 Hal: 1-15

Husnurrosyidah. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Syariah Dan Kecerdasan Adversitas. Repository.Iainkudus.Ac.Id.

Laka, J. K. P. B (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Surakarta). Journal Of Islamic Finance And Accounting, 2(2). Https://Doi.Org/10.22515/Jifa.V2i2.1822

Libraeni Luh Gede, B., & Ketut, Y. (2018). The Effect of Intelligence Quotient on the Level of Understanding of Accounting with Spiritual Quotient and Adversity Quotient as a Moderating Variables. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 41(1), 148–157

Nurjannah, S. (2021). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa SMA ditinjau dari tingkat Adversity Quotient.

Yudhistira. (2022). Apa Tugas Akuntan Publik? Jenis dan Syarat Jadi Akuntan. https://www.bhinneka.com/blog/tugas-akuan-publik/amp/, diakses pada tanggal 20 Juni 2022.

Slameto. (2011). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka

Stoltz, P. G. (2005). Adversity quotient: Mengubah hambatan menjadi peluang. Alih bahasa: Hermaya. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2014:59). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. ALFABETA.

Sumardi (2007). Pasword Menuju Sukses Rahasia Membangun Sukses Individu, Lembaga dan Perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Villagonzalo, R. R. (2013). Intelligence Quotient, Emotional Quotient, Spiritual Quotient, and Adversity Quotient ® and the Academic Performance of Students. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Wibowo & H. Murtanto. (2016). Pengantar Akuntansi I Edisi dua, penerbit: Salemba Empat, Jakarta Selatan.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4082

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics