Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Flip di Jawa Tengah

Putri Hadroh Muallifah Maheis, Ida Farida

Sari


Kemajuan teknologi memberikan inovasi baru dibidang finansial yaitu aplikasi Flip yang memberi akses kemudahan dan membawa perubahan gaya hidup suatu masyarakat dalam melakukan kegiatan transaksi secara digital dengan mengandalkan smartphone dan internet. Untuk mengevaluasi pengaruh aplikasi, sebuah penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh parsial maupun simultan dari variabel persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan kualitas layanan pada minat menggunakan aplikasi. Pada studi ini, digunakan metode kuantitatif dengan mengirimkan kuesioner berupa google form pada 100 responden pengguna aplikasi Flip di Jawa Tengah. Metode dalam analisa data yang digunakan untuk memproses data adalah analisis linier berganda dan dilengkapi dengan uji normalitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas, kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25. Temuan pada penelitian ini mengindikasi bahwa variabel persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan kualitas layanan berperan penting dalam menumbuhkan minat penggunaan aplikasi Flip baik secara parsial maupun simultan.
Kata Kunci: TAM, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Kualitas Layanan, Minat, Flip.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abu-Taieh, E. M., AlHadid, I., Abu-Tayeh, S., Masa’deh, R., Alkhawaldeh, R. S., Khwaldeh, S., & Alrowwad, A. (2022). Continued Intention to Use of M-Banking in Jordan by Integrating UTAUT, TPB, TAM and Service Quality with ML. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 120. https://doi.org/10.3390/joitmc8030120

Agata, B. T. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Flip SebagaiPrantara Transfer Dana Intrabank (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia). 82, 1–23.

Amelia, W. R., . A., & Putera Hasman, H. C. (2022). The Influence of Perceptions of Ease, Trust, Risk on Interest in Using Fintech in Pasir Putih Village on DANA Application Users. International Journal of Research and Review, 9(8), 141–147. https://doi.org/10.52403/ijrr.20220811

Anggraeni, M. (2020). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi kasus pada PT BANK BRI Syariah KCP Majapahit Semarang). 1–145.

Arie Setyo Dwi Purnomo, & Ramadhani, D. D. (2022). Pengaruh Manfaat, Kemudahan terhadap Minat Pemakaian Financial Technology Pada Penggunaan Pembayaran Digital UMKM di Sumenep. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 15(2), 17–30. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v15i2.2505

Cahyono, Yuli Tri; Afrizal Hamarta Adha. (2022). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Minat Penggunaan E-money padaAaplikasi Dana di Masa Pandemi Covid-19 Yuli. 1, 439–444.

Fandi, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking PT Bank Syariah Mandiri Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 110–117. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/

Juanda, A. R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, dan Risiko terhadap Minat menggunakan Internet Banking. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 21(1), 1–9.

Kota, T. P., & Kusumastuti, S. Y. (2022). Analisis Pengaruh Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(3), 276–288. https://doi.org/10.31846/jae.v10i3.515

Ledesman, M. (2018). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Pada BSM Cabang Bandar Jaya). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ningrum, R., Nurdin, Sofyan Bacmid, & Jalil, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45

Nurohman, Y. A., Qurniawati, R. S., & Azhar, F. A. (2022a). Pembayaran Digital Sebagai Solusi Transaksi Di Masa Pandemi Covid 19: Studi Masyrakat Muslim Solo Raya). Among Makarti, 15(2), 260–275. https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.333

Putra, R. D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip.id menggunakan Metode TAM dan EUCS. 2(4), 4.

Rayani, S. N. (2021). Pengukuran Keberhasilan Dalam Kinerja Individual Flip Dengan Menggunakan Model Delone & Mclean Dan Efek Moderasi Task-Technology Fit (TTF).

Setiono, D., Anggraini, T., & Hiram, T. P. B. P. S. (2022). Analisis Technology Acceptance Model Pada E-Wallet Menggunakan Sem-Pls. Sebatik, 26(2), 458–464. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2012

Transfer Antar Bank Tanpa Biaya - Flip. (n.d.). Retrieved April 9, 2023, from https://flip.id/landing

Wahyuningsih, S. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. 1–105.

Yani, E., Lestari, A. F., Amalia, H., & Puspita, A. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.31311/ji.v5i1.2717




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5069

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics