Pengaruh Promosi, Saluran Distribusi dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Pada PT. Indolakto Semarang

Utari Putri Hervina, R.A Marlien

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Promosi, Saluran Distribusi dan Citra Merek terhadap Niat Beli Ulang. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Retailer Produk PT. Indolakto di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan Teknik Sensus dan jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Metode pengumpulan data melalui Kuesioner , dan Analisis Regresi Linier Berganda adalah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa Variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli Ulang, Saluran Distribusi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Niat Beli Ulang, dan Citra Merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Niat Beli Ulang.

Kata Kunci: Promosi, Saluran Distribusi, Citra Merek dan Niat Beli Ulang

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aini, I. N. K., Marlien, R., & Riva’i, A. R. (2022). Pengaruh Citra Merek , Pengalaman Konsumen , dan Word of Mouth Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen KFC di Kota Semarang). Jurnal Mirai Management, 7(2), 263–276. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/2107

Alfian. (2013). Analisis Perbandingan Cost Model dengan Revaluation Model dalam Penilaian Aset Tetap dan Pengaruhnya terhadap Laporan Posisi Keuangan pada PT. Mulia Industrindo Tbk. Skripsi. Makasar: Universitas Hasanuddin. Jurnal Akuntansi Universita Islam Bandung. http://repository.unhas.ac.id/1146/3/A31113010_skripsi_22-09-2020_Daftar Pustaka dan Lampiran%28FILEminimizer%29.pdf

Ali Hasan. (2014). Marketing dan kasus-kasus pilihan.Caps.Yogyakarta.

Alma, buchari. (2011). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=46004

Alma, B. (2006). Pemasaran dan Pemasaran Jasa. In Bandung: Alfabeta.

Ariffin, E. H., Sedrati, M., Akhir, M. F., Yaacob, R., & Husain, M. L. (2016). Open sandy beach morphology and morphodynamic as response to seasonal monsoon in Kuala Terengganu, Malaysia. Journal of Coastal Research, 75 (10075), 1032–1036.

Daryanto, D. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Cetakan I.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. In Jurnal Teknik ITS (Vol. 5, Issue 2). Institut Teknology Sepuluh Nopember. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19671

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (pp. 5–24).

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman strategi bisnis dan kewirausahaan. Jakarta: Kencana.

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. P. (2019). Analisis pengaruh brand image, harga, kualitas, produk, dan daya tarik promosi terhadap minat beli ulang konsumen batik pekaloangan(studi pada pasar grosir setono batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24–31. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/872

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi, 13.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management.(S. Wall, Ed.) Harlow, Essex. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Kotler, P., Keller, K. L., Ancarani, F., & Costabile, M. (2014). Marketing management 14/e. Pearson.

Mahmudah Enny W. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara, 1, 391. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=e2ppEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=manajemen+pengetahuan&ots=gV368HYlR3&sig=ugm1Twmq-r6Ya9ITLRHYA6ieJi0

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta. In Penerbit Erlangga, Jakarta.

Miftahul Anam, P. B. A. (2022). Pengaruh citra merek, desain produk, dan celebrity endorsement terhadap niat beli ulang. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(September), 118–130. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fokus/article/view/6072

Munir, M., & Putri, A. F. W. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi, Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Minat Beli Ulang Air Minum Dalam Kemasan Merek Cleo di Surabaya. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(3), 88–93. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v2i3.341

Pechyiam, C., & Jaroenwanit, P. (2014). The Factors Affecting Green Brand Equity of Electronic Products in Thailand. The Macrotheme Review, 3(9), 144–160.

Pupuani, N. W., & Sulistyawati, E. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Perilaku Pembelian Ulang (Studi Kasus pada Produk Pasta Gigi Merek Pepsodent di Kota Denpasar). Udayana University.

Purnamasari, W., Rohmatiah, A., & Indartini, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Saluran Distribusi Semen Gresik Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Distributor PT Abadi Putera Wirajaya). JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 40–50. https://doi.org/10.33319/jeko.v10i1.87

Putri Tunggadewi, F., & Pudjoprastyono, H. (2022). Pengaruh Promosi dan E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang Penggunaan Gopay. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(1), 406–422. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i1.1603

Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Commu... - Google Books. Gramedia Pustaka Utama. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Promosi_yang_Kreatif_dan_Analis/9CYQSHfgg7kC?hl=id&gbpv=1&dq=PERSONAL+SELLING+DEFINISI&pg=PA181&printsec=frontcover

Sandy, N. F., & Aquinia, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 801–809. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.648

Setiana, R., & Marlien, R. . (2021). Niat Beli Ulang: E-Wom, Celebrity Endorse Dan Citra Merek. In Proceeding SENDIU. unisbank.ac.id. https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8564

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono, P. D. (2018). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. In Penerbit CV. Alf. Bandung.

Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 53. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i1.2086

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. In Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Warnadi, T. A. (2019). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Cv. Budi Utama.

WICAKSONO, W. S. (2022). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PRODUK, PERSEPSI PROMOSI TERHADAP CITRA MEREK DAN MINAT BELI ULANG PRODUK HELM KYT. etd.umy.ac.id. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30423/




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics