Pengaruh Kompetensi Informasi Teknologi, Dukungan Organisasi, Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Pada Smpit Mamuju Sulawesi Barat

Nurhaerah Nurhaerah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan menganalisis pengaruh kompetensi informasi teknologi, dan dukungan organisasi terhadap motivasi kerja dan kinerja guru, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, pengaruh kompetensi informasi teknologi melalui motivasi kerja terhadap kinerja guru, pengaruh dukungan organisasi melalui motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMPIT Mamuju Sulawesi Barat. Populasi adalah seluruh tenaga pendidik yang bekerja di SMPIT Mamuju Sulawesi Barat sebanyak 49 orang,dengan menggunakan sampling jenuh, yaitu Teknik penentuan sampel dengan menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan analisis data menggunakan analisis Smart PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa kompetensi informasi teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, kompetensi informasi teknologi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru, dukungan organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru, motivasi ekrja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil uji analisis bahwa motivasi kerja dapat memediasi pengaruh kompetensi informasi teknologi dan dukungan organisasi terhadap kinerja guru SMPIT Mamuju Sulawesi Barat.

Kata Kunci: Kompetensi Informasi Teknologi; Dukungan Organisasi; Motivasi Kerja; Kinerja Guru.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. SSRN Electronic Journal, 4(3), 2166–2172. https://doi.org/10.2139/ssrn.3864629

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 38–48. https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170

Dewi, R. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581

Febriantina, S., Nur Lutfiani, F., & Zein, N. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid Journal, 2(2), 120. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i2.1313

Hafidulloh, Iradawaty, S., & Mochlas, M. (2018). Manajemen Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Haq, N., Tholkhah, I., & Primarni, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108

Harahap, D., & Khair, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Motivasi Kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 69–88. https://doi.org/DOI: https://doi.org/ 10.30596/maneggio.v2i1.3404

Hasibuan. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasniati, H., Indriasari, D. P., Sirajuddini, A., & Karim, A. (2023). The Decision of Women in Makassar City to Entrepreneur. Binus Business Review, 14(1). https://doi.org/10.21512/bbr.v14i1.8936

Hayati, R., Arafat, Y., & Sari, A. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 100–111. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3753

Hidayat, A. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di Gugus II Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(1), 21–30.

Huda, I. A. (2020). Irkham Abdaul Huda,Perkembangan Informasi teknologi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,Jurnal Pendidikan dan Konseling,Vol2No1,2020:hal121. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125.

Karim, A., Desi, N., & Ahmad, A. (2022). Regional Public Water Company Business Plan for Sustainable Economic in Makassar City, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 10864-10876.

Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7013

Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341

Machasin, & Guntur, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Personil Bid. Humas Polda Riau. Jernal Tepak Manajemen Bisnis, 8(3), 437–454.

Mardjuni, S., Thanwain, I. N., Abubakar, H., Menne, F., & Karim, A. (2022). BUSINESS SUSTAINABILITY IN FOOD AND BEVERAGE PROCESSING INDUSTRY THROUGH INNOVATION IN MAROS REGENCY, INDONESIA. Journal of Southwest Jiaotong University, 57(6). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.57.6.85

Muslihat. (2020). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru (Prespektif Pendidikan Abad 21). Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439

Ruliana, P. (2019). Komunikasi Organisasi (Teori dan Studi Kasus). Bandung: Danisa Media.

Sari, F., Suprasto, B., & Dwirandra, A. (2018). Motivasi sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompetensi dan Informasi teknologi pada Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8(2), 2403–2430.

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Informasi teknologi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. Best Journal:Education &Technology, 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Soeprijadi, F., & Sudibjo, N. (2021). Persepsi Kinerja Guru, Ditinjau Dari Persepsi Dukungan Organisasi, Person-Organization Fit, Dan Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Pendidikan, 22(1), 1–15. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.965.2021

Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif,kualitatif,kombinasi,R&D dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2018). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Yogyakarta: Andira Publisher.

Uno, H. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bandung: Sinar Grafika.

Wahyudi, I., & Azheri, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Dan Komitemn Organisasi Terhadap Kinerja GuruDengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal manajemen Sumber Daya manusia, 5(1), 54–64.

Wahyuni, N., Kalsum, U., Asmara, Y., & Karim, A. (2022). Activity-Based Costing Method as an Effort to Increase Profitability of PT. Anugrah Ocean Wakatamba. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 14(2). https://doi.org/10.17509/jaset.v14i2.45642

Yashak, A., Tahir, M., Shah, D., & Mohamed, F. (2020). Faktor motivasi teori dua faktor herzberg dan tahap motivasi. Sains Insani, 5(2), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol5no2.192




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4415

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics