Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Pada Jasa Karunia Tour & Travel Garut

Yusuf Tojiri, Suca Rusdian

Sari


Perkembangan biro perjalanan wisata di Indonesia khususnya di Kabupaten Garut berkembang sangat cepat. Persaingan dalam dunia jasa pariwisata menuntut setiap perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan strategi bersaingnya agar dapat memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pelanggan, kepercayaan pelanggan, loyalitas pelanggan, bagaimana pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, bagaimana pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, dan bagaimana pengaruh nilai pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi sederhana diperoleh keterangan bahwa nilai pelanggan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai r sebesar 0,624 dan nilai koefisien determinasi sebesar 38,94%. Selanjutnya kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai r sebesar 0,753 dan nilai koefisien determinasi sebesar 56,7%. Nilai pelanggan dan kepercayaan pelanggan secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai r sebesar 0,815 dan nilai koefisien determinasi sebesar 66,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Nilai Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdulah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Armayanti, N. (2012). Gambaran Kepercayaan Konsumen Terhadap Pembelian Melalui Media Internet. (Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara). Diunduh dari http://repository.usu.ac.id.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Buchori, Alma dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran: Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: Alfabeta.

Buchori Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

___________. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Budiyono. 2013. Statistikas Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship Management. Terjemahan: Arief Subianto. Malang: Bayumedia Publishing.

Bowo, NH. 2003. Analisis Pengaruh Kepercayaan Untuk Mencapai Hubungan Jangka Panjang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Ding, Mao. 2013. A Study of Consumer Trust in Internet Shopping and the Moderating Effect of Risk Aversion in Mainland China. Hongkong Baptist Unversity.

Don Pappers and Marta Rogers. 2004. Managing Customer Relationship. Canada: Wiley.

Durianto, Darmadi. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Effendy, Onong Uchjana. 2014. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Greenberg, P. 2010. Customer Relationship Management as the Speed of Light: Fourth Edition. McGraw-Hill.

Griffin, Jill. 2003. Costumer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

___________ . 2005. Costumer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Utama Presindo.

_________ . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Media Utama Presindo.

John, C. Mowen dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Karyoto. 2016. Dasar-Dasar Manajemen (Teori, Definisi dan Konsep). Yogyakarta. CV. Andi.

Kesuma, Dharma. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: PT. Prenhalindo.

___________ . 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: PT. Prenhalindo.

__________ . 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, dialih bahasakan oleh Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.

___________. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

___________. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jilid 1, Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

_____________. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Hasibuan, Malayu SP. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

__________________. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

___________________. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dam Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabheta.

_____________. 2014. Bauran Pemasaran dam Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabheta.

_____________. 2015. Bauran Pemasaran dam Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabheta.

Husein, Umar. 2003. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Indrawan, R dan Yaniawati R. P. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Jakarta: Ghalia.

___________. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks.

___________. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip- prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Lovelock, C dan John Wirtz. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif, edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Mudrajad, Kuncoro. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riorini, Sri Vandayuli. 2003. Kepercayaan Pembeli terhadap Perusahaan Pemasok Dalam Hubungannya dengan Antisipasi Pembelian Diwaktu yang Akan Datang. Media Riset dan Manajemen.

Robinette, Scott & Claire Brand. 2001. Emotion Marlreting. Me Graw Hill.

Robins SP dan Judge. 2011. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, Sondang P. 2002. Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian, Hotlan dan Cahyono Hotlan. 2014. Analisis Website Quality, Trust, dan Loyaty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 8 No 2.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. 2003. Service Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm, 3rd Edition. Boston: McGraw-Hill Inc.

________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sumarsan. Thomas. 2013. Sitem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kerja, Edisi Kedua Cetakan 1. Jakarta: PT. Indeks.

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung; Linnga Jaya.

Swastha, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Liberty.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen, Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

_______. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

_______. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

________. 2011. Prinsip-Prinsip Quality Total Service. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

________. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Zeithaml,Valarie A and Bitner. 2000. Service Marketing 2nd Edition: Integrating Customer Focus. New York: McGraw-Hill Inc.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4095

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics