PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI SE-KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

Sumarni Sumarni, Hasmin Tamsah, mustari mustari

Sari


ABSTRACT

The Influence of Academic Supervision Of the School Superintedent, Head master Leadership and Working Environment on the Performance of Vocational School (SMK) teachers at Tamalate, Makassar. This study aims to (1) determine the influence of the academic supervision of school supervisors on the performance of teachers at SMK Tamalate, Makassar (2) determine the effect of school leadership on the performance of teachers at SMK Tamalate District of Makassar city (3) determine the influence of work environment on the performance of teachers at SMK Tamalate, Makassar; and (4) determine the influence of the academic supervision of school supervisors, school leadership and working environment together on the performance of teachers at SMK Tamalate, Makassar. Data collection method used is survey type expost facto by distributing a questionnaire (questionnaire) to teachers who have proven reliability and validity according to the research conducted. Analysis of the data used by using descriptive analysis, Linearity Test, Test Multicolinearity Test, T-Test, and Test F-Test. Research results show that (1) Supervision of Academic Supervisors has positive and significant effect partially on Teacher Performance; (2) Leadership Headmaster has positive and significant effect partially on Teacher Performance; (3) Working Environment has positive and significant effect partially on Teacher performance; and (4) Supervision of Academic Supervisors, Leadership Principals and Working Environment has positive and significant impact in simultaneous to the Teacher performance.

Keywords: Supervision, Leadership, Environment, Teacher Performance

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja Guru di SMK Negeri se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar; (2) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja Guru di SMK Negeri se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar; (3) Untuk mengetahui pengaruh Lingkungan kerja terhadap kinerja Guru di SMK Negeri se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar; dan (4) Untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja Guru SMK Negeri se-Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey Jenis expost facto dengan membagikan kuesioner (angket) kepada guru yang telah teruji validitas reliabilitasnya dan sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif, Uji Linearitas, Uji Multikolinieritas, Uji T-Test, dan Uji F-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Supervisi Akademik Pengawas Sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kinerja Guru; (2) Kepemimpinan kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kinerja Guru; (3) Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kinerja Guru; dan (4) Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan secara Simultan terhadap Kinerja Guru SMK se Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiani, H, 2006. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri. Bandung: PT Refika Aditama.

Alex. S Nitisemito, 1992. Manajemen Personalia. Edisi Revisi. Jakarta: Ghalia Indonesia .

Arikunto, 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur, 2012. Manajemen Sekolah, Yogyakarta: Diva Press

Bada, & Adegboyega, Ibrahim 2012. Correlate Of Supervisory Strategis and Qulaity Education in Secondary Schools in Oyo State, Nigeria. International Journal of Learning & Development ISSN 2164-4063 2012, Vol. 2, No. 3. Diakses 09 Januari 2017

Barnawi dan Mohammad Arifin, 2014. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas, 2005. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Depdiknas, 2007. Standar Proses untuk Pendidikan Dasar dan Menengah N0.41 Tahun 2007. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2007. Standar Pengawas Sekolah/Madrasah N0. 12 Tahun 2007. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas, 2010. Petunjuk Teknis Pelaksaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2010. Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Endang Kusmiah, 2010. Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya”.Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.

Gibson, dkk. 1987. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kelima Jilid 1, Ahli Bahasa Djarkasih. Jakarta: Erlangga.

Gomes, Faustino Cardoso, 2003. Manajemen Kurikulum seri Manajemen Sekolah Bermutu. Bandung: UPI Press.

Group Permendiknas No. 12 Tahun 2007, Tentang Standar Pengawas Sekolah. Jakarta :Depdiknas.

HusainiUsman. (2008). Manajemen, teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail Mohamad, 2004. Manajemen Operasional Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Jutmini, Sri dkk, 2007. Panduan Evaluasi Pembelajaran,dalam http://Ipp.uns.ac.id/wpcontent/media/PANDUAN-EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf diakses 20 oktober 2016

Kartono, Kartini. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawati, E.D, 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia dengan pendekatan tematis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Mardapi, Djemari, 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuhamedika.

Mardiana, 2005. Manajemen Produksi. Jakarta: IPWI

Masaong, Abd Kadim, 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

Muhammad As’ad, 2003. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.

Mulyasa, 2007. Standar Kompetensi dan Sertifiksi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musbikin, & Imam. 2013. Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat. Pekanbaru Riau : Zanafa Publishing.

Permendikbud No 143 tahun 2014. Tentang Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan angka kreditnya.

Permendiknas No 13 tahun 2007. Tentang Jabatan Fungsional Pengawas sekolah

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta

RahmadKadriSumadi. (1991). Profesionalisme kepala sekolah. Bandung: FPs IKIP Bandung.

Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman, 2008. Manajemen Kurikulum Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Bandung : UPI Press.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti, 2001. SumberDaya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sedarmayanti, 2003. Good Governance (Kepemerintahan yang Baik) dalam Rangka Otonomi Daerah. Bandung: Mandar Maju.

Sedarmayanti, 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: MandarMaju.

Soewardji Lazaruth. (1992). Kepala Sekolah dan tanggung jawabnya. Yogyakarta: Kanisius.

Sudjana, Nana. 2011. Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Bekasi : Binamitra Publising.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Rnd. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2001). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: BinaAksara.

Sukanto dan Indriyo, 2000. Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Surya, 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy

Wahdjosumidjo. (2003). Kepemimpinan kepala sekolah: Tinjaun teoritik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo

Wahyudi.(2009). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajar. Bandung: Alfa Beta.

Wuradji. (2009). The educational leadership (kepemimpinan transformational). Yogyakarata: Gama Media




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v2i1.46

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics