Analisis Starbucks dalam Memasuki Pasar Global

Michael Setiawan, Viviana Angesty

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menggali dan mengatahui apa saja strategi dan langkah yang diambil dan dilakukan oleh perusahaan kopi terbesar di dunia yaitu Starbucks Coffee Company, dalam memasuki dan menguasai pasar global dunia. Pada zaman sekarang, semua kalangan usia mulai dari muda, remaja, hingga dewasa sangat menyukai kopi sebagai minuman untuk menemani segala aktifitas yang mereka lakukan. Tidak sedikit dari kalangan tersebut menyukai dan gemar membeli minuman kopi bernama Starbucks. Starbucks merupakan perusahaan kopi terbesar asal Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1971. Menurut data terakhir pada tahun 2021, Starbucks tercatat sudah memiliki lebih dari 33.000 kedai yang tersebar di berbagai belahan dunia. Penelitian ini dilakukan atas rasa ingin tahu apa saja strategi yang dilakukan oleh perusahaan kopi terbesar di dunia yaitu Starbucks, dalam memasuki pasar global dunia dan bisa bertahan bahkan terus berinovasi sampai penelitian ini selesai dilakukan. Untuk semakin mendukung penelitian ini, metodologi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pencarian internet searching. Tujuan digunakan nya metode penelitian ini adalah untuk dapat mendapatkan informasi dari sumber yang nyata dan sesuai fakta yang terjadi di lapangan dan memiliki bukti fisik bersumber dari internet yang nantinya akan menghasilkan hasil yang berupa kata-kata deskriptif dan gambar sebagai hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Dalam proses penelitian, ditemukan bahwa Starbucks telah melakukan analisis yang sangat mendetail dalam segi target pasar, risiko pasar, taktik promosi, dan juga lingkungan pesaing. Starbucks merupakan perusahaan dengan pangsa global yang memiliki outlet di berbagai negara yang tersebar di dunia. Dalam mempertahankan dan terus mengembangkan bisnisnya, Starbucks selalu memperhatikan segi target pasar yang mereka incar, risiko pasar yang akan datang, strategi promosi yang baik untuk meningkatkan profit, dan juga memperhatikan dan menganalisis lingkungan pesaing untuk menghindari ancaman.

Kata Kunci: strategi, internet searching, starbucks, pasar global

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


A.C.Mosey., P.Tommy., V. U. (2016). The effect of market risk and credit risk on profitability in commercial. 6(3), 1338–1347.

Alwaleed, N. (2020). A Case Study on STARBUCKS. Journal of The Community Development in Asia, 1–8.

Anggraeni, D. (2007). Pengaruh lingkungan persaingan, lingkungan teknologi, dan internasional terhadap kinerja perusahaan. 174.

Bhattacharya. (2019). A case study on past performance and futuristic game plan of Tata Starbucks. Maharashtra. IAHRW International Journal of Social Sciences Review ; Haryana, 7(I), 2062–2063. Retrieved from http://chain.kent.ac.uk/login?url=https://www.proquest.com/scholarly-

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). A case study on Starbucks. Journal of The Community Development in Asia, 21(1), 1–9. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Hoang Tien, N. (2019). Comparative analysis of multi-domestic strategy of P&G and Unilever Corporation. International Journal of Foreign Trade and International Business, 1(1), 5–8. Retrieved from http://www.foreigntradejournal.com/

Jotyka, G., & Ketut Riski Suputra, I. G. (2021). Prosedur Pendaftaran Dan Pengalihan Merek Serta Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Merek Terkenal Menurut Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001. Ganesha Law Review, 3(2), 125–139. https://doi.org/10.23887/glr.v3i2.447

Khumaira, K., Hakim, D. B., & Sahara, S. (2016). Ransmisi harga kopi antara pasar indonesia dengan pasar tujuan ekspor utama. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 13(2), 98–108. https://doi.org/10.17358/jma.13.2.98

Kuncoro, M. (2008). Strategi Internasional

Musonera, E. (2021). Strategic Marketing Case Analysis: Starbucks. Journal of Business and Social Science Review Issue, 2(11), 12–22. https://doi.org/10.48150/jbssr.v2no11.2021.a2

Parameswar, N., & Dhir, S. (2019). Global marketplace strategy and choice of interaction after termination of international joint venture. Strategic Change, 28(3), 177–184. https://doi.org/10.1002/jsc.2260

Sasmita, R. S. (2020). Research & learning in primary education pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.

Riadi, H. (2022). Dinamisasi Pasar Global Kaitannya Dengan Kebangkitan Ekonomi Islam1. 4, 29–54.

Rinta, A. S., Febriana, D., & Wulandari, R. (2022). Name : Anggi Sirka perencanaan , mengetahui fungsi pemasaran itu sendiri , pemahaman konsep ,. 200.

Siregar, I. M. et al. (2019). Pengaruh ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia periode tahun 2013-2017. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 7, 46–54.

Sukananda, Satria; Mudiparwanto, W. A. (2020). Pengaturan penanaman modal asing dalam bentuk perusahaan joint venture di indonesia. 5(2), 210–236. https://doi.org/10.32503

Utomo, Y. T., & Shaleh, Z. (2017). Strategi Memasuki Pasar Global Studi Kasus Yanto Pottery Kasongan Bantul. Az Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 9(1), 100–123. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/syariah/azzarqa/article/view/1432




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4286

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics