Pengaruh Sistem Pembayaran Non-tunai Terhadap Permintaan Uang di Indonesia

Puji Lestari, Rachma Indrarini

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pembayaran non-tunai jenis kartu debet dan uang elektronik (e-money) terhadap permintaan uang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatf dengan melakukan analisis empiris dalam penelitian menggunakan data time series permintaan uang di Indonesia dan transaksi pembayaran non-tunai dimulai dari Januari 2017 sampai dengan Juli 2022. Sumber data yang digunakan berasal dari publikasi laporan Badan Pusat Statistik, Bank Indonesia, dan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu debet dan uang elektronik (e-money) berpengaruh terhadap permintaan uang di Indonesia dan secara parsial sistem pembayaran non-tunai kartu debet dan uang elektronik (e-money) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan uang di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut lembaga atau instansi terkait supaya terus mengembangkan potensi produk uang elektronik (e-money) ataupun katu debet yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai dalam melakukan transaksi dan memberikan sosialisasi mengenai pembayaran non-tunai terhadap masyarakat khususnya di desa terpencil.
Kata Kunci: Permintaan Uang, Sistem Pembayaran Non-tunai, Kartu Debet/ATM, Uang Elektronik

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adiwarman Karim, Ekonomi Makro Islami ( Jakarta : Rajawali Press, 2007).

Anam, C. (2018, Januari). E-Money (Uang Elektronik) dalam Perspektif Hukum Syariah. Jurnal Qawanin, 2, 1-18..

Bank Indonesia. 2012. Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012 Tentang Penyelenggaraan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu.

Bank Indonesia. 2018. Peraturan Bank Indonesia No.20/6/PBI/2018 Tentang Uang Elektronik (Electronic Money)Bank Indonesia. (2020). Dipetik Oktober 2022, dari bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/default.aspx#:~:text=Sistem%20Pembayaran%20Non%20Tunai,card%20based%20dan%20server%20based).

Costa C. and Paul De Grauwe. 2001. Monetary Policy in A Cashless Society, International Macroeconomics, Centre for Economic Policy Research Discussion Paper, No. 2696. Diakses 28 September 2016.

Dewi, V. I. (2006). Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia. Bina Ekonomi, 10(2).

Fatwa Dewan Syari’ah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 116/DSNMUI/IX/2017 tentang uang elektronik Syari’ah.

Febriaty, H. (2019). Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai Dalam Era Digital Terhadap Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. PROSIDING, 307-313.

Firmansyah, M. Ihsan Dacholfany. (2018). Uang Elektronik dalam Perspektif Islam. Lampung.

Frederic S Mishkin, Ekonomi Uang, Perbankan Dan Pasar Uang, Buku 2. (Jakarta: Salemba Empat, 2011) hal. 195.

Maharani, D., & Fattah, A. (2021, Desember). Money Demand and Monetary Policy in the Perspective of Islamic Economics. jawazuna, 1, 22-25.

Mulyono. (2019, Desember 2). Analisis Uji Asumsi Klasik. Retrieved Oktober 23, 2022, from https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-uji-asumsi-klasik/.

Octavia, D., & Hafizh, M. D. (2019). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen E-payment (Studi Kasus: Pengguna Kartu Kredit dan Debit di Kota Bandung). J. Manaj. Indones.

Putri Ratna Nelasari & Hendry Cahyono, Pengaruh Sistem Transaksi Non Tunai Terhadap Tingkat Konsumsi Masyarakat Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2018) hal. 165-171.

Sari, D. K., & Setiawati, R. I. (2020). Analisis Pengaruh Transaksi Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia. JEDI, Vol. 3, 361-376.

Tri WIdodo, Analisis Pengaruh Electronic Money Terhadap Jumlah Uang Beredar Di Indonesiaperiode 2009-2017 Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakulatas Ekonomi Dan Bisnis Islam. UIN Raden Intan Lampung. 2018




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4856

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics