Analisa Strategi Diversifikasi Pada PT. Indosat Tbk

Anisa Yessika Nababan, Ela Rahmawati, Eric Gilbert Saputra, Fellia Rivanti, Michelle Michelle, Adi Neka Fatyandri

Sari


Dalam menjalankan suatu perusahaan, perlu dilakukan peningkatan volume penjualan dalam suatu produk. Strategi diversifikasi dapat diartikan sebagai suatu strategi dalam perluasan produk suatu usaha baik barang atau jasa. Diversifikasi bertujuan untuk mengembangkan pertumbuhan, keuntungan, dan penjualan suatu perusahaan. Hal inilah yang sedang dilakukan oleh PT. Indosat Tbk dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis strategi diversifikasi yang diterapkan oleh PT. Indosat Tbk. Proses pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan narasumber,melakukan analisis dokumen dan membandingkan hasil wawancara dengan data dari dokumen terkait dengan strategi diversifikasi pada PT. Indosat Tbk. Diversifikasi yang dilakukan PT. Indosat Tbk adalah diversifikasi level moderat sampai tinggi, dan termasuk pada bagian related constrained atau berkaitan terbatas. Kurang dari 70% pendapatan PT. Indosat datang dari bisnis dominannya, dan semua bisnis berbagai produk, teknologi, dan jaringan industri. Berawal dari diversifikasi mendirikan PT. Indosat Multimedia Mobile (anak perusahaan), mengakuisisi PT. Satelindo, serta melakukan merger yaitu menyatukan Satelindo, IM3, dan Bimagraha dengan PT. Indosat Tbk. Kemudian, mengakuisisi dan merger pada PT Hutchison 3 Indonesia. PT. Indosat Tbk juga memiliki tiga merek, yaitu IM3, 3, dan Indosat HiFi.

Kata Kunci: PT.Indosat Tbk, Diversifikasi, Akuisisi, Merger.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Nasution, I., Handoko, H., Hadi, R., Hanum, R., Tarmizi, A., & Hamdan, H. (2023). Strategi Pengembangan Proyek Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Journal on Education, 5(3), 8376–8401. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1625

Niswatun Hasanah, M. A. (2019). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Melirang Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Vol.5, 14–45.

Djufri, W., & Lukman, S. (2020). Strategi Pengembangan Workshop Pt Semen Padang ( Pendekatan Analisis Swot Dan Model Bisnis Kanvas).

Hermawan, L. (n.d.). Dilema Diversifikasi Produk: Meningkatkan Pendapatan Atau Menimbulkan Kanibalisme Produk?

Andrian, L. (2004). Pengaruh pengkomunikasian merger terhadap kepuasan kerja karyawan : studi kasus merger vertikal Indosat-Satelindo-IM3. 100366. http://lib.ui.ac.id/bo/uibo/detail.jsp?id=100366&lokasi=lokal

Hendiono, E. (2017). Pengaruh Diversifikasi Bisnis terhadap Risiko Bisnis dan Kinerja Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah FEB, 2(1), 1–8. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2693

Rahayuningsih. (2015). Strategi Diversifikasi Bisnis. Jurnal Analisa Untag Banyuwangi, 3(1), 443–461.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). PENGARUH LEVEL DIVERSIFIKASI, JUMLAH SEGMEN DAN JENIS SEKTOR INDUSTRI TERHADAP EXCESS VALUE DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR, PROPERTI DAN REAL ESTAT YANG TERDAFTAR. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4533

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics