Pengaruh Rentabilitas, Leverage, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage di Indonesia

Cindy Erlina, Wahyu Dwi Warsitasari

Sari


Tujuan penelitian ini menjelaskan pengaruh rentabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Food and Beverage di Indonesia pada tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapati 8 perusahaan dengan kriteria tertentu. Teknik analisis regresi data panel digunakan dalam penelitian ini dengan taraf signifikansi 5%. Teknik pengolahan data menggunakan Eviews 9.0. Hasil penelitian menerangkan secara parsial variabel rentabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel leverage dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan variabel rentabilitas, leverage, dan kebijakan dividen berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Food and Beverage; Kebijakan Dividen; Leverage; Nilai Perusahaan; Rentabilitas

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anita, A., & Yulianto, A. (2016). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Management Analysis Journal, 5(1), 17–23.

Arifin, Amin, F., Astriwati, & Hasnita, N. (2019). Determinan Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Mirai Management, 4(2), 88–108. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Azizah, N. N., & Yahya. (2019). Pengaruh EPS, Solvabilitas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(4), 1–15.

Hermono, M. C. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kebijkan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Petra Business and Management Review, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.1896

Khikmah, N., Yusuf, M., & Yohani. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 16(1), 40–57. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i1.7164

Marthadiani, N. W. Y., & Astika, I. B. P. (2019). Pengaruh Rentabilitas, Leverage, dan Saham Bonus pada Nilai Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 27(3), 1813–1838. https://doi.org/10.24843

Mothlagh, S. S., Samadi, F., & Hajiha, Z. (2016). The Relationship of the Content of the Market Value in the Explanation of Abnormal Stock Returns of Listed Companies in Tehran Stock Exchange. Procedia Economics and Finance, 36(16), 113–122. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30022-3

Nurhasanah, S., & Paranita, E. S. (2020). Analisis Pengaruh Rentabilitas, Solvabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Aset, 21(2), 123–128. https://doi.org/10.37470/1.21.2.153

Ovami, D. C., & Nasution, A. A. (2020). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ 45. Owner Riset & Jurnal Akuntansi, 4(2), 331–336. https://doi.org/10.33395

Padangaran, A. M. (2013). Analisis Kuantitatif Pembiayaan Perusahaan Pertanian (Cetakan 1). IPB PRESS.

Pranaditya, A., Andini, R., & Andika, A. D. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Leverage (M. Imam Syairozi (ed.)). Media Sains Indonesia.

Prastuti, N. K. R., & Sudiartha, I. G. M. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. None, 5(3), 254202.

Primyastanto, M., Intyas, C. A., & Fattah, M. (2022). Manajemen Operasi Usaha Perikanan. UB Media.

Puspita, G., & Tri, W. (2021). Modal Intelektual (Intellectual Capital) dan Nilai Perusahaan pada Industri Manufaktur. Riset & Jurnal Akuntansi, 5(5), 295–306. https://doi.org/https://doi.org/10.33395/owner.v5i2.416

Sa’adah, L., Rahmawati, I., & Nur’aini, T. (2020). Implementasi; Pengukuran Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return On Equity serta Pengaruhnya Terhadap Return (Zulfikar (ed.); Cetakan Pe). LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Senata, M. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan yang Tercatat pada Indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.55601/jwem.v6i1.276

Solikahan, E. Z., Ratnawati, K., & Djawahir, A. H. (2013). Pengaruh Leverage dan Investasi terhadap Nilai Perusahaan Pengaruh Leverage dan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), 427–433.

Suffah, R., & Riduwan, A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen pada Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset, 5(2), 1–17.

Sukmahayati, L., & Suwaidi, R. A. (2021). Analisis Nilai Perusahaan pada Sektor Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ekonomi Bisnis, 5(2), 425–438. https://doi.org/https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i2.690

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi (Edisi I). Ekonosia.

Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Umumnya suatu perusahaan akan selalu berusaha untuk mencapai tujuannya , baik tujuan jangka panjang misalnya mampu meningkatkan nilai perusahaan dan mensejahterakan pemegang saham. 6(3), 1248–1277.

Triyonowati. (2022). Bisnis Food And Beverage di Indonesia (H. Aulia (ed.); Cetakan I). CV. pena Persada.

Van Horne, J. C., & Wachowicz, J. M. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (Edisi 12). Salema Empat.

Weston, F. J., & Brigham, E. F. (2005). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Jilid 2. Erlangga.

Wiagustini, N. L. P. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Cetakan I). Bali Udayana University Press.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics