Kualitas Produk, Harga, dan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Sparepart Factory Pada CV. Cipta Cipta Sukses Mobilindo Makassar

Megawati Beddu, Rustan Ali, Aqilah Luthfiah Busman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas produk, harga dan merek terhadap kepuasan pelanggan sparepart factory pada CV. Cipta Sukses Mobilindo Makassar.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, dan kuisioner dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah sampling aksidental sebanyak 80 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas produk (X1), harga (X2), merek (X3). Secara bersama-sama memiliki pengaruh positif . di mana persamaan regresi Y = 11,134 + 0,130 X1 + 0,156 X2 + 0,170 X3+e . Selain itu, dengan uji F dilihat bahwa kulitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005 < dari 0,05. Namun berdasarkan uji T, dari semua variabel, hanya variabel harga (X2) = 0,156 dan merek (X4) = 0,170 yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variabel yang berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikan kualitas produk (X1) = 0,130

Kata Kunci: kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Harga Produk dan Merek

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ayu Lutfiana Astri, Saryadi, Andi Wijayanto, (2011), ”Jurnal Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Antara Terhadap Loyalitas Konsumen Air Minum Merek Aqua”, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro, Semarang.

Eko, Agus Sujianto, (2009), “Aplikasi Statistic dengan Spps 16.0”, Prestasi Pustakarya. Jakartaandy Tjiptono. (2004). “Pemasaran Jasa”-edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Ghozali, Imam, (2005), “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss”, Universitas Diponegoro. Semarang

Istijanto, (2009), “Aplikasi Praktis Riset Pemasaran”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Anggota IKAPI, Jakarta

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, (2002), “Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen”. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta

Imam Ghozali. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19”. Uniersitas Diponegoro.Semarang

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, (2008), “Manajemen Pemasaran”, Edisi 13, Jilid 1, PT.Gelora Aksara, Jakarta

Kotler, philip, A.B Susanto, (2001), ”pemasaran di Indonesia”. Salemba Empat, Jakarta

Hutabarat, Jemsley dan Martani Huseini. 2006. PFI, Manajemen Strategik Kontemporer. Jakarta:

PT. Elex Media Komputindo,

Komariah, Kokom. 2010. Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Griya Rahmani 2 ’Jatisutera’ di Wilayah Jakarta Selatan (Studi Kasus: CV. Bangun Mandiri Property). Skripsi S1, Ekonomi Manajemen Universitas Gunadarma. Depok. Jawa Barat.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2000. Manajemen Jasa. Jakarta : Salemba empat Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Marketing: An Introduction.USA: Prentice Hall.

Malhotra, Naresh K. dan Satyabhushan Dash. (2009). Marketing Research: An Applied Orientation. Fifth Edition. New Delhi: Dorling Kindersley (India) Pvt. Ltd. Licences of Pearson Education in South Asia

Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan metodologi penelitian keperawatan.Jakarta: Rinka Cipta Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: Linda Karya.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung: PT Refika Aditama. Simamora,

Bilson. 2003. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran. Jakrta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suharyadi, dkk. 2007. Kewirausahaan, Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.

Gunawan, B.I. (2017), The Influence of Exotic Service Quality Towards Overall Satisfaction at Hotels

in Makassar. New Delhi: Serialjournals.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4513

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics