Analisis Business Level Strategy dan Corporate Level Strategy terhadap PT Astra International Tbk

Alex Alex, Joycelin Joycelin, Michelle Selvia Liu, Selvia Eka Marliana, Shelvi Shelvi, Adi Neka Fatyandri

Sari


Suatu negara akan mencapai pertumbuhan ekonomi apabila memiliki spesialisasi dan mampu bersaing di pasar. Dalam persaingan, setiap pelaku usaha perlu menciptakan strategi yang baik dalam mencapai tujuan yang diinginkan salah satunya berupa menciptakan diferensiasi. Hal tersebut dilakukan untuk menghadapi pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia yang dapat dilihat dari semakin beragamnya permintaan pasar yang memicu timbulnya usaha baru untuk memenuhi seluruh kebutuhan dan keinginan masyarakat. Maka dari itu, tidak sedikit pendirian perusahaan korporasi yang memiliki anak-anak perusahaan di dalamnya sehingga bisnis yang sudah ada ataupun bisnis baru harus menyusun strategi untuk bersaing di pasar yang terbagi menjadi 2 tingkatan berbeda di antaranya business level strategy dan corporate level strategy. Kedua tingkat strategi tersebut akan digunakan sebagai bahan analisa terhadap PT Astra International Tbk yang bergerak di berbagai sektor diantaranya otomotif, alat berat, jasa keuangan, dan lainnya. Metodologi yang diterapkan pada penelitian ini yaitu menggunakan metodologi kualitatif khususnya deskripsi kualitatif. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa penerapan business level strategy dan corporate level strategy pada PT Astra International Tbk tergolong efektif dan efisien yang didukung dengan penerapan visi misi yang terarah dan sesuai, strategi yang unggul dan tepat sasaran, serta diversifikasi yang terstruktur. Dimana ketiga aspek tersebut secara langsung maupun tidak langsung mampu menciptakan keunggulan kompetitif.

Kata Kunci: PT Astra International Tbk; Business Level Strategy; Corporate Level Strategy; Keunggulan Kompetitif

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adnan, M., Yulindawati, & Fernandi, M. (2022). Pengaruh Ekspor dan Impor terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh. JIBES: Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 1-17.

Datta, Y. (2010). A Critique of Porter's Cost Leadership and Differentiation Strategies. Chinese Business Review, 9(4), 37-51.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Grant, R. M., & Jordan, J. (2015). Foundations of Strategy (2nd Ed). Wiley.

Herfita, D., Widyastuti, T., & Gustari, I. (2017). Analisis Strategi Bisnis pada PT Gancia Citra Rasa. Jurnal Eksekutif, 14(2), 369-383.

Hitt, M. A., Ireland, D., & Hoskisson, R. E. (2017). Strategic Management: Competitiveness & Globalization (12th Ed). Cengage Learning.

Irmawati, Lituhayu, D., & Maesaroh. (2013). Perencanaan Strategi Pengembangan Pariwisata di Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Journal of Public Policy and Management Review, 2(1), 1-9.

Kolina, N., & Mustamu, R. H. (2013). Analisis Deskriptif Strategi Bersaing pada Perusahaan Manufaktur Plastik. Agora, 1(1), 106-118.

Lini, Z. Z. (2018). Analisis Pengaruh Globalisasi Ekonomi, Globalisasi Sosial dan Globalisasi Politik terhadap Tingkat Pengangguran di ASEAN Tahun 2000-2015.

Mahesa, F. R., Rismayani, R., & Romadhon, R. (2019). Analisis Strategi Bisnis dalam Peningkatan Competitive Advantage pada Astra Daihatsu Lampung (Studi kasus PT Astra Daihatsu Lampung). eProceedings of Management, 6(2), 2205-2211.

Mulyana, A. E., Gumilar, A., & Hadiani, D. (2022). Analisis Toserba Yola Rancah dengan Menggunakan Model Porter’s Five Forces. Jurnal Ilmiah ADBIS (Administrasi Bisnis), 7(1), 18-25.

Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis (1st Ed). Deepublish.

Ong, I. A. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincao Station Grand City, Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-11.

Prakoso, J. P. (2022). Astra Honda Motor Ekspor Motor ke Eropa hingga Brasil, Ini Tantangannya. Bisnis.Com. https://otomotif.bisnis.com/read/20220804/273/1562767/astra-honda-motor-ekspor-motor-ke-eropa-hingga-brasil-ini-tantangannya#:~:text=%E2%80%9CKami%20mengekspor%20ke%20negara%2Dnegara,yang%20diekspor%20sebanyak%20346.547%20unit

Pratama, R. H., Djastuti, I. (2015). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 12(1), 90-99.

Rhamdani, A. U. (2015). Strategi Promosi pada PT. Astra Internasional Tbk. Honda Cabang Yogyakarta.

Sartika, D. (2022). Strategi Ampuh untuk Mengembangkan Bisnis dengan Metode SMART Goals. Businesstech Hashmicro. https://www.hashmicro.com/id/blog/metode-smart/#:~:text=Menurut%20Doran%2C%20definisi%20metode%20SMART,tersedia)%3B%20serta%20Time-related

Sendouw, S. N., & Soepeno, D. (2018). Strategi Promosi dan Saluran Distribusi yang Efektif Guna Meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Astra internasional Tbk. Daihatsu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3), 1088-1097.

Siregar, I. F., Rasyad, R., & Onasis, D. (2021). Pengaruh Pemahaman Ilmu Akuntansi dan Pengalaman Usaha terhadap Keberhasilan Bisnis Bagi Pelaku Usaha Mikro Menengah Muda di Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Kompetif, 4(1), 47-56.

Sulistiani, D. (2014). Analisis SWOT Sebagai Strategi Perusahaan dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. el-Qudwah, 10.

Sumawidjaja, R. N. (2017). Strategi PT. Astra Honda Motor dalam Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Secara Berkelanjutan. Jurnal Indonesia Membangun, 16(2), 14-25.

Surepi, L., Rahmat, A., & Julita, R. (2021). Peranan Administrasi Bisnis dalam Strategi Pengembangan Usaha. Jurnal Aghniya, 4(1), 1-10.

Suryadi, D. (2012). Pentingnya Visi dan Misi dalam Mengelola Suatu Usaha. Jurnal Asy-Syukriyyah, 9(15), 17-35.

Tjoe, T. F., & Sarjono, H. (2010). Strategi Bisnis pada PT CTL dengan Pendekatan Metode TOWS. Binus Business Review, 1(2), 434-447.

Uçmak, F., & Arslan, C. (2012). The Impact of Competition Conditions on New Market Entrants in Istanbul Hotel Industry: An Analyse by Using Five Forces of Competitive Position Model of M. Porter. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 58, 1037-1046.

Wikipedia. (2023). Astra International. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Astra_International

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis (1st Ed). Andi Offset.

Zulbiadi. (2018). Inilah Profil Perusahaan ASII – Astra International (Visi&Misi, Pemilik, Harga Saham Dll). Analis.Co.Id. https://analis.co.id/asii-astra-international.html#:~:text=Visi%20Dan%20Misi%20PT%20Astra%20International%20Tbk.&text=Menjadi%20salah%20satu%20perusahaan%20dengan,solid%2C%20kepuasan%20pelanggan%20dan%20efisiensi




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4538

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics