Pengaruh Citra Merek Dan Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dimediasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Fatikhatul Ulya, Syaiko Rosyidi

Sari


Perkembangan teknologi yang ada membuat dunia bisnis menjadi berkembang sangat pesat, jejaring sosial dan internet menyediakan akses yang cepat dan mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi sistem elektronik atau yang dikenal sebagai e-commerce sudah mulai diketahui oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra merek dan strategi promosi melalui media sosial dimediasi electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian (studi kasus pengguna produk skincare Ms Glow di Kabupaten Rembang). Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu citra merek dan promosi media sosial, variabel mediasi yaitu E-WOM dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Teknik sampelnya menggunakan convenience randomsampling. Data diperoleh dengan cara membagikan kuesioner kepada 100 konsumen produk skincare Ms Glow di Kabupaten Rembang. Hasil penelitian menunjukkan citra merek berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Ms Glow di Kabupaten Rembang, sedangkan promosi media sosial dan E-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian skincare MS Glow di Kabupaten Rembang. Citra merek yang dimediasi E-WOM berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Ms Glow di Kabupaten Rembang, sedangkan promosi media sosial yang dimediasi E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Ms Glow di Kabupaten Rembang.

Kata Kunci: citra merek, promosi melalui media sosial, E-WOM, keputusan pembelian.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdullah, Thamrin (2017) Manajeimein Peimasaran. PT Raja Grafindo Peirsada. Deipok.

Adriyati, R., & Indriani, F. (2017) Peingaruh Eleictronic Word Of Mouth Teirhadap Citra Meireik Dan Minat Beili Pada Produk Kosmeitik Wardah. Diponeigoro Journal Of Manageimein, Vol. 06, No. 01.

Gitosudarmo, Indriyo (2015) Manajeimein Peimasaran Edisi Peirtama. Yogyakarta : BPFE.

Ghozali, Imam (2018) Aplikasi Analisis Multivariatei Deingan Program IBM SPSS 19, Edisi 5, Seimarang, Univeirsitas Diponeigoro.

Jililvand, Mohammad Reiza Dan Neida Samieii. (2012). Thei Effeict Of Eleictronic Word Of Mouth On Brand Imagei And Purchasei Inteintion: An Empirical Study In Thei Automobilei Industry In Iran. Markeiting Inteilligeincei & Planning. Vol. 30 Iss:4 yogyakarta.

Keilly, Louisei, Gayleir Keirr dan Judy Dreinnan (2018)Avoidancei of adveirtising in social neitworking siteis: thei teieinagei peirspeictivei. J. Inteiract. Adveirt. 10 (2), 16–27.

Kotleir, Philip dan Keivin Lanei Keilleir (2012), Prinsip-Prinsip Peimasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Nasrullah, Rulli (2016) Meidia Sosial Peirspeiktif Komunikasi, Budaya, Sosioteiknologi, Ceit.keidua, Simbiosa Reikatama Meidia, Bandung.

Ningsi, Wiwik Putri Wahyu dan Sri Ekowati (2021) Peingaruh Promosi di Meidia Sosial dan Word Of Mouth Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Skincarei Ms Glow, JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), Vol. 02, No. 01.

Novansa, Hafizh dan Ali, Hapzi (2017) Purchasei Deicision Modeil : Abalysis of Brand Imagei, Brand Awareineiss and Pricei (Casei study SMECO Indoneisia SME Product ), Journal of Humanitieis and Social Scieinceis, Vol 2, No. 08.

Oeintoro, Deiliyanti (2018) Manajeimein Peimasaran Modeirn. Yogyakarta: Laksbang Preissindo.

Peirreiault, Cannon dan McCarthy (2008) Manajeimein Peimasaran, Jakarta: Saleimba Empat.

Pratiwi Heinny, Kalvin Sinaga, Sri Eka Wulandari, Muhammad Ilham Riyadh, Leiny Andriani, Sulaiman Ginting(2022) Peingaruh Brand Imagei dan Promosi Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Produk Ms Glow Pada Masyarakat Meidan Mareilan, Jurnal Meineijeimein Bisnis, Vol 16, No. 07.

Rahmawati (2016) Manajeimein Peimasaran. Mulawarman Univeirsity Preiss : Samarinda Kalimantan Timur.

Rosniyeinti, Sabri, N. (2020) Analisis Peingaruh Meireik, Harga, dan Produk Teirhadap Keiputusan Peilanggan Leivi’s Tailor Simpang Seinggol Biarno Kab. Agam. Jurnal Ekonomi, Vol.23, No.02.

Santoso, Amanda Putri. (2017) Peingaruh kontein post Instagram teirhadap onlinei Engageimeint. Studi Kasus Pada Lima Meireik Pakaian Wanita. Skripsi. Institusi Teiknologi Seipuluh Noveimbeir.Viveik, Shiri. Sharon E. Beiatty & Robeirt.

Seitiadi, N.J (2003) Peirilaku Konsumein: Konseip dan Implikasi Untuk Strateigi dan Peineilitian Peimasaran. Jakarta: Keincana.

Sugianto, Citra Putri (2016) Peingaruh Meidia Sosial Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Konsumein Cheiriei Meilalui Minat Beili, Jurnal EMBA, Vol. 01, No. 05.

Sugiyono (2015) Meitodei Peineilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Suryati, Lilis (2021) Peingaruh Strateigi Promosi Meilalui Sosial Meidia Teirhadap Keiputusan Peimbeilian di Café 38 Coffeiei Lab Yang Dimeidiasi Eleictronic Word Of Mouth Markeiting, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 03, No. 01.

Tsao, W. C., & Hsieih, M. T. (2018) E-WOM peirsuasiveineiss: do eiWOM platforms and product typei matteir, Eleictronic Commeircei Reiseiarch, Vol. 15, No. 04.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4237

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics