Pengaruh Brand Awareness terhadap Loyalitas Konsumen Handphone Samsung pada Universitas Ichsan Gorontalo

Indrayani Indrayani, Muh. Syaifudin Syukri, Besse Faradiba, Fahmiah Akilah

Sari


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Brand Awareness (X) melalui Top of Mind (X1), Brand Recall (X2), Brand dan Recognition (X3) baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Loyalitas Konsumen (Y) Handphone Samsung pada Dosen di Universitas Ichsan Gorontalo. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa variabel Brand Awareness (X) melalui Top of Mind (X1), Brand Recall (X2), Brand dan Recognition (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.549 (54.9%). Hasil perolehan untuk uji Fhitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 21.528 sedangkan Ftabel sebesar 2.770 dan probability sig 0.000 < probability α = 0,05. Hipotesis kedua variabel Top of Mind (X1) terhadap Loyaltias Konsumen (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0.003 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.136 > 2.004). Hipotesis ketiga variabel Brand Recall (X2) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyaltias Konsumen (Y). Nilai probability alpha (α) (0. 0.998 > 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih kecil dari nilai t-tabel (0.002 < 1.673). Hipotesis ketiga variabel Brand Recognition (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyaltias Konsumen (Y). Nilai probability alpha (α) (0.001 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.607 > 2.004).

Kata Kunci: Brand Awareness, Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, Loyalitas Konsumen

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aaker David.A., (1991). Manajemen Equitas Merek, mamanfaatkan nilai dari suatu merek. Jakarta: Mitra Utama

Agus W., Soehadi. 2005. Effective Branding. Bandung: PT. Mizan Pustaka

American Marketing Association. (2008). The American Marketing Association Releases New Definition for Marketing. Ama.org

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Sri Wahjuni dan I GdeCahyadi.2007. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Majalah Ekonomi. Tahun XVII. No. 2.Agustus.Hal. 145 – 156. Universitas Airlangga. Surabaya

Blair, Brown. (2003). Word Of Mouth. Canada : UTM Press

Casidy, Riza & Wymer, Walter. (2016). "A risk worth taking: Perceived risk as moderator of satisfaction, loyalty, and willingness-to-pay premium price," Journal of Retailing and Consumer Services, Elsevier, vol. 32(C)

Griffin, Jill. (2003). Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan.Penerbit Erlangga. Jakarta

Griffin, Jill. (2005), Customer Loyalty, Jakarta : Penerbit Erlangga

Hasbun, B., dan Ruswanty, E. (2016) Komperasi Antara Kelompok Yang Melihat Iklan dan Tidak Melihat Iklan Dengan Moderasi Brand Awareness Terhadap Niat Beli (Studi Pada Commuter Line). Journal Of Business Studies Volume 2 No. 1 2016

Irnandha Aris. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Penggiriman Jalur Darat ( Studi Kasus Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Hijrah Sagan Yogyakarta) SKRIPSI Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Jiang Hongwei dan Zhang Yahua (2016). An Investigation Of Service Quality, Customer Satisfaction And Loyalty In China's Airline Market. Journal of Air Transport Management. Volume 57

A. Kotler Philip dan Keller, Kevin Lane (2012), Manajemen Pemasaran ed.Ketiga Belas . Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM : Penerbit Erlangga

II. KOTLER, PHILIP DAN GARY ARMSTRONG. (2007) PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN. ERLANGGA. JAKARTA.

Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks.

Lovelock., Christoper. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks

Mustofa, A., Triyaningsih, S.L., dan Suprayitno. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16 No. 3

Nurizka Ririn dan Rahmi Tuti (2016). Hubungan Antara Brand Awareness Dengan Loyalitas Konsumen Pengguna Sepeda Motor Honda. Jurnal RAP UNP, Vol. 7, No. 1.

Pappu, R.T.., Amanda, S., Bettina, C. (2011) Celebrity Endorsement, Brand Credibility And Brand Equity. European Journal of Marketing , Vol. 45 Issue: 6

Purwanto, Edo Karela dan Dharmayanti, Diah (2016) Pengaruh Brand Awareness Terhadap Customer Loyalty Dengan Brand Image Dan Relationship Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Semen Gresik Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol 3, No 2 (2016) - publication.petra.ac.id

Riduwan & Kuncoro. (2011). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta

Shankar, A. dan Jebarajakirthy, C. (2019) "The influence of e-banking service quality on customer loyalty: A moderated mediation approach", International Journal of Bank Marketing.

Situs dengan alamat https://inet.detik.com/business/d-5495698/ini-5-penguasa-pasar-ponsel-indonesia

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sumarwan U., Djunaidi, A., Avilani., Singgih, H.C.R., Budidarmo, R.R., dan Rambe, S. (2009). Pemasaran Strategik. Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham. Inti Prima Promosindo

Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Ali, M.M., Gazali, M., Hartono, S., dan Farina. T. (2013). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: PT Penerbit IPB Press

Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Malang: Bayumedia Publishing

Thakur, Rakhi. (2016). Understanding Customer Engagement and Loyalty: A Case of Mobile Devices for Shopping. Journal of Retailing and Customer Service.32(2016)

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4222

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics