Pengaruh Efektivitas Pengawasan Kepala Sekolah Dan Komite Sekolah Terhadap Kualitas Pendidikan Di SMAN 3 Kota Serang

Rosdiana Rosdiana, Ahmad Sofan Ansor

Sari


Pendidikan merupakan hal yang paling penting untuk kemajuan suatu bangsa. Karena dengan pendidikan, kehidupan masyarakat maju secara materi dan non materi. Kegiatan supervisi yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah sebagai kepala fasilitas dan dewan sekolah sebagai badan untuk meningkatkan kualitas pengajaran juga berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Peran kepala sekolah dan dewan sekolah harus mampu melakukan terobosan dalam manajemen mutu pengajaran. Keberhasilan peningkatan mutu pendidikan di sekolah sangat bergantung pada efektivitas pengawasan yang menyangkut pengelolaan dan pengawasan sumber daya manusia yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh efektivitas supervisi pengurus sekolah dan komite sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran.Menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisis hubungan antar variabel. Data yang diperoleh dianalisis dengan program statistik SPSS versi 27.00 menggunakan teknik statistik berupa uji validitas dan reliabilitas, ekspresi variabel yang digunakan dalam survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengawasan bersama kepala sekolah dan komite sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pendidikan di SMA Negeri 3 Kota Serang.

Kata Kunci : Efektivitas Pengawasan, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Kualitas Pendidikan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdul Majir. (2019). Rekonstruksi Hubungan Komite Sekolah Dan Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 223–231. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.173

Akbar, S. (2018). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi kerja. Jiaganis, 3(2), 1–17.

Amiruddin, A., Nurdin, N., & Ali, M. (2021). Islamic Education Teacher Communication Strategy in Increasing Students ’Learning Interest. International Journal of Contemporary Islamic Education, 3(1), 41–61. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol3.iss1.31

Andit Triono, M. R. D. S. (2020). Hegemoni Positivisme Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Analytica Islamica, 22(1), 89–103.

Arikunto. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka CIpta.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 51–64. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.31

Handoko, H.T.2001, Manajemen, BPFE, UGM, Yogyakarta

Ilham, Suwijana, I. G., & Nurdin. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Pada Smk 2 Sojol Menggunakan Metode Ahp. Jurnal Elektronik Sistim Informasi Dan Komputer (Jesik), 4(2), 48–58.

Iskandar, D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dan Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Produktivitas Karyawan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 23–31. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.8

MUHAMMAD NUR HAKIM, & Mohammad Tholhah Hasan. (2020). Inovasi Kurikulum Pendidikan SMA Darul Ulum 2 di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i2.46

Muslimah, S. (2021). Pentingnya Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Ideal. Vol. 1 No. Tahun 2021h, 1(1), 312–323.

Mutakallim. (2016). Pengawasan, Evaluasi dan Umpan Balik Stratejik. Volume V, Nomor 2, V(Juli-Desember 2016), 351–365. http://nurinaramadhani.blogspot.com/2012/01/pengawasan-pengawasan-%0Ahttp://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/download/3489/3273

Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681

Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 44–68. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.901

Nurdin, N., Pettalongi, S. S., Askar, A., & Hamka, H. (2021). E-learning Adoption and Use Hype Cycle during Covid-19 Outbreak (A Longitudinal Survey). IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 5(2), 68–78. https://jurnal.uns.ac.id/ijie/article/view/58233

Nurdin, N., Pettalongi, S. S., & Mangasing, M. (2021). Implementation of Geographic Information System Base On Google Maps API to Determine Bidikmisi Scholarship Recipient Distribution in Central Sulawesi Indonesia. Journal of Humanities and Social Sciences Studies, 3(12), 38–53. https://doi.org/10.32996/jhsss.2021.3.12.5

Nursanti, R., Dwikurnaningsih, Y., & Mawardi, M. (2020). Evaluasi Kinerja Komite Sekolah di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 73–85. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p73-85

Palettei, A. D., Sulfemi, W. B., & Yusfitriadi. (2021). Tingkat Pemahaman Kepala Sekolah, Guru, Dan Komite Sekolah Terhadap Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 38–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1592

Puspitasari, H. (2018). Standar Proses Pembelajaran Sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Muslim Heritage, 2(2), 339. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1115

Rusmawan, A. D. S. K. dan. (2013). the Constraints of Elementary School Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, no 3, 457–467.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA CV.

Sumayanti, V., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Article, 5(1), 1338–1349.

Widiansyah, A., Sitasi, C., Widiansyah, :, Peranan, ), Daya, S., Sebagai, P., & Penentu, F. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4491

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics