Identifikasi Masalah dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Powerpoint dan Video pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Materi Ajar Kegiatan Ekonomi pada Siswa Kelas VII di SMP Advent 2 Sario Manado

Jefri Tumimomor, Edwin Wantah, Johny Taroreh

Sari


Tujuan dari penelitian ini menyangkut (1) Mengidentifkasi Masalah di subjek penelitian yaitu masalah pembelajaran ekonomi di Kelas VII SMP Advent 2 Sario Kota Manado, (2 Menganalisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Power Poin dan Video pada Siswa kelas VII SMP Advent 2 Sario . Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D meliputi empat tahap yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang ada di SMP Advent 2 Sario Manado. Pada tahap awal pengembangan Define dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan analisis kebutuhan dari siswa yang dilakukan peneliti untuk mengkaji keadaan di sekolah khususnya di kelas subjek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berupa video berbasis powerpoint. Pendefinisian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah pemetaan kebutuhan belajar siswa. Dalam hal ini peneliti akan melakukan studi pendahuluan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner (angket). Hasil identifikasi masalah dan analisis kebutuhan adalah dalam memahami materi relatif sulit dan ketersediaan media pembelajaran yang kurang memadai.

Kata kunci: Media pembelajaran, Video berbasis Powerpoint, materi kegiatan ekonomi

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Tineka Cipta.

Doby Putro Parlindungan1, Galang Pakarti Mahardika2, Dita Yulinar-2020- Efektivitas

Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh

(PJJ) di SD Islam An-Nuriy

Kurniawati, Unik, and Henny Dewi Koeswanti. (2021) Pengembangan Media

Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah

Dasar. Jurnal basicedu 5.2 (2021): 1046-1052.

Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49-58.

Nugraha. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Tasikmalaya: Edu Publisher.

Sisdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sudjana. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan. Di akses 19 April 2023 dari http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/927/806

Sugrah (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19.2: 121-138.

Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33.

Sari. (2018). “Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar”. Bandung: Universitas Pasundan. (Tidak DIterbitkan).

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukmawati. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup.

Wahyuningtyas, Rizki, and Bambang Suteng Sulasmono. (2020) "Pentingnya media

dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar." Edukatif:

Jurnal Ilmu Pendidikan 2.1: 23-27.

Wulandari. (2021). Penerapan model-model project based learning untuk meningkatkan

hasil belajar siswa di kelas V Min 38 Aceh besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik.

Wahyuningtyas, Rizki, and Bambang Suteng Sulasmono. (2020) "Pentingnya media

dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar." Edukatif:

Jurnal Ilmu Pendidikan 2.1: 23-27.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial

pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4508

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics